Cara terbaik Mengolah Makanan Kaleng

Makanan kaleng adalah pilihan praktis bagi yang tidak punya waktu banyak untuk belanja dan memasak.Memang praktis, tapi kalau terlalu sering, apalagi kurang tahu cara mengolah makanan kaleng akibatnya akan tidak baik juga bagi kesehatan.Makanan kaleng bisa bertahan berbulan-bulan dengan batasan waktu tertentu yang disebut expired.Yan tentru saja sebagian makanan yang diawetkan tentu mengandung zat kimia pengawet.
Untuk itu Anda bisa menerapkan tips ini, agar bisa meminimalkan resiko/dampak pengawet jika memanfaatkan makanan kalengan.

Berikut Cara terbaik Mengolah Makanan Kaleng:


1. Tentunya pilih kemasan kaleng yang utuh dan bagus, kemudian jangan lupa untuk selalu cek kode expirednya. Hindari makanan kalengan dengan bagian kaleng cacat dalam bentuk apapun. Kaleng yang mengelembung merupakan indikasi pembusukan dan tidak layak dikonsumsi.
2. Setelah kaleng dibuka, namun tidak habis dikonsumsi atau masih bersisa.Pindahkan segera sisa makanan ke dalam wadah bertutup dan simpan di dalam lemari es.
3. Segera buang dan musnahkan makanan kaleng yang sudah busuk, ini untuk mencegah terjadinya orang lain atau binatang mengkonsumsinya
4. Menyimpan makanan kaleng dengan tutup terbuka bisa saja dilakukan, asal disimpan di lemari pendingin selama 1-2 hari.
5. Makanan kalengan hanya dapat dimasak sekali saja, tidak untuk dimasak dan dipanaskan berulangkali karena nutrisinya akan semakin susut.
6. Cairan dalam kaleng juga mengandung nutrisi, jadi jika ingin menambahkan air sebaiknya air matang dan bersih.
7. Untuk buah - buahan kemasan dalam bentuk jus juga memiliki kandungan baik dibanding dengan sirup buah.
8. Untuk mendapatkan rasa yang optimal dan lebih terurai, makanan kalengan bisa ditambahkan dengan bahan sayur dan bumbu segar seperti cabai, tomat atau bumbu segar.
9. Biasakan selalu menambahkan bahan segar seperti sayuran segar saat mengolah makanan kalengan agar nutrisinya lebih lengkap.Selain itu agar kadar pengawet bisa berkurang perbandingannya.Ini jika makanan kalengan memungkinkan untuk itu.
10.Jangan dikonsumsi jika makanan kalengan terlihat berbuih, berjamur atau berubah warna. Karena hal ini menunjukkan makanan sudah tidak layak dikonsumsi.
loading...
loading...