Cara mencegah dan mengobati Varises

Cara mencegah dan mengobati Varises- Varises pada  kaki terjadi di seputar betis, dan terlihat berupa urat-urat halus yang menyembul. Varises bukanlah penyakit yang tergolong berbahaya, selain membuat kaki cepat pegal dan membuat tidak percaya diri. Selain itu varises bisa menjadi penyebab tidak lolos seleksi kesehatan, jika ingin mendaftar pada dinas ketentaraan atau kepolisian.

Varises merupakan kelainan pada pelebaran pembuluh darah vena (balik) yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung.
Cara mencegah dan mengobati Varises
Varises sebenarnya bisa dihilangkan, namun prosesnya biasanya yang akan menguji kesabaran.Untuk itu sebaiknya melakukan pencegahan, agar jangan sampai mendapati terjadinya verises pada kaki Anda.Misalnya dengan rajin berolahraga, banyak mengkonsumsi buah dan sayuran serta melakukan beberapa langkah pencegahan terhadap varises.



Faktor penyebab varises : 


  • Berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena yang menyebabkan pembuluh vena melemah dan tak sanggup mengalirkan darah ke jantung sebagaimana mestinya. 
  • Aliran darah dari kaki ke jantung sangat melawan gravitasi bumi, karena itu pembuluh darah harus kuat, begitu juga dengan dinamisasi otot disekitarnya. 
  • Rusaknya katup pembuluh vena, padahal katup atau klep ini bertugas menahan darah yang mengalir ke jantung agar tidak keluar kembali. 
  • Katup yang rusak membuat darah berkumpul di dalam dan menyebabkan gumpalan yang mengganggu aliran darah. 


Cara Alami Menghilangkan Varises Pada Kaki :

Berikut ini hal yang bisa anda lakukan untuk mengobati varises secara alami atau mencegah terjadinya varises.

  • Setelah beraktivitas setiap hari, berbaringlah dengan posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung selama 20 menit.Untuk yang sudah menderita varises, usahakan tidur dengan posisi seperti itu sepanjang malam.Agar darah yang menuju jantung tetap lancar. 
  • Jangan keseringan berdiri terlalu lama. 
  • Olahraga rutin untuk melatih otot kaki, seperti  jalan santai, jalan cepat,joging, bersepeda, berenang (minimal 30 menit per hari). 
  • Penting !! Jangan pernah memijat daerah yang bervarises, karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh vena. 
  • Lakukan pijatan secara ringan namun teratur, di daerah rawan varises dengan arah menuju jantung dengan lembut dan gunakan minyak esensial yang sudah dilarutkan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat tinggi dan makanan yang dapat merangsang sirkulasi darah, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe dan cabai merah. Juga makanan yang kaya dengan vitamin B kompleks, vit C, vit E, vit B6, magnesium, asam folat, kalsium dan zinc. Kurangi konsumsi gula, garam, daging merah, gorengan, dan protein hewani. Sering-sering duduk berselonjor kaki, tungkai dan panggul.