Menurunkan berat badan secara alami

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap orang, namun tidak semua orang bisa memiliki tubuh yang ideal.Banyak faktor yang bisa mempengaruhi berat badan, seperti faktor genetika dan gaya hidup.
Menurunkan berat badan secara alamiBagi yang terlanjur sudah memiliki berat badan berlebih, akan sulit untuk menurunkannya kembali.Untuk itu , tetap menjaga berat badan agar selalu ideal adalah pilihan terbaik.Caranya yaitu tetap menjaga pola makan, asupan gizi, olahraga dsb."Bagaimana cara menurunkan berat badan" adalah pertanyaan sejuta umat.Jawabannya bisa banyak sekali, ada yang menganjurkan cara singkat dan ada pula yang menyarankan menggunakan cara alami.Namun mana yang benar?,,menurunkan berat badan secara alami ataukah secara instan/cepat.
Penawaran terbaik tentu adalah cara alami, karena cara ini lebih sedikit resiko walaupun prosesnya agak lama.Untuk cara cepat, biasanya menggunakan suplemen,obat sampai dengan operasi.Cara cepat atau instan cenderung lebih besar resiko dan kegagalan karena tubuh seolah "dipaksa" untuk berkurang berat badannya.


Pilihan terbaik adalah Cara menurunkan berat badan secara alami, namun sudah siapkah anda dengan kedisiplinan dan konsistensinya?,,,,Jika anda tidak siap dengan itu, sebaiknya kubur saja keinginan untuk turun berat badan secara aman dan signifikan.

Menurunkan berat badan secara alami hanya membutuhkan niat yang besar, kedisiplinan yang didasari motivasi kuat untuk tampil sehat dan cantik.

Berikut beberapa metode/cara Menurunkan berat badan secara alami dan menggunakan cara yang aman:



Mengatur Pola Makan/Diet

Anda harus mengatur pola makan sehat dengan asupan jumlah kalori dan nutrisi yang benar dan tepat, dan bukan mengurangi jumlah makanan yang akan membuat tubuh kita menjadi lemas, berkurangnya kekebalan tubuh dan kehilangan mood.
Diet yang benar untuk menurunkan prosentase lemak tubuh adalah dengan makan makanan sehat 5-6 kali sehari dengan porsi kecil-sedang (stop makan sebelum rasa kenyang tercapai).

Pola diet yang benar justru mengharuskan orang sering makan, yaitu dengan membagi porsi makanan dengan jumlah kalori sekian ribu per hari yang biasa dimakan seharian menjadi 5-6 kali makan. Jika jumlah makanan justru dikurangi, maka tubuh sedikit demi sedikit akan menjadi lemas dan kehilangan daya tahan dan kebugaran. Jadi yang benar itu mengurangi jumlah KALORI makanan, bukan mengurangi JUMLAH/VOLUME makanan. Kita tetap bisa makan sering, tapi ganti menunya terutama yang berasal dari sumber karbohidrat.

Pilih dan konsumsi menu yang sehat, berserat tinggi, mengenyangkan, mempercepat metabolisme tubuh dan sekaligus yang mengurangi lemak tubuh. Perbandingan komposisi makanan yang ideal dan sehat antara protein, karbohidrat dan lemak bagi yang ingin menurunkan kadar lemak tubuh dan menggantinya dengan massa otot yang berkualitas adalah 50% : 40% : 10%. Karbohidrat yang dikonsumsi adalah yg memiliki nilai glikemik 'rendah - sedang' contohnya nasi merah, roti gandum, pasta, oatmeal, ubi; sayur2-an terutama brokoli, wortel, buncis, taoge dan sayur2-an hijau seperti sawi, bayam, kangkung; buah2-an dengan rasa manis sedang dan berserat tinggi seperti apel, belimbing dan pepaya.

Konsumsilah protein tinggi dari misalnya daging yang rendah lemak (lean meat), dada ayam, ikan tuna, salmon, dsb. Jadi sebisa mungkin jangan makan nasi putih. Stop (atau minimal kurangi sebanyak mungkin) gula, gorengan, makanan berlemak jahat (saturated fat) dan makanan2 yang terlalu manis, asin dan gurih. Gunakan gula diet secukupnya apabila memang masih membutuhkan gula. Minumlah susu non fat secara teratur, bukan susu rendah lemak. Kalsium 1 gram per hari dari susu non fat akan membantu mengurangi prosentase lemak anda setelah rutin dikonsumsi selama beberapa bulan.

