Setting DNS Custom Domain blogspot

Cara Setting DNS Custom Domain blogspot / blogger.com
Ini adalah salah satu solusi untuk menekan biaya jika menghosting sendiri sebuah blog.Dengan mengcustom domain sendiri untuk blogspot,maka kita akan terhindar dari biaya hosting bulanan dengan memanfaatkan fasilitas hosting gratis tak terbatas dari blogger.com.
Selain itu,jika mengcustom domain sendiri blog blogger kita,maka kita memiliki kesempatan backup blog sama jika menggunakan blog hosting sendiri misalnya wordpress.
Backup maksudnya,jika kita tiba tiba kehilangan account blogger.com,bisa dengan banyak sebab (dihack orang atau disuspend account) maka kita masih dengan mudah menghadirkan blog kita kembali.Dengan catatan harus rajin backup (export blog dalam bentuk xml),fitur ini juga disediakan oleh blogger.
Alasan lainnya blog akan lebih kelihatan profesional,khususnya jika nanti akan dimonetize.Beberapa penyedia layanan kerjasama online (misalnya perusahaan PPC,PTR dll) menuntut blog dengan nama domain sendiri.

Custom domain itu apa sih?.....
Jika Kamu belum tahu,saya jelaskan secara simple saja;
Custom domain adalah sebuah nama untuk identitas (alamat) sebuah situs yang kita pilih sendiri .Nama Domain yang umum dikenal adalah domain TLD (Top Level Domain) atau domain tingkat ata.Domain TLD ada 2 macam,yaitu domain TLD international dan domain TLD Indonesia. Contoh domain International :seperti misalnya .com,.net,.org,.biz,.cc dll.
Contoh domain Indonesia: .co.id , .web.id dll.
Cara mendapatkan nama domain adalah dengan cara mendaftarkan sebuah nama yang unik pilihan sendiri sesuai dengan yang diinginkan kepada registran domain.Dalam hal ini kita juga bisa melalui jasa webhosting Indonesia yang sudah sangat banyak dan bertebaran dimana mana.Tentang hosting dan domain baca : Web Hosting Indonesia

Bagaimana cara untuk mengcustom domain blogspot?...
Kamu hanya perlu mempersiapkan 3 langkah mudah saja,yaitu;
1.Daftarkan nama domain kamu kepada jasa webhosting atau penyedia domain(registan)
2.Melakukan setting DNS atau managed DNS
3.Melakukan setting di managed blog blogspot

1.Mendaftarkan sebuah nama domain
Memesan sebuah nama domain pada pihak registan misalnya godaddy.com ,perusahan jasa webhosting atau langsung mendaftarkan kepada Panitia Domain Indonesia(PANDI).
Pilih Nama domain yang kamu inginkan dan tentukan juga ekstensi domainnya,misalnya .com,.net,.org,.co.id .asia dll.
Kalau untuk blog pribadi dan untuk bisnis saya sarankan untuk memilih ekstensi yang lebih cocok seperti .com,atau untuk blog organisasi maka bisa pilih .org.
Apa saja deh,,,,sesuai selera kamu, yang penting namanya unik dan belum ada yang punya,sebab jika sudah ada yang punya maka nama tersebut sudah tdk bisa didaftarkan.


2.Melakukan setting DNS atau managed DNS
Untuk melakukan managed DNS,kadang pihak hosting mau membantu secara gratis.Namun lebih baik Kamu coba sendiri saja dulu agar lebih paham apa itu setting DNS.
Pertama   login kedalam managed DNS domain kamu terlebih dahulu,disana Kamu akan menemui cpanel untuk pengaturan pointing DNS .Disana ada Arecord,Cname record,NS record,MXrecords,dll.
Untuk setting DNS untuk custom domain pada blogspot,kamu hanya perlu pointing 2 record saja yaitu A record dan C name record.
A record yaitu untuk mengarahkan DNS kepada ip server blogger.com
Cname record untuk megarahkan subdomain www server google.

Berikut cara penyetelan (managed DNS) masing masing record
Gambar screenshot berikut mungkin berbeda untuk tiap jasa hosting,akan tetapi pada intinya sama saja.Hanya style nya saja yang berbeda kok,jadi tak perlu bingung.. :D

A.Setting A record
Ini berguna agar jika pengunjung blog kamu mengetikkan alamat (domain) blog kamu tanpa www masih tetap bisa masuk.Masukkan (4) ip server blogger,jadi add record sebanyak empat kali untuk masing masing ip berikut:

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Berikut urut urutannya:
Setting DNS Custom Domain untuk blogspot
1.Add Arecord
2. Destination IPV4 Masukkan ip google yang ada empat (diatas) satu dulu yang urutan pertama.
3.TTL pakai default (biasanya sudah terisi)
4.Klik Add Record
(Host Name biarkan kosong)

Ulangi Add Arecord sebanyak ip yang saya sebutkan diatas (ada 4 ip adress),dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Setting DNS Custom Domain untuk blogspot
Jika sudah beres,lanjutkan untuk memasukkan point CNAME record nya.

B.Setting Cname record
1.Add CNAME Record
2.Host Name: masukkan www
3.Value: klik cekbox yang bawah dan masukkan ghs.google.com
4.TTL: isi sesuai default
5.Klik Add Record
Setting DNS Custom Domain untuk blogspot

Sampai disini sudah selesai untuk urusan managed DNS nya,lanjutkan setting ke dalampanel  blog blogger Kamu.

3.Melakukan setting di managed blog blogspot

1.Pilih blog blogspot Kamu mana yang akan di custom domain,kemudian pilih setting > penerbitan > Lihat kepada Alamat blog.
2.Kilk tambah domain khusus



Setting DNS Custom Domain untuk blogspot
3.Klik Alihkan ke setelan lanjut

4.Masukkan nama domain baru Kamu lengkap dengan www

Setting DNS Custom Domain untuk blogspot
5.Klik Simpan
(Jika domain kamu tidak bisa diakses tanpa www,silahkan rubah kedalam tampilan interface  lawas dan centang pilihan "Redirect ke www.domainkamu.com") dan simpan.

6.Nah sekarang proses customisasi domain blogspot.com kamu sudah selesai,kamu tinggal  menunggu resolve selesai secara otomatis .
Proses menunggu ini bisa berlangsung 2x24 jam menurut google,namun pengalaman saya sendiri hanya menunggu sekitar 1 jam saja domain custom sudah bisa konek.

Keterangan lain lain
Tidak perlu khawatir kehilangan pengunjung dengan mengcustomisasi blogspot,karena pengungunjung yang mengakses alamat blogspot sebelumnya akan otomatis teredirect ke alamat custom domain baru kamu.
Akan tetapi lebih baik mengcustom domain untuk blog yang relatif masih baru,karena semuanya akan lebih baik jika dimulai semenjak dari awal.

Selamat mencoba,dan semoga sukses!
loading...
loading...