Cara agar Blog nangkring di top halaman pencarian google

Siapa tahu cara algoritma google menentukan dasar sebuah situs prioritas untuk ditempatkan pada halaman pertama pencarian?..Mungkin tidak ada yang tahu pasti, kecuali sipembuat algoritma itu sendiri.
Dari banyak share pengalaman optimasi SEO bisa kamu dicoba, dan hasilnya berupa pengalaman yang akan membuktikan teori-teori tersebut.
Cara agar Blog nangkring di top halaman pencarian google

Berikut rangkuman cara-cara agar halaman-halaman blog lebih cepat melesat dihalaman awal mesin pencari google:


Struktur HTML

Struktur dalam HTML itu bagaimana sih?,,
contoh: <span class="fn">Nama penulis</span>, atau <abbr class='updated published' expr:title='timestampISO8601' itemprop='datePublished'>Post timestamp</abbr>.
Halaman yang memiliki struktur yang baik juga memiliki 1 tag <h1>, 2 atau lebih tag <h2> dst.

Tag-tag seperti diatas hanya dilihat/dibaