Cara mengoptimalkan iklan PPC agar banyak klik

Cara mengoptimalkan iklan PPC | Cara mengoptimalkan iklan PPC agar banyak klik
Apa itu iklan PPC?...masak sih harus dibahas juga,kamu pasti tahu dong apa itu iklan PPC.
Nah,jika sudah tahu,sekarang bagaimana agar PPC kamu lebih optimal dan menghasilkan banyak rejeki buat kamu.
Misalnya sebuah blog publisher PPC,sama sama mengikuti program PPC dari layanan yang sama dan sama sama memilki PV maupun UV yang sama.Belum tentu lho kedua admin blog tersebut berhasil dengan jumlah PO yang sama tiap bulannya.Salah satu bisa mendapat lebih banyak atau sedikit.

Cara mengoptimalkan iklan PPC
Tentunya jika kamu yang mengikuti program PPC ini inginkan memiliki jumlah CTR tinggi yang berpengaruh thd jumlah penghasilan.
Mau doooong......

Makanya,jangan asal comot dan lem disembarang tempat code Iklan pada ruang yang ada diblog kamu.
Lakukan optimasi dalam menaruh iklan PPC dengan cara yang paling strategis(pakai strategi gitu lhoo)

Cara pengoptimalan CTR iklan PPC (khusus PPC untuk kontent)

Dari sisi template blog
Desain template pertama kudu diperhatikan,kalau memakai sidebar ternyata CTR tinggi adalah iklan disidebar kiri.Kalau blog kamu sudah terlanjur sidebar kanan,tak apalah lanjut saja.
Seharusnya template pada bagian outer wraper atau konten wrapper sebaiknya tidak menggunakan border,dan warna body usahakan sama dengan warna kontent area.Maksudnya untuk menipu mata,agar iklan tidak terlalu kelihatan menonjol sebagai iklan yang sejatinya.

Satu lagi,setting title iklan PPC berbasis text,yaitu bikin warna link sama dengan warna link dasar di blog kamu.Jangan dikasih garis tepi untuk unti iklannya,jika disediakan fitur ini.

Dari sisi peletakan/pengeleman ditempat yang mudah terlihat.
Pada saat browser selesai meload halaman blog,tentu yang tampak duluan adalah bagian dada keatas (bagian header dan separuh postingan bagian atas) Kecuali LCD PC nya selebar 500 inch,mungkin beda.
Jadi lemlah code iklan pada bagian header atau dibawah/atas judul postingan.Sesuaikan dengan TOS layanan program PPCnya.

Jadi sebelum sempat membaca artikel,pengunjung sudah  melihat iklan.Jika tertarik bisa jadi mereka akan langsung klik iklannya,tapi jika masih ingin membaca artikel,mungkin dia akan menundanya dulu. Saat dia membaca artikel blog kamu,adakalanya dia sudah lupa bahwa dia sudah berencana klik iklan di header tadi karena merasa tertarik.
Nah,maka dari itu pasan 1 unit iklan lagi setelah postingan,kita harapkan dia ingat kembali rencananya dan langsung ngeklik iklannya.Jika visitor tidak klik iklan diatas maupun bawah postingan tadi,kemungkinan besar dia akan melirik bagian sidebar mencari sesuatu yang lebih menarik.
Jika kamu ingin memasang iklan disidebar juga,maka bikinlah sidebar kamu tidak memakai garis tepi(border) dan minimalisir widget yang berisi banyak tautan lainnya.Bikin warna background iklan sama dengan warna background sidebar.Jadi iklan disidebar adalah umpan terakhir,jika tidak diklik setelah visitor selesai membaca yaaa....dia akan menutub tab browser situsmu.
Yang penting jangan melanggar TOS merekalah,bisa dibanned atau tidak dibayar..
Rugi kan?..
Kurangi external link terutama di daerah strategis iklan PPC
Link keluar lebih menjadi pilihan orang untuk mulus keluar dari page blog kamu selain menutup tab browsernya.Rugikan?....makanya jangan menambah link keluar yang tidak penting, yang tidak menguntungkan kamu dan blog kamu.Lebih lebih didaerah strategis yang ada iklan PPCnya.
Perhatian pengunjung akan terpecah dengan adanya link keluar,apalagi anchor text nya kelihatan lebih menarik.
Tentu saja ini kurang baik bagi perolehan CTR dan optimasi yang telah dilakukan.
Lain halnya jika kamu fokus juga dengan jualan link diblog kamu,sehingga tak perlu heran jika CTR PPCnya lebih rendah.

Kalau Iklan banner bagaimana?
Iklan banner bisa jadi lebih menarik apalagi animasi,tapi kayaknya iklan text lebih banyak jumlah kliknya.Mungkin karena 1 unit iklan text bisa menampilkan hingga 5 iklan,sedangkan banner cuma 1 iklan saja.
Agar blog kamu tak terlalu berat,3 unit saja sudah cukup yaitu: 1 diatas postingan atau dibawah judul,1 dibawah artikel dan  unit iklan banner di sidebar.
 .
Bagaimana kalau seluruh ruang blog diisi iklan PPC semuanya.
Bisa jadi PPC kamu lebih tinggi CTRnya,tapi resikonya jatuh pada popularitas blog kamu sendiri.Visitor akan malas untuk balik lagi,apalagi yang internetnya ndut ndutan.Jangan menggeser peran navigasi dengan iklan melulu,kurang baik untuk optimasi SEOnya (peningkatan PV halaman).
Ini bisa saja jika kamu hanya fokus kepada visitor organik dari Search engine,optimasi SEO offpage kamu harus maut jika caranya begini.

