Fakta Untuk diterima google adsense

Google adsense?.......wow......idola semua blogger yang ingin memonetisasi blognya.Saya yakin bahwa 99% blogger mengidamkan untuk bisa menayangkan program PPC terbesar dunia,google adsense.

Adsense google menjadi idola bukan tanpa alasan,dengan iklan yang relevan dan kualitas bayaran hingga sekelas  HPk sungguh menarik impian.
Fakta Untuk diterima google adsense


Namun sayang,nggak semua blogger mendapat kesempatan untuk ikut berperan serta monetisasi bersama adsense google.Sebagian besar mengeluhkan kesulitan sampai bahkan frustasi dan putus asa.

Sebenarnya masalah yang mereka hadapin cukup simpel,mereka hanya kurang bersabar "Terburu buru" dalam mendaftarkan diri.Kalau blog kita sudah siap,sebenarnya mudah diterima karena tidak ada alasan lagi google untuk menolak.

"Blog ini nggak ada iklan dari Google adsense, kok ngomong adsense sih".....

Iya bro,,saya sengaja tidak mendaftarkan blog yang ini karena saya sadar pasti nggak akan diterima.Lebiih baik saya membuat blog lagi yang khusus saya persiapkan untuk adsense.Itu lebih realistis dari pada capek capek dan tak ada hasil,bukankah selain adsense juga banyak.

Blog ini memang trafiknya lumayan,tapi bukan itu yang paling diharapkan google.Banyak sekali artikel di blog ini yang masuk dalam kategori "Melanggar Kebijakan " Adsense.

Berikut pengalaman saya hingga sampai blog saya disetujui google untuk menayangkan adsense.

Persiapkan blog:Blogger yang dicustomisasi dengan domain sendiri ataupun tidak nggak masalah.Cuma jika tidak dicustomisasai,ada caranya tersendiri untuk mendaftarkan.

Saran saya lebih bagus jika blog dicustom domain,sebab lebih mudah mengajukan kembali jika nanti ditolak.Baca: Cara customisasi domain blogspot menjadi nama domain sendiri

Percaya atau tidak,ini fakta bahwa blog dengan domain tunggal (bukan subdomain) lebih mudah dan cepat optimasinya.Lebih cepat lagi jika kamu menggunakan wordpress domain sendiri.Baca:Cara mudah membuat blog wordpress dan KeDahsyatan blog wordpress

"Jika sudah ditolak apakah harus mendaftarlan lagi dengan email baru?"
TIDAK,selama anda masih diberikan kesempatan untuk mengirim ulang permohonan lagi.Dan itu yang saya alami,4 kali ditolak akhirnya diterima juga dengan email yang sama.

Berikut fakta Untuk diterima google adsense

Optimasi template terutama navigasi.


  • Buatlah template yaang berbeda dengan kebanyakan situs,edit sendiri warna background atau apasaja asal menjadi unik.Tapi jangan sampai menjadi berantakan ya?..
  • Template harus ringan dan tidak menambahkan terlalu banyak widget yang bisa memberatkan.
  • Template harus eye catching,enak dilihat dan tidak juga  terlihat terlalu sederhana.Buatlah semenarik mungkin dan tidak mengganggu pembaca (typografi).
  • Buat navigasi yang jelas dan pasangkan widget arsip blog (Blog Archive) , karena arsip blog dianggap sebagai peta situs.
  • Jangan menggunakan template dengan autoreadmore,tampilkan 5-7 postingan dihalaman homepage.(Tidak terlalu harus).
  • Jangan membuat link yang bersifat "Open on New Tab".(Kalau nggak perlu amat)
  • Memasang halaman khusus seperti privacy policy,about me,contact me,terms of service.Dan pasangkan navigasi yang jelas untuk beberapa halaman tersebut.
  • Pasangkan badge DMCA (Digital Milenium Copyright Act).DMCA adalah lembaga yang dipercaya yang mengawasi hak cipta karya digital amerika serikat.Dapatkan badge DMCA disitus dmca.com.Hal ini Untuk menjamin bahwa kontent milik anda adalah orisinil dan asli.
Tips:Untuk semakin memperlancar,gunakan breadcrumbs versi terbaru dan gunakan tips untuk menampilkan foto dipencarian google.
Karena google menginginkan keterangan tentang pemilik blog dengan jelas,menampilkan foto dipencarian juga merupakan tips agar lancar diterima.Bukan tanpa alasan, karena menampilkan foto dipencarian google itu harus menautkan profil Google plus di blog anda.Baca: Cara menampilkan foto dihasil pencarian google

