Cara Membuat Website

Cara Membuat Website saat ini bisa bermacam cara yang bisa dilakukan,bahkan untuk orang yang samasekali awam dengan ilmu pemrograman web.Dari mulai dengan cara memanfaatkan web builder gratis/berbayar,atau dengan cara menghosting website sendiri.


Membuat website dengan web builder

Apa itu web builder?....Ialah fasilitas internet yang berguna untuk membangun website sendiri tanpa harus menghosting file situs sendiri di web hosting.
Situs web builder menyediakan fitur untuk membangun website yang paling mudah untuk awam.

Dengan web builder,kita bisa dengan mudah membuat situs sendiri hanya dengan klik sana klik sini.Fitur seperti ini disebut WYSIWYG (What-You-See-Is-What-You-Get).Situs web builder ada yang gratis,trial dan ada yang berbayar.

Jika ingin membuat situs blog dengan web builder,Anda bisa memanfaatkan fasilitas blog gratis milik google , http://blogger.com.
Namun blogger.com hanya khusus untuk membangun situs informasi,atau lebih enak disebut blog.

Nah seperti itulah contohnya,Webbuilder biasanya  hanya menyediakan model situs tertentu saja(terbatas),dan Anda juga tidak bisa bebas melakukan customisasi.

Web builder adalah fasilitas yang disediakan pihak ketiga,Tentunya situs anda  dibawah aturan yang ditetapkan si pengelola.Jika situs anda diketahui telah melanggar point terms of condition,maka harus siap siap kena suspended.

He he,,nggak enak kan?,,,,,,,makanya,jika menggunakan fasilitas web builder harus tahu betul peraturan yang diberikan pihak pengelola.Contohnya saya sendiri,3 kali bikin situs dan 3 kali pula di suspended oleh wordpress.com karena memasang banner affiliasi.Seperti itu suka dukanya.......

Cara dan kelebihan Menghosting website sendiri

Menghosting website sendiri  bisa dilakukan dengan dua cara,yaitu:

  • Memanfaatkan fasilitas autoinstaller biasa disebut juga fantastico,hanya dengan  satu kali klik install saja.
  • Upload file dan instal sendiri secara manual,upload sendiri semua file situs dan konfigurasi sendiri seperti setting SQL .

Kelebihan jika situs dibangun dengan menghosting sendiri:

  • Banyak pilihan dari berbagai jenis dan model situs yang disediakan pada  fitur autoinstaller webhosting (*),Anda bisa membangun blog sampai toko online sendiri hanya dengan 1x klik install.
  • Bisa membuat website model apapun seperti forum,blog,e-commerce dll.
  • Bisa menambah beberapa situs lagi hanya dengan membeli nama domain saja(addon domain).
  • Full managed,artinya Anda bebas mengelola situs Anda sendiri tanpa campur tangan pihak lain.
  • Recommended jika untuk situs bisnis atau blog yang dimonetisasi.
Catatan:
(*) Tidak semua webhosting sama,ada yang lengkap dan ada yang tidak.

##################################################
##################################

Sudah sedikit jelas kan sekarang "Cara membuat Website sendiri?".Jadi jangan berfikir jika membuat sebuah situs itu hanya bisa dilakukan oleh programmer IT yang berpendidikan tinggi.Anda dan saya pun bisa dengan mudah membuat situs sendiri walaupun bukan sorang insinyur IT lulusan ITB.

Untuk Mengelola maupun  membuat website sendiri(tanpa melalui jasa orang lain),Anda pun bisa dengan mudah melaksanakannya.

Kecuali Jika Anda ingin menjadi web developer (pengembang/pencipta aplikasi web),tentunya diperlukan pengetahuan teknik khusus bidang IT.

"Bagaimana kalau saya ingin membuat fitur website yang berbeda sesuai dengan keinginan saya,padahal saya nggak bisa bikin aplikasi sendiri?..."
"Jawabannya gampang,tinggal beli atau pesan (script/CMS) kepada pengembang web dan Anda cukup hanya menginstallnya sendiri.Banyak yang jualan script (CMS) web model apapun diinternet,tinggal search saja di mbah google tentang web model apa yang anda inginkan.Bahkan ratusan script web gratis beredar diinternet,nggak ada alasan untuk tidak bisa membuat website sendiri"
Hanya satu syarat yang harus sedikit anda pahami untuk bisa menginstal (menghosting) website sendiri.Apa itu??,,,,,Paling tidak Anda harus mengerti apa itu webhosting terlebih dahulu.

Jangan kuatir, cara mempergunakan webhosting itu gampang,sama jika Anda mempergunakan fasilitas online lain seperti Facebook atau email.

Disini Saya akan share Cara membuat website dengan menghosting situs sendiri yang paling mudah dan efektif,yaitu mempergunakan autoinstaller.Dengan auto installer,sangat minim sekali terjadi kegagalan instalasi dan konfigurasi.Fasilitas fasilitas yang ada pada autoinstaller sudah didesain dengan antarmuka yang paling memudahkan dan selalu diperbarui.

