AWAS! Trojan Menyebar Melalui IM Skype

Internet masih merupakan ladang yang berbahaya bagi komputer,dan bahkan sudah menyebar kedalam aplikasi IM milik Skype.

AWAS! Trojan Menyebar Melalui IM Skype


Seperti yang diulas CNET ,sebuah worm berbahaya menyebar melalui pesan instan Skype yang sanggup mengambil kontrol komputer korban lantas menahan isinya dengan meminta  tebusan.
Masalah  yang pertama kali diketahui, trik pelaku dengan mengelabui pengguna untuk men-download file ZIP dengan menampilkan pesan  yang direkayasa.File ZIP tersebut berisi file executable yang akan otomatis menginstal varian dari worm Dorkbot dan menciptakan lubang (backdoor)  melalui "Blackhole," .Dan lubang ini digunakan untuk menginfeksi komputer pengguna oleh penjahat.
Backdoor ini bisa di manfaatkan penyerang melalui remote untuk mengendalikan komputer korban dan menginstal ransomware.Program berbahaya ini akan mengunci pengguna karena  komputer di password atau enkripsi ,dan penjahat akan menuntut pembayaran, atau tebusan dengan menukar data pengguna. Mereka menuntut pembayaran sebesar $ 200 dalam waktu 48 jam atau jika tidak mereka mengancam akan menghapus  file pengguna.


Sementara itu pihak Skype mengatakan sedang menyelidiki masalah ini dan merekomendasikan upgrade versi Skype,untuk keamanan agar aplikasi selalu up to date.
"Kami menyadari hal ini aktivitas berbahaya dan bekerja dengan cepat untuk mengurangi dampaknya,Kami sangat menyarankan untuk mengupgrade ke versi terbaru Skype dan menerapkan fitur keamanan udate di komputer Anda ".kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Nah Hati hati Bagi Anda jika ada pesan yang mencurigakan,apalgi tiba tiba menyarankan untuk mengunduh file melalui tautan yang dikirimkan melalui IM.
loading...
loading...