Pastikan template sudah siap seluruhnya,baik navigasi atau apapun menyangkut template.Jangan sampai waktu direview/didaftarkan anda masih ngumek template blog.

Cara membuat halaman sitemap,privacy policy,about me,contact me,terms of service:
Privacy Policy :Gunakan privacy policy generator dari serprank.com,buat sendiri juga nggak apa apa asal sesuai petunjuk (Adsense Guidline).
About me: Buatlah halaman yang menceritakan tentang Anda,alamat anda sebagai pemilik dan penanggung jawab blog.Buat yang jelas disertai foto asli yang orisinil (tidak diedit).
Terms of service: Buat halaman yang berisi tentang aturan bagi pengunjung situs anda.
Contact me: Bagaimana cara pengunjung mengontak anda,buat kata sambutan yang baik disertai dengan ,alamat email ,nomer hp,akun jejaring sosial,ym dsb.Asalkan memberi keterangan jelas bagaimana cara untuk menghubungi anda.
Sitemap: Sitemap adalah daftar isi,anda cari saja di google, "tutorial membuat daftar isi dihalaman blog".


Usahakan alamat yang anda cantumkan,sama dengan alamat dan nama yang digunakan mendaftar aplikasi adsense.

Postingan:

Ini bagian yang paling sensitif dan paling dipertimbangkan apakah anda ditolak atau diterima.

  • Kontent berbahasa bisa indonesia atau bahasa inggris saja.Jangan dicampur dengan bahasa daerah apalagi bahasa 4l4y.
  • Saya diterima dengan blog niche,kalau gado gado saya belum ngalamin.Pernah sih tapi ditolak :D .Usahakan blog niche,apa saja topiknya asal anda menguasai dengan baik sehingga mudah untuk menulis konten.
  • Gunakan tatabahasa yang baku ,baik dan benar.Jika blog berbahasa inggris,pahami apa itu grammar terlebih dahulu.Jangan sampai tim review mabok saat membaca tulisan anda, sehingga mereka batal untuk melakukan review.
  • Jangan menggunakan katakunci berlebihan yang diulang ulang,hal ini sudah jelas tertulis "melanggar pedoman master web".Katakunci yang berlebihan akan dianggap memanipulasi kontent bagi mesin pencari.Disamping itu kata kunci yang berlebihan bisa dinilai mengaburkan makna dari konten anda yang sesungguhnya.
  • Postingan anda jangan menyangkut hal hal ilegal (baca ketentuan adsense dengan seksama).
  • Jangan menyangkut nyangkut (review) merk dagang yang memiliki hak cipta (eg: samsung,android,sony,asus,accer dsb).
  • Jangan menautkan link kepada situs apapun diluar (dikhawatirkan ada kegiatan jual beli link,mengarahkan link situs yang memiliki hak cipta)
  • jangan bertukar link atau menautkan blog adsense anda pada dummy blog anda.
  • Jangan posting cuma sedikit sedikit dan terkesan asal asalan.
  • Jangan copy paste sedikitpun,artikel harus seluruhnya murni anda ketik sendiri.Rewrite adalah jalan keluarnya jika anda kesulitan ide.
  • Jangan memasang gambar produk yang berhak cipta (eg:gambar handphone yang ada merknya)
  • Jika anda menggunakan gambar orang lain,carilah gambar di flicker.com atau album picasa dan berikan url sumbernya.
  • Jika memakai gambar,jangan lupa juga diberikan tag "alt".
  • Jumlah artikel usahakan sudah diatas 30 postingan,lebih banyak pasti lebih bagus.


