Mengatasi Bau mulut

Setelah pada artikel kemarin yaitu cara mengatasi bau badan, sekarang mari kita bahas cara Mengatasi Bau mulut.Keduanya sama sama sebagai keadaan yang wajib dihindari agar tidak menimbulkan krisis percaya diri.

Bau mulut adalah problem yang bisa mengakibatkan dampak sosial yang serius. Lebay banget,, :D
Gimana mau nggak lebay karena akibat bau mulut ini bisa membuat seseorang tersingkir dari pergaulan.Betapapun hebat dan cerdasnya kamu dalam berbicara,akan tetapi jika mulutmu bau maka tidak akan ada yang mau dekat ketika berbicara.Nggak peduli kamu adalah cowok atau cewek yang cakep,jika mulutmu bau dijamin akan sulit untuk mendekati pasangan.

Mengatasi Bau mulutNah untuk itu kenalilah beragam penyebab bau mulut berikut ini,agar kamu bisa menghindarinya sehingga mudah diterima dipergaulan..

Faktor yang paling besar peranannya dalam menghasilkan bau mulut tak sedap adalah makanan.

Berikut beberapa makanan yang bisa menimbulkan bau mulut:

1.Bawang putih dan bawang merah
Bawang putih dan bawang merah ini mengandung senyawa sulfur dan mercaptan yang memiliki bau tidak sedap. Didalam pencernaan, kedua senyawa itu kemudian diserap lalu didistribusikan ke seluruh tubuh termasuk paru-paru.Uapnya yang dihasilkan dari proses senyawa tersebut akan ikut keluar bersama nafas dan memicu bau mulut.

2. Daging
Bumbu-bumbuan yang biasa dipakai untuk memasak daging bisa memicu timbulnya bau mulut, sementara sisa daging yang menyelip pada gigi bisa membusuk dan memicu bau tidak sedap jika tak segera dibersihkan. Agar terhindar akibat bau mulut yang dipicu oleh bumbu-bumbuan, maka tambahkan jeruk nipis dalam masakan dan biasakan untuk gosok gigi setelah makan daging.

3. Susu
Susu dan berbagai produk olahannya termasuk keju dan yoghurt yang berada didalam mulut dapat membentuk senyawa amino. Senyawa amino ini oleh mikroba alami yang terdapat di permukaan lidah diolah menjadi senyawa sulfure, sehingga baunya menjadi tidak sedap.

4. Gula
Minuman bersoda,permen dan kue yang mengandung gula bisa menjadi makanan bagi mikroba alami yang terdapat di mulut. Hasil dari metabolisme para mikroba  adalah senyawa sulfur , yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

5. Telur
Sama seperti  daging merah dan kacang-kacangan, telur mengandung banyak protein yang bisa memicu timbulnya bau mulut. Saat makanan tersebut bereaksi dengan cairan asam di saluran pencernaan, protein akan melepaskan bau tidak sedap dan bisa terbawa kembali ke rongga mulut.

6. Kopi dan alkohol
Alkohol bisa membuat mulut menjadi kering, sementara kopi meningkatkan keasaman rongga mulut. Keduanya merupakan faktor pemicu pertumbuhan bakteri anaerob yang berlebihan sehingga bau mulut tidak sedap.

7. Tembakau
Racun tembakau juga ,emjadi penyebab  rongga mulut jadi lebih kering,sama seperti alkohol.Hal ini akan memicu pertumbuhan dan perkembang biakan bakteri anaerob penyebab bau mulut.
loading...
loading...