Posting yang kurang menguntungkan untuk PPC
Biasanya anjuran untuk memanfaatkan fasilitas situs lain (review sukarela),yang ujung dari isi artikel mengarahkan visitor keluar dari blog kamu dengan memasang anchor text.

Misalnya "Nah,untuk bisa menikmati layanan ini,silahkan kunjungi situsnya klik di sini."

Dia akan pergi tanpa perlu mementingkan iklan Kamu kan?...sayang sekali dooongggg.....
Kecuali link referral,mungkin itu lain lagi perhitungannya.
Bukan dihilangkan sama sekali,perkecil saja jumlah perbandingannya.Umpamanya 10 persen dari jumlah artikel keseluruhan,,,,jangan kebalikannya.
Karena kita juga masih ingin share pengalaman yang lebih bermanfaat buat yang lain,tanpa harus matre melulu  yang dipikirin dikepala.
 

1 blog hanya mengikuti 1 program layanan PPC saja?.
SEbaiknya memang begitu agar klik terkonsentrasi hanya pada satu titik,maksudnya agar cepat memenuhi minimal PO.Jika ada 3 layanan PPC dalam 1 blog,maka ke tiga tiganya  akan kelamaan nunggu POnya.
Enak mana,1 program saja tapi rutin PO tiap bulan atau 3 program sekaligus tapi PO harus menunggu tiap 1000 kali telah melakukan cukur jenggot.
Enaknya gini aja jika ingin mengikuti 3 program layanan PPC sekaligus,ya buat blognya harus 3 juga kan supaya bisa lebih kaya raya dari PPC.
Ikuti satu porgram PPC saja  untuk 1 blog,tentu saja pilih penyedia yang paling bagus menurut Kamu.
Kalau terpaksa ingin mengikuti lebih dari satu program ppc dalam 1blog,kalau bisa cukup 2 layanan PPC saja.Dua program itu usahakan memiliki system penayangan dan jenis iklan yang berbeda.Salah satu harus diprioritaskan diatas yang lain,istilahnya yang lain hanya sebagai tambahan saja.Ditempat paling strategis(keterangan diatas) hanya dipasangin iklan dari layanan yang paling diutamakan saja.


Niche blog tertentu,pengaruh nggak?
Niche blog juga berpengaruh lho?,,,,,,,jika niche blog kamu membahas bisnis online,kayaknya program PPC kurang tepat.Sebab biasanya sesama pelaku bisnis online sangat segan untuk klik iklan PPC blog lain.

Khusus jika mengikuti program GOOgle adsense,niche blog tertentu bisa jadi memiliki keyword yang berkualitas  HPK.Atau bisa jadi malah justru kebalikannya,niche tidak relevan dengan keyword dari adwords google ads.

Blog campur aduk (gado gado) kayaknya lebih mudah  dan cocok jika mengikuti program PPC daripada niche blog.Alasan saya,blog gado gado lebih gampang dan bebas untuk mencari keyword populer apasaja!.Artinya,lebih mudah mendatangkan banyak visitor dengan blog gado gado,daripada niche blog.
Kecuali niche blog memang benar benar super orisinil dan dikelola dengan sangat baik dan bersungguh sungguh.Niche paling banyak dicari orang dan sangat bermanfaat,membutuhkan penguasaan yang baik tentang materi blog.Kalau yang begini hanya blogger tertentu saja yang mampu,terus terang saya tidak mampu bikin yang begitu.Maka blog gado gado adalah jawaban dan solusi untuk saya pribadi.

Pelayanan PPC yang mana yang bagus cenderung tinggi klik?
Judul iklan yang tampil menyesuaikan dengan keyword posting,sehingga lebih tinggi untuk memperoleh rasio CTR,itulah kenapa belum ada yang mampu menandingi Google adsense.Tapi sayang,mbah google suka gondokan dan main banet saja disamping sangat selektif dan sensitif.. :D .Jika mengikuti program PPC terbesar ini,maka yang kreatif dan jeli tentang masalah keywordlah yang akan panen besar.

Mungkin saat ini menurut saya yang lebih baik adalah kliksaya untuk Indonesia,kenapa?....
Syarat yang dibutuhkan agar diaprove tidak segitu beratnya kayak yang lain,5000 PV/bulan saja sudah bisa tayang iklan.
Klik saya semakin hari semakin banyak advertesernya,sehingga lebih menarik klik(CTR) dari yang lain.Walaupun nilai rupiahnya lebih kecil,tapi kalau iklannya lebih banyak dan lebih bervariasi akan lebih menarik dan saya kira itu lebih baik.Untuk apa lebih mahal sedikit perkliknya,tapi iklan yang tampil hanya itu itu saja...percuma kan?....


Kliksaya mendukung iklan header,dimana ini lebih banyak mendapat klik dari pada jenis yang lain.

Jika sudah menerapkan seperti diatas tapi masih belum memuaskan,mungkin itu belum rejekinya.Yang penting raih jumlah kunjungan sebanyak banyaknya hingga ribuan,kalau perlu jutaan visitor perday. Upaya SEO-nya sebaiknya semakin dikencengin :D  \m/

Semoga PPCnya berhasil sehingga mendapat lebih dari hanya sekedar ongkos biaya pulsa internet bulanan.

Itulah pendapat saya,,,How about you?.....
loading...
loading...