Umur blog dan membangun trafik.

  • Walaupun tidak banyak pengunjung unik blog anda,asalkan sudah ada pengunjung dari search engine.Usahakan blog sudah berumur diatas 3 bulan sebelum anda daftarkan.
  • Jika blog anda merasa belum siap untuk umur dan trafik,bersabarlah dulu sementara sambil membangun trafik.
  • Optimasi SEO blog anda dengan wajar dan mematuhi pedoman webmaster tools.Periksa selalu kesehatan situs anda melalui google webmaster tools,jangan sampai situs blog anda banyak error dan duplikat kontent.Pasang juga google analistic ,ini yang saya lakukan sehingga diterima.
  • Jangan membangun trafik dengan nyepam dimana mana (bookmarking sosial,komentar blog orang,pingblog dsb).Cukup hanya dalam kuantitas yang wajar.
  • PR?,,,,,,PR blog nggak diperhitungkan sebenarnya.Blog saya diterima hanya dengan PR 0 dan UV nya sehari hanya rata rata 25UV.Sudah mendapat trafik yang banyak, atau blog sudah  mendapat PR kayaknya lebih baik.Itulah keistimewaan google,nggak utamain trafik tinggi setinggi tingginya.Hanya konten yang dituntut orisinil dan mempunyai manfaat bagi pengunjung.Tapi pengunjung sepi juga sama saja dengan bohong,darimana akan dapat CTR?,,, :D


Interaktif

Beri widget social misalnya facebook like box atau widget addthis,hal ini agar kelihatan kalau blog anda interaktif dan hidup.
Moderasi komentar,terbitkan hanya yang bermanfaat saja.Kalau ada yang bertanya dikomentar segeralah dibalas dengan solusi terbaik yang diminta komentator.

////////////////////////////////////////////
Jadi persiapkan blog anda,pastikan bahwa sudah berkretteria seperti diatas sebelum mendaftar.Baca dengan berulang ulang panduan adsense dari google.
Jika ditolak,cari dengan seksama apa yang salah sesuai dengan alasan penolakan.Perbaiki dan kirimkan lagi permohonan anda minimal 1 minggu setelah ditolak.
Ohya,jangan menaruh iklan apapun dulu selain adsense saat blog didaftarkan.Termasuk link afiliasi jangan sampai ada satupun.

Ingat!!!...review kedua yang menentukan dilakukan oleh manusia dengan bantuan bot.Jadi jangan terlalu menganggap sepele dengan permasalahan sekecil apapun.

Mendaftar dengan email yang ditolak sebelumnya nggak masalah. (asal ada keterangan bahwa anda masih diberi kesempatan untuk mendaftar ulangkan).

Jika blog anda sudah masuk dalam kriteria google(paling tidak seperti diatas),tidak ada alasan adsense untuk menolak lagi permohonan anda.

Jika sudah diterima (alhamdullilaahh),namun blog anda masih belum sepenuhnya disetujui.
Hati hati terutama pada minggu minggu pertama,jangan berbuat yang macam macam dahulu.Blog anda masih diawasi dan bisa ditarik lagi persetujuan mereka.

Yang macam macam: Memasang iklan lain,memasang link afilisi,posting yang melanggar,menaruh iklan dengan cara yang dilarang TOS adsense dll.Kalau bisa selamanya tidak macam macam,sebab google sangat sensitif sekali terhadap TOS mereka.

Jangan cepat menyerah,dan ingat,,,
Make money online, adsen bukan satu satunya,,,,

Kuncinya bersabar,,,,,
loading...
loading...