Sebelum mengganti makanan anda dengan makanan yang sehat, makanlah seperti biasa dan hitunglah berapa kalori yang anda habiskan dalam sehari, kemudian timbanglah badan anda.
Kurangi sekitar 250-500 kalori per hari dan makanlah jenis2 makanan sehat seperti di atas dan variannya. Bagi porsinya menjadi 5-6 kali makan, karena tiap kali anda makan, tubuh akan membakar kalori untuk mencernakan makanan yang anda makan, jadi metabolisme anda akan tetap terjaga dengan baik sepanjang hari.

Anda tetap bisa makan setelah jam 7 malam, namun beri jarak 2 jam sebelum anda tidur. Konsumsilah buah dan sayuran berserat pada 1-2 meal anda sebagai pengganti menu karbohidrat dari makanan pokok, plus minumlah susu non fat.

Timbanglah badan anda pada akhir minggu. Penuruan berat tubuh yang sehat dan direkomendasikan oleh ahli gizi adalah 0,5-1 kg saja per minggu. Lebih dari itu tidak dianjurkan. Jadi idealnya turun sedikit demi sedikit namun sehat. Jika anda melakukan diet dengan benar, menjaga asupan nutrisi dengan tepat dan olahraga teratur, maka penurunan berat badan yang akan terjadi adalah penurunan kadar lemak tubuh anda, di mana pelan tapi pasti tubuh anda akan menjadi semakin ramping dan padat.

Olahraga

Untuk membakar lemak tubuh lakukanlah olahraga kardio seperti low impact aerobic, jogging atau lari di treadmill sekitar 20 menit setelah bangun tidur sebelum makan. Tubuh akan membakar lemak lebih banyak setelah anda bangun tidur dan belum mengkonsumsi apa2 kecuali air putih.
Jika anda mau mengkombinasikannya dengan olahraga beban akan jauh lebih baik dan efektif. Anda bisa melakukan olahraga kardio setelah sesi latihan beban selesai untuk hasil yang paling efektif dalam membakar lemak tubuh.

Intensitas tinggi pada latihan kardio selama 20-25 menit lebih banyak membakar lemak daripada intensitas sedang selama 30-45 menit. Anda juga bisa mengikuti kelas rpm/spinning bike dan body pump 2 kali seminggu @45 menit di tempat fitness/gym. 2 kelas ini adalah kelas olahraga kardio plus kelas latihan beban ringan yang saya nilai paling efektif bagi wanita yang ingin merampingkan tubuhnya. Sifatnya adalah optional, anda bisa melakukan latihan kardio sendiri di rumah plus dengan pola makan tepat dan menu sehat.

Minuman dan suplemen

Minumlah teh hijau 3-4 gelas sehari, terutama sehabis makan untuk membantu proses metabolisme tubuh. Usahakan minum air putih 4 liter per hari, dan lebih baik minum air distilasi/pure water (paling baik adalah air embun, namun harganya mahal) atau air oksigen jika sedang berolahraga untuk mempercepat perbaikan sel tubuh yang rusak dan membantu menghilangkan tumpukan mineral yang tidak berguna di tubuh anda.

Jika ada dana lebih, alokasikan untuk mendapatkan asupan suplemen yang mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid), di mana cara kerjanya adalah menurunkan kadar hormon obesitas yang disebut leptin, memecah sel lemak dan mempercepat metabolisme tubuh.


Fat Burner

Anda juga bisa mencoba kemajuan peralatan kedokteran yang juga berfungsi sebagai fat burner yaitu teknik mesotherapy atau diathermy yang semuanya aman karena bukan operasi, di mana pada prinsipnya teknik ini hanya membantu mematikan sel2 lemak pada bagian2 tubuh yang dikehendaki (umumnya pada perut dan pinggang) dan meningkatkan sirkulasi darah.
Namun jenis/metode fat burner apapun yang dipakai haruslah diimbangi dengan diet yang benar, tepat dan sehat plus olahraga beban dan kardio secara rutin.
Tanpa diet dan olahraga yang rutin maka jenis/metode fat burner apapun juga tidak akan membawa hasil yang baik karena fat/lemak akan kembali menumpuk dengan mudah di tubuh anda. Jadi bagaimanapun aktifitas pembakaran lemak akan lebih signifikan hasilnya apabila anda melakukan olahraga secara teratur daripada hanya berdiet saja.(sumber:http://www.google.co.id/tanya/thread?tid=22a8e286f03da55c)
loading...
loading...