Saya sarankan tidakmenggunakan webhosting yang gratisan,karena menurut pengalaman saya selalu banyak masalah.Webhosting gratisan sangat minim fitur,sehingga terkadang sangat membingungkan.Jika proyek situs anda hanya untuk belajar sih nggak papalah.
Namun saya ingatkan,terkadang webhosting gratisan tidak mendukung script PHP versi tertentu.Jadi jika nanti terjadi tidak optimalnya script web yang anda install,anda sudah mengerti apa yang jadi penyebabnya.
Mau enak kog minta gratiss,,nggak jaman kali yeee,,,,,, :D
Jadi menurut saya alangkah baiknya menghosting website sendiri jika untuk keperluan jangka panjang ,walapun hanya menggunakan shared hosting premium yang murah.Semurah murah nya webhosting,dukungan dan fitur saya kira masih jauh lebih baik.

Hal yang perlu dipersiapkan:

1,Sewa hosting dan beli domain(1 paket).
1 paket maksudnya Anda menyewa hosting sekaligus membeli domain,sebab penyedia layanan hosting juga melayani pelanggan yang hanya membeli nama domain saja.

Sewa hosting bisa dibayar perbulan atau pertahun (tergantung kesepakatan).Sedangkan nama domain diperpanjang minimal 1 tahun sekali.
Hosting adalah webserver tempat file file yang membangun website yang kita diinstall,dan nama domain adalah alamat dari website yang kita pilih seperti www.situskeren.com.

Jadi beli satu paket domain dan hosting,nanti ada optionnya saat kita melakukan order.Biasanya disediakan beberapa jenis kelas layanan,misalnya bronze (paling murah),Silver (menengah),gold (paling atas).Atau anda ingin menyewa VPS (Virtual Private Server),Menyewa VPS pada webhosting adalah 1 server untuk dipakai sendiri.Dengan VPS anda bebas melakukan konfigurasi DNS sendiri dan lebih nyaman.Namun menyewa VPS biaya sewanya jauh lebih mahal,cocok untuk situs bisnis dan bertraficc tinggi untuk lebih menjamin kenyamanan dan keamanan customer.

Belum mengerti tatacara webhosting?....Baca:

/////////////////////////////////////////////////////////////////////

#Cara membuatl website sendiri dengan autoinstaller (pembuat web instan).


Login kedalam cPanel yang disediakan oleh webhosting,anda akan mendapat password,alamat cPanel hosting dan masih banyak lagi konfigurasi tambahan lainnya.

Pada halaman panel hosting Anda,pilih fitur Softaculous atau pada Softaculous App Installer(**)
Cara Membuat Website

Cara Membuat Website

Sekarang Anda sudah berada pada halaman daftar website yang siap untuk Anda install,pilih salah satu situs tujuan Anda.Model situs yang disediakan pada fitur autoinstaller ini ada banyak sekali yang bisa anda pilih,mulai dari blog sampai situs e-commerce(toko online).

Misalnya Jika Anda mau membuat blog,Anda bisa pilih platform blog yang sudah populer seperti  wordpress,drupal ataupun joomla. 

Lihat gambar screenshot daftar dari jenis jenis situs yang disediakan berikut ini.
Cara Membuat Website

Saya sarankan Untuk mencoba DEMO situs sebelum menginstallnya.DEMO situs meliputi login sebagai administrator situs dan member situs.Ohya,fitur ini gratis,alias tidak perlu membayar lagi pada webhosting.

Kenapa mesti melihat demo?,,,,,,,Karena banyak sekali merk dan jenis jenis website karena pengembang,pilih yang terbaik sesuai dengan selera Anda.

Ikuti instruksi yang ada selanjutnya,tidak perlu Saya bahas karena memang sangat mudah.

Keterangan:
(**) Tiap penyedia mungkin berbeda,rekomendasi hosting Indonesia murah Rp 950,- Unlimited bandwidth +domain murah Rp79.000,- setahun yang saya pastikan dilengkapi dengan fitur ini,yaitu www.masterweb.com.Karena web bisnis online saya dihosting di sini,jadi saya tahu dengan semua fitur dan keuntungan yang ada.


Sekarang Anda sudah memiliki website sendiri,siap untuk Anda kelola sesuai dengan tujuan dari bisnis Anda.

#Membuat Situs dengan cara menginstall sendiri.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk menginstal situs sendiri:
  • Persiapkan CMS website atau file file situs yang telah dibuat.
  • Install CMS atau file file situs menggunakan FTP atau bisa juga langsung melalui cpanel dengan jalan menjadikan semua file /CMS dalam bentuk arsip (ZIP)
  • Melakukan konfigurasi sesuai petunjuk cara menginstal (jika menggunakan CMS)
  • Melakukan konfigurasi database (jika menggunakan database).
  • Melakukan test situs secara online.

Lebih detailnya mungkin nanti pada artikel tersendiri.

Kamus:

CMS: Content Management System (aplikasi website),susunan file/script yang membangun sebuah situs secara utuh.

Auto installer/fantastico: Instalasi website secara otomatis.
FTP: File Transfer Protokol,sebuah aplikasi protokol yang berguna untuk mentransfer file yang membangun sebuah situs kedalam server hosting.Ini adalah program tersendiri yang bisa Anda install pada komputer untuk melaksanakan tugas tersebut.FTP Client ini ada yang gratis (filezilla) atau yang berbayar pun ada.


Informasi Lengkap Mengenai Webhosting dan review Baca,Webhosting Terbaik Indonesia

--ed--
loading...
loading...