Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Tips agar Tidak tertipu jika belanja online -Belanja online bisa menjadi pilihan jika: Barang lebih murah, Barang langka dipasaran, barang tidak tersedia dikota tinggal atau malas keluar rumah.Selain Belanja Online, kegiatan lain yang biasa dilakukan orang adalah pertukaran uang secara online.

Khususnya membeli barang secara online melalui internet, sampai kinipun banyak yang mengaku telah tertipu.Barang tidak sesuai dengan yang dijanjikan bahkan barang tidak dikirimkan, adalah kasus yang paling sering kita dengar.Kasus tertipu lainnya adalah barang ternyata sudah rusak, dan penjual tidak bisa dihubungi.
Tips Agar Tidak tertipu jika belanja online

Agar Anda lebih nyaman dan terhindar dari penipuan belanja diinternet, berikut beberapa tips yang mungkin perlu diperhatikan:


#Penjual online biasanya merupakan kepanjangan dari toko online yang sebenarnya.Jika toko tersebut satu Kota dengan Anda, sebaiknya minta barang dikirim dan bayar setelah sampai ditempat Anda.Hal ini jika penjual menyediakan seistem layanan COD, jadi perlu dilihat adakah  fasilitas COD yang dinyatakan didalam situsnya.

#Anda wajib curiga jika barang yang ditawarkan jauh dari harga sebenarnya, Belanja Online biasanya berlaku untuk barang- barang yang dikatakan baru(bukan 2nd).Mana mungkin barang pabrikan harganya bisa jauh lebih murah dari harga pasaran, misalnya lebih murah hingga 30% atau lebih.Barang pabrikan misalnya , TV, laptop, handphone, tablet dll.

#Lihat reputasi toko online tersebut dari testimoni banyak orang, biasanya orang yang pernah tertipu diinternet akan curhat juga pada media online seperti forum atau blog.Buka pencarian google, ketikan kata kunci "Toko si A penipu".Jika memang toko tersebut sering menipu, kemungkinan besar anda akan menemukan "sesuatu" dihasil pencarian.Urungkan niat jika menemukan pernyataan negatif mengenai toko tersebut.Bisa jadi juga anda tidak menemukan apa apa, dikarenakan situs masih baru.Penting juga untuk memastikan bahwa situs sudah lama beroperasi.
Jangan hanya percaya kepada testimoni pelanggan yang ditampilkan disitusnya, karena itu bisa saja hasil rekayasa.Cari testimoni diluaran, misalnya diforum-forum, fans page FB dan lain-lain.

#Untuk membeli barang bekas, khususnya elektronik sebaiknya order menggunakan sistem COD.Oleh karena itu usahakan toko yang menjual alat bekas itu satu kota/dekat dengan anda.Kecuali anda kenal dengan salah satu pegawai ditoko tersebut.hal ini agar anda bisa mengecek kondisi barang sendiri secara langsung .


Saat Belanja Online Jangan lupa lihat juga nama domain dari situs yang menjual barang tersebut pada address bar browser.Anda perlu ragu-ragu jika toko online tersebut menggunakan domain gratisan.Situs yang toko online yang profesional tidak akan mau menggunakan domain gratis, dengan alasan kepercayaan dan profesionalitas.
Domain gratis tidak perlu mendaftarkan identitas kepada registerar domain. Jadi mereka merasa aman-aman saja karena sulit dilacak keberadaannya.Jika Anda memang tahu betul reputasi situs jualan dengan domain gratis, mungkin masalah domain ini tak perlu dipermasalahkan.
Domain berbayar itu biasanya tidak menggunakan  subdomain(exp: nama.membuatsitusgratis.com), tetapi menggunakan domain utama(exp: www.tokoonline.com).Domain berbayar disebut dengan Top Level Domain (TLD), seperti .com,.net,.co.id, .biz,.web.id, .asia, dan masih banyak lagi .Untuk mendaftarkan nama domain TLD harus mengisi data pribadi secara lengkap, khusus domain .id harus menyerahkan copy KTP.

#Jangan lupa juga untuk memahami peraturan yang mereka buat pada halaman "Terms Of Service", agar tidak ada masalah dikemudian hari.Kalau perlu anda buat screenshot halaman tersebut.Karena jika ternyata nanti tidak sesuai dengan yang di janjikan dalam pelayanan , anda masih punya bukti untuk ditunjukkan.

Tips Agar Tidak tertipu jika belanja online
#Jika situs toko online menggunakan ekstensi domain co.id atau domain .id lainnya itu lebih baik(Untuk situs Indonesia).Kenapa domain ID?,,, Persyaratan memohon Paling tidak harus menyetorkan copy KTP.Bahkan untuk situs berdomain co.id pemohon harus menyerahkan copy KTP,npwp dan SIUP.Untuk memiliki SIUP paling tidak harus berbadan hukum CV.Kecil kemungkinan situs berkstensi domain ID melakukan penipuan, karena sangat mudah dilacak siapa penanggung jawabnya.

#Berbelanja melalui penjual yang tidak memiliki situs sendiri adalah sangat beresiko.Karena penjual dapat cuci tangan dengan mudah setelah menipu pembelinya.Untuk itu jika anda berbelanja melalui situs pihak ketiga sebaiknya memahami betul peraturan yang dibuat oleh sipemilik/admin situs.Selain itu demi keamanan anda, carilah info mengenai reputasi sipenjualnya.Cara lain untuk mengurangi resiko ini adalah datang langsung kerumah sipenjual barang, tentunya sipenjual harus berdekatan lokasinya dengan anda.

Toko Online yang aman apabila semua barang yang dijual adalah barang yang disediakan sendiri oleh pengelola, bukan dari pihak ketiga.