Agar blog wordpress aman dari badware dan hacking

Agar blog wordpress aman dari badware dan hacking | Agar blog wordpress terhindar dari badware.

Agar blog wordpress aman dari badware dan hackingSeperti kita ketahui bahwa platform blog CMS wordpress paling populer dekade ini.Hal ini cukup beralasan karena paling simple dan mudah namun memilki fitur yang lengkap.Penyedia code pihak ketiga seperti plugin dan template untuk wordpress banyak sekali,sehingga memungkinkan untuk menghadirkan sebuah blog yang paling variatif.Salah satu yang paling disukai adalah permalink dari wordpress yang bisa disetting sesuka sehingga menjadi URL yang SEO friendly.
Tiada gading yang tak retak,begitu juga dengan CMS wordpress ini yang ternyata masih terdapat beberapa kekurangan.Akan tetapi tergantung bagaimana pengguna,beberapa kelemahan ini ternyata masih bisa di minimalkan.Terutama masalah keamanan,karena blog CMS khususnya wordpress yang open source dan menghosting sendiri pada server.Maka kita sendirilah yang harus bertindak untuk menjaga celah celah security nya,lalu siapa lagi?...
Mungkin kita belum merasakan dampak celah keamanan ini jika blog masih belum populer.Jika suatu saat blog anda sudah populer,mungkin akan merasakan beberapa serangan serangan yang mencoba menembus system blog anda.Mereka berusaha menembus keamanan blog anda bukan tanpa alasan,para penjahat ini mencoba mencari peruntungan secara ilegal melalui blog anda.Mereka bisa saja menyusupkan badware,adware,trojan,worm,spyware dan bahkan hanya sekedar iseng untuk merusak belaka.Baca: Bagaimanakah badware menyerang situs kita?
Penyusupan penyusupan program jahat terkadang tidak akan anda rasakan secara langsung,mungkin baru akan anda sadari ketika tiba tiba blog anda menjadi sepi pengunjung.Crawler Mesin pencari seperti google mampu mendeteksi blog yang tidak sehat mengandung program jahat,bisa jadi system mesin pencari akan secara otomatis meremove blog anda dari SERP.Menghukum blog anda karena dianggap berpotensi merugikan orang banyak padahal itu diluar sepengetahuan Anda.
Pencegahan lebih awal adalah yang terbaik untuk menghindari masalah masalah keamanan diatas yang sangat mungkin akan timbul nantinya.
Bagaimanakah agar blog wordpress kita aman dan terlindungi?
Secara umum wordpress sendiri rajin merilis update untuk versi yang lebih atas dengan maksud salah satunya adalah untuk menutup bug dan celah keamanan pada versi sebelumnya.Jadi anda harus rajin memeriksa untuk update terbaru dan segera melakukannya.
Selain itu kita harus melakukan upaya upaya lainnya sendiri seperti tips tips berikut:
Pergunakan username selain admin yang khusus anda ketahui sendiri dan buat password dengan kombinasi huruf dan angka unik.
Jika anda tidak bisa membuat template wordpress sendiri,jika ingin yang free alangkah baiknya mengambil di gudang template resmi wordpress.Jangan menggunakan template free premium atau crack dipasar gelap.Kecuali anda mengerti bahasa program,menggunakan template diluar situs yang terpercaya anda bisa memeriksanya terlebih dahulu.Jika anda tidak paham coding sama sekali alangkah baiknya untuk tidak megambil resiko ini.
Minimalisir penggunaan plugin adalah salah satu upaya antisipasi juga.Jangan terlalu tergiur dengan memasang banyak plugin.Terlalu banyak plugin bukan saja semakin memperberat resource server,bisa jadi plugin tersebut terdapat lubang keamanan yang terbuka.Yang lebih fatal lagi bahwa plugin tersebut memang sengaja disisipi program tertentu yang merugikan blog anda.Jika sebuah fungsi bisa dilakukan tanpa plugin,maka pergunakannlah tanpa harus dengan plugin.Jika harus menggunakan plugin,pilihlah dan ambil dari situs yang terpercaya.
Upaya terakhir anda bisa menambahkan fungsional keamanan pihak ketiga yang terpercaya.Apa itu?......plugin security banyak sekali tersedia di situs resmi wordpress,misalnya plugin bullet proof secutity.
Demikianlah usaha usaha yang bisa kita lakukan untuk membentengi blog wordpress kita,jangan sampai nanti kebingungan setelah blog anda benar benar mengalami masalah.
loading...
loading...