Cara update versi Android

Android ini dan Android yang itu.. sebuah OS platform mobile yang selalu menjadi bahan pembicaraan.
Android memang merupakan sistem operasi yang paling populer untuk ponsel dan tablet.
Rilis rilis versi terbaru terus dilakukan sejak dimulainya OS android  pada lima tahun kemarin.
Upgrade versi baru rajin dilakukan untuk memperbaiki bug dan mungkin adanya  kesalahan pada versi sebelumnya sehingga akan menjadi lebih baik.

Jika Android pada HP android anda ingin dilakukan update versi terbaru,bawah ini beberapa  cara untuk memperbarui atau meng-upgrade ke versi yang lebih baru.


Cara update versi Android

Proses update Android terdiri dari beberapa proses berikut:


Backup Data
Buatlah cadangan data terlebih dahulu,harapan kita bisa salah sebab data seperti aplikasi,game atau data lainnya bisa terhapus.Jika ada backup maka kita akan dengan mudah mengembalikan data kepada tempatnya semula

Caranya
Tekan tombol HOME dan kemudian sentuh atau tekan Pengaturan. Carilah pilihan Privasi, kemudian Back up data saya.Beri centang pada kotak  atau tombol untuk mengaktifkan fitur ini. Pilihan ini membuat cadangan otomatis data Anda dan pengaturannya.
Anda memerlukan sebuah kartu microSD atau kartu memori, dan file backup buat di sana.Cara kerja fitur ini tergantung pada pabrikan dari ponsel Android yang Anda gunakan. Ketika update dilakukan, Anda nanti akan ditanya apakah Anda ingin mengembalikan data dari file ini?.

Cek aplikasi di Android Market,ada banyak aplikasi untuk backup gratis ataupun yang berbayar untuk membantu proses backup Anda. Aplikasi tersebut akan memungkinkan untuk memilih apakah yang dibackup data saja,aplikasi saja  atau keduanya.Ada aplikasi yang berbeda berdasarkan pilihan seperti back up data saja atau sekaligus SMS dan gambar.
Pastikan Anda tahu di mana file backup disimpan.

Untuk backup kontak ponsel,cara terbaik untuk membuat cadangannya adalah melakukan sinkronisasi ponsel Android Anda dengan akun Gmail.
Jika kontak baru ditambahkan, melalui sinkronisasi otomatis maka akan tersimpan juga  dalam account Gmail Anda. Jadi sinkronisasi dapat dilakukan dengan membuat Gmail, lokasi satu atap Anda untuk semua informasi kontak.

Dengan data dan informasi penting Anda, langkah-langkah yang Anda ambil tersebut untuk memastikan keamanannya. Anda juga bisa  secara manual membuat backup data media file seperti musik, gambar atau gambar, dll nada dering pada komputer.
Dengan download aplikasi dari Android Market, mereka akan tetap bisa dipasang dan siap digunakan kapanpun,bahkan setelah update sistem.

Metode Update android secara otomatis
Ini adalah metode yang paling sederhana dan sangat nyaman meng-upgrade OS Android. Pada dasarnya, hp Android sudah memungkinkan Anda untuk tahu tentang update terbaru dan Anda dapat memilih untuk mengupdatenya  ke versi OS baru atau tidak.
Anda membutuhkan koneksi internet untuk menerima pesan update dan melakukan prosedur update.

  • Pada layar ponsel Anda, sistem Install software update akan muncul kotak dialog atau pesan baik pada layar utama atau di sudut.
  • Sekarang Tekan pilihan Install, kemudian tekan OK
  • Biarkan proses update berlangsung dan tanpa gangguan. Cobalah untuk menghubungkan ke sumber internet yang aman dan stabil, seperti Wi-Fi misalnya.Pastikan koneksi internet yang lancar untuk proses update.
  • Jika sudah selesai Anda akan melihat pesan seperti "Your phone has been updated successfully to version x.xx.xxx.x..". Setelah selesai, telepon akan me-reset dirinya sendiri lalu restart.
  • Biarkan sampai selesai, dan Anda sekarang memiliki Os Android yang sudah update.

Fitur menerima pembaruan update yang tersedia kadang tidak bekerja. Kadang-kadang, semua orang bisa mendapatkan pesan update tapi Anda tidak. Hal ini disebabkan oleh bahwa beberapa update Android tergantung pada operator atau penyedia layanan, dan merek dan model ponsel Android.
Jadi update saja vuntuk versi OS baru ini, walaupun Anda belum mendapat pesan untuk update.

Update android secara Manual
Jika Anda tidak sabar menunggu pesan auto update OS android atau bahkan  tidak pernah menerima pesan itu. Lakukan update secara manual seperti berikut:

  • Tekan tombol Home pada telepon Anda
  • Tekan tombol Menu
  • Scroll pada menu option dan setting  lalu tekan
  • Scroll melalui Setting Options dan lihat About phone dan Tekan.
  • Versi OS dan build number yang sedang berjalan akan ditampilkan. Tekan pilihan System software updates.
  • OS mulai mencari update,Koneksi internet yang baik diperlukan untuk ini.
  • Jika tidak ada update yang tersedia, akan ditampilkan bahwa saat ini sudah up to date.
  • Jika ada update yang tersedia, versi OS update yang ada akan ditampilkan, tekan Install Now. Biarkan proses update berlangsung. Telepon akan restart jika sudah selesai prosesnya.
  • Anda sekarang sudah memiliki Os Android update pada ponsel Anda.

Melalui salah satu metode update di atas, tak kalah penting pastikan telepon Anda juga terhubung dengan charger. Proses update akan memakan waktu yang tak terduga, jadi bersiaplah untuk menunggu dan membiarkan upgrade berjalan dengan sendirinya sampai selesai. Upgrade Os Android kepada versi terbaru adalah penting, karena ada begitu banyak manfaat dan manfaat baru dari setiap versi baru.
loading...
loading...