Cara memelihara tegu atau kadal argentina

Cara memelihara tegu atau kadal argentina |Cara perawatan tegu


Kesulitan
cara memelihara tegu ,kadal argentinaIni bukan kadal untuk dipiara oleh seorang pemula. Menurut pendapat saya, ada banyak yang harus dipelajari tentang hewan ini. Sangat sulit untuk menemukan informasi yang konsisten dalam merawat tegu. Banyak daerah "abu-abu" dalam perawatan tegu dimana akan membuat sulit untuk diterapkan dan ditafsirkan. Pemelihara harus menyadari bahwa ini adalah hewan yang bisa berpotensi berbahaya dengan gigi tajam, rahang kuat, dan cakar. Mereka juga hewan cerdas yang bisa saja menggigit tangan anda karena dianggap makanan.

Ada juga aspek positif tentang perilaku mereka,ika tegu mengetahui kehadiran Anda (misalnya, Anda tidak membangunkannya atau mengungkap liang nya) mereka biasanya sangat baik jika bertemu manusia.tegu juga binatang yang sangat sosial,mereka bisa tidur didalam pangkuan anda ataupun tidur dijok mobil menyertai anda bepergian.

Info Dasar


Ukuran
Jantan kadang-kadang bisa mencapai selama panjang 1,2 meter ,sedangkan betinanya bisa mencapai panjang 1,1 meter.

Umur
Bisa hidup hingga berumur 15-20 tahun jika dirawat dengan benar.

Penanganan
Tegu biasanya toleran terhadap penanganan walaupun berada di luar kandang.Mereka juga sangat teritorial didalam kandangnya,bisa saja tangan anda menjadi sasaran saat dimasukkan kekandangnya.. Saya sarankan memakai sepasang sarung tangan kerja dari kulit yang kuat.

Setelah mereka keluar dari kandang, seperti halnya dengan iguana karena dari jenis yang sama yang memiliki  kuku  dan ekor. Saya sarankan pakailah sarung tangan, baju lengan panjang, dan tangan menahan kaki belakang jika Anda harus memindahkan hewan ini dari satu kandang ke kandang yang lain.

Tegu biasanya halus sekali saat dikeluarkan dari kandang mereka. Mereka memiliki kecenderungan untuk membuat terowongan di bawah tumpukan cucian atau lembaran / selimut dan kemudian tidur siang. Mereka tidak bisa bergerak cepat dan cenderung menunjukkan perilaku ingin tahu dan bereksplorasi.

Kandang
Lebih besar lebih baik ,tidak terlalu ketat gak apa apa karena kadal ini bukan hewan yang pintar mendaki. Saya menyediakan mulsa cemara yang cukup bagi mereka untuk membuat liang. Ukuran luas jauh lebih penting daripada kandang yang tinggi. Jika Anda mendapatkan tegu yang muda, Anda akan memiliki sedikit waktu untuk mendapatkan sebuah kandang yang besar nantinya.

Substrat
Gunakan mulsa cemara karena akan menjaga kelembaban dengan baik dan murah. Ini juga merupakan cara terbaik agar seekor  reptil  sangat senang karena bisa menggali. Tegu mungkin tinggal di liang mereka sepanjang malam.Substrat yang berkabut setiap hari yang berguna  untuk menjaga kelembaban dan juga untuk menjaga mulsa agar tidak berdebu.

Suhu
80-85 Normal
90-95 Berjemur
Tegu sangat toleran terhadap temps dingin, baik siang / malam.

Kelembaban
Tingkat kelembaban yang ideal harus dintara 60% -80%.Menggunakan substrat merupakan salah satu cara untuk dapat menyimpan kelembaban. Membuat sistem gerimis otomatis adalah cara yang paling efisien.

Anda mungkin akan mendapatkan beberapa pengalaman trial and error dalam menggunakan salah satu metode, tetapi hal ini penting dilakukan demi kesehatan seekor tegu Argentina piaraan.



Pemberian makanan
Diet
Tegu bisa menjadi gemuk saat di penangkaran. Perlu dicatat bahwa Tegu Argentina adalah omnivora di alam liar, tetapi dalam pengalaman saya, mereka menunjukkan preferensi untuk makanan tertentu.Saya juga mencoba buah-buahan, seperti mangga dan pepaya, dan mereka tidak terlalu tertarik. Makanan pokok meliputi 4-6 tikus dewasa seminggu.Mereka tidak sulit untuk makan, tetapi perawatan khusus harus dilakukan untuk memastikan bahwa mereka tidak menjadi kegemukan.

Perlu diketahui bahwa tegu dapat menjadi agresif terhadap makanan,mereka bisa dan akan menganggap pemelihara sebagai makanan. Banyak orang akan memberi makan tegu di luar kandang untuk mencegah hal ini, tapi aku lebih suka hanya untuk menempatkan makanan di dalam kandang setelah gelap. Ketika tegu  sudah bangun, makanan sudah menunggunya disana. Cara terbaik adalah jangan sampai tegu melihat anda membawa makanannya.

Suplemen
Tegu makan tikus secara keseluruhan, jadi suplemen tidak diperlukan.

Hidrasi
Tegu menyukai air,pastikan bahwa sudah tersedia untuk tegu semangkuk air yang segar.

Sexing
Secara visual, laki-laki cenderung lebih berat, lebih besar, dan akan menumbuhkan rahang ketika sudah dewasa secara seksual. Kadal dapat mencapai panjang total antara 3 sampai 5 feeds.

Tegu hitam putih
loading...
loading...