6 Perempuan yang berkuasa


Generasi terselubung - Berikut adalah politisi perempuan yang kini tengah memegang puncak pimpinan tertinggi di negara mereka masing-masing.

1. Park Geun-hye [Korea Selatan]:


Perempuan berusia 61 tahun ini baru dilantik pada 25 Februari 2013 dan menjadi presiden ke-11 Korea Selatan.

2. Angela Merkel [Jerman]:


Perdana Menteri Jerman sejak 22 November 2005 dan menjadi perempuan pertama yang menjabat posisi tersebut.

3.Helle Thorning-Schmidt [Denmark]:


Thorning-Schmidt menjabat Perdana Menteri Denmark sejak 3 Oktober 2011 dan pemimpin Sosial Demokrat sejak 12 April 2005. Dia adalah perempuan pertama yang menjabat kedua posisi tersebut.

4. Yingluck Shinawatra [Thailand]:


Yingluck, 44, menjabat Perdana Menteri Thailand pada 5 Agustus 2011. Dia bukan hanya perdana menteri perempuan pertama Thailand, tapi juga yang termuda dalam 60 tahun.

5. Ellen Johnson Sirleaf [Liberia]:


Sirleaf, adalah Presiden Liberia sejak 16 Januari 2006, mendapat Nobel Perdamaian pada 2011 bersama dengan Leymah Gbowee dari Liberia dan Tawakel Karman dari Yemen karena perjuangan tanpa kekerasan mereka dalam memastikan keselamatan perempuan dan menjaga hak perempuan dalam berpartisipasi membangun perdamaian. Sirleaf adalah kepala negara perempuan pertama yang terpilih di Afrika.

6. Johanna Sigurdardottir [Eslandia]:


Sigurdardottir menjadi perempuan pertama yang menjabat perdana menteri di Eslandia sejak 1 Februari 2009. Ia juga kepala pemerintahan pertama yang terbuka akan orientasi seksualnya sebagai seorang lesbian.

loading...
loading...