Bagaimanakah template yang SEO friendly itu

Bagaimanakah template yang SEO friendly itu?....


Bagaimanakah template yang SEO friendly ituJawaban ini pasti dibutuhkan khusus bagi blogger yang peduli pada optimasi blog dalam hal SEO secara menyeluruh untuk mendapatkan jumlah visitor sebanyak banyaknya.
Kontent memang nomor satu,tapi kalau tidak didukung oleh optimasi lainnya termasuk template saya kira blog akan kalah bersaing memperebutkan pengunjung .Karena blog yang berkontent bagus itu banyak sekali jumlahnya dan semuanya bersaing mulai dari hal yang terkecil.
Jadi,baik tema dan kontent semuanya saling menunjang.
Yang penting maju terus dan berusaha,kalau perlu perhatikan juga hal terkecil dalam soal ngeblog.

Dan ini adalah pendapat saya pribadi,kamu boleh setuju lalu mengikutinya ataupun tidak setuju dan menggunakan cara sendiri.SEO adalah bukan ilmu pasti seperti fisika,karena agoritma mesin pencari tetap masih misteri.Para master SEO berbicara dari pengalaman masing masing,dan itu mungkin ada saja perbedaan pendapat karena semua teknik didasari oleh pengalaman pribadi.Yang perlu kita lakukan sebagai makmum adalah membaca pendapat mereka,mempraktekkan lalu mendapat pengalaman sendiri.Jadi SEO nggak perlu diperdebatkan,karena hanya akan menjadi debat kusir yang nggak akan ada habisnya.

Dan inilah sedikit yang telah saya peroleh dari mendengarkan nasehat para pakar,kemudian mempraktekkannya sendiri untuk membuktikan omongan mereka.

Template itu sangat penting ,misalnya kamu mau bikin usaha,kantor atau pabrik pastilah butuh yang namanya tempat dan gedung.Jika gedung tempat kamu susah dijangkau atau pun gedungnya tidak nyaman dilihat maka apa yang terjadi?....bisa ditebak kan...
Gedungnya sih bagus tapi susah dijangkau atau tepatnya mudah dijangkau tapi fasilitas dan gedungnya buruk,semuanya kurang bagus menurut saya.Jadi selain mudah dijangkau,gedung juga harus bagus bersih dan rapi enak untuk dilihat.

Mudah dijangkau dalam hal masalah template adalah fast loading dan semua fitur bisa dijangkau oleh spek PC,kecepatan internet rata rata di indonesia dan browser kebanyakan.Desain juga harus diperhatikan,jangan asal loading ringan namun tatanan kurang bagus untuk dilihat.Juga jangan desain bagus namun hanya bisa dijangkau oleh perangkat dan browser tertentu.Jangan sampai pengunjung langsung kabur sebelum sempat membaca artikel kamu gara gara template.

Bagaimana mengetahui template itu sudah memenuhi standard "fast" dari mesin  komputer dan browser?
Caranya ya menggunakan mesin juga,tidak bisa hanya melalui perkiraan saja. Ini ada mesin tester template blog lengkap dengan analisa dari struktur HTML,CSS dan javascript.Dengan menelusuri blog kamu,mesin ini nanti akan memberitahu (analisa)bagian coding mana saja yang rendernya kurang bagus sehingga menghambat laju loading template sebuah blog.Hasil dari tester kecepatan loading blog ini mengacu pada mesin perayap dari Google dan Yahoo.
Nilai yang diberikan  adalah sebuah poin yang berurutan dari A sampai D,dan A adalah nilai terbaik.
Sekarang coba render template blog kamu di http://gtmetrix.com/ ,ketahui presentasi dan poin dari kecepatan blog kamu lengkap dengan analisa mana yang perlu diperbaiki jika ada yg kurang bagus.
Bikinlah template seringan mungkin,karena belum lagi nanti jika menambah banner banner dan iklan jika untuk monetisasi blog.

Diatas adalah cara mengoptimalkan page speed loading,lalu bagaimana untuk melihat struktur ke SEOanya?....

Salah satu SEO friendly lainnya adalah struktur heading yang baik,apa itu struktur heading?.....
Heading dalam tag HTML adalah meliputi <h1><h2><h3><h4>,....
<h1> Diutamakan adalah judul dari postingan blog dan boleh hanya ada 1 saja.
<h2> Adalah sub dari judul postingan,dan boleh lebih dari 1.
<h3> dst mengikuti setelah <h2> lainnya,boleh berapa saja.

Saya banyak menemui template blog yang menggunakan <h1> lebih dari 1 dan <h2> dipakai bukan sebagai sub dari judul ,tapi dipakai pada tanggal postingan atau kata kata yang tidak berhubungan dengan kata kunci dari isi posting.
Ada lagi yang menggunakan <h1> sebagai title dari header dan judul postingannya adalah <h3> atau <h2> pada halaman posting.

Jika Kamu menginginkan maksimalisasi SEO pada setiap postingan,saran saya gunakan  h1 sebagai judul posting jika di halaman item. Dan untuk header blog pada halaman item dibikin hanya sebagai paragraf <p>
Jika dihalaman Index,H1 digunakan untuk header blog dan H2 untuk setiap judul postingan yang ditampilkan pada halaman.Ini artinya template harus bisa membuat h1 yang dinamis.

Noindex untuk halaman dinamis,misalnya halaman search label,atau halaman comment (blogspot).

Contoh template yang menggunakan h1 dinamis ,Baca: Template SEO loading ringan

Untuk melihat apakah template kamu sudah berstruktur heading yang baik dan lainnya kamu bisa memanfaatkan tool yang diinstall sebagai Addons Firefox gratis,namanya SEO Doctor.Dapatkan Addon ini dan instruksi penggunaanya nya di http://www.prelovac.com/vladimir/browser-addons/seo-doctor
Setelah Kamu install addon ini,maka kamu bisa menganalisa keseluruhan aspek SEO sebuah template blog dari situs mana saja.

Saya kira hanya itu saja optimasi SEO untuk template,saya tidak membahas Validitas HTML dan CSS karena saya tidak mempedulikan itu untuk template blog saya.Kalau kamu juga peduli dengan validitas CSS / HTML tidak ada salahnya untuk cari tahu di blog yang membahas soal ini.
loading...
loading...