Tips Pintar Mengemudi Hemat BBM




Cara mengemudi yang benar dapat menghemat BBM yang harganya semakin tinggi seiring meningkatnya  harga minyak dunia. Menghemat BBM tentunya berarti menghemat dana.



"Perilaku berkendara yang benar adalah salah satu faktor penting dalam mencapai konsumsi bahan bakar yang efisien," kata District Manager PT Shell Indonesia Armita Indradini ketika menggelar jumpa media dalam rangka Shell Fuel Economy di Jakarta.

Shell Fuel Economy adalah salah satu program PT. Shell Indonesia untuk mengedukasi masyarakat mengenai perilaku berkendara yang benar. Berikut tips-nya:


1. Menjaga jarak kendaraan dengan mengantisipasi pergerakan kendaraan lain sehingga tidak perlu berakselerasi dan mengerem mendadak.

2. Gunakan gigi tinggi dengan mengoptimalkan putaran mesin 2.000 RPM dan naikkan posisi gigi tertinggi sesuai kebutuhan.

3. Kurangi kerja mesin dengan mematikan AC ketika tidak diperlukan.

4. Kurangi bobot kendaraan karena semakin banyak beban kendaraan berarti semakin banyak beban kerja mesin yang menguras BBM.

5. Rencanakan perjalanan anda dengan mencari rute terbaik atau jalan alternatif serta perbanyak informasi lalu lintas seperti titik-titik kemacetan.


6. Perlambat kendaraan 10 persen lebih cepat di atas 80 km/jam artinya jika anda mengenderai mobil di atas 80 km/jam maka jumlah bahan bakar yang dikeluakan akan lebih banyak 10 persen - 20 persen.



loading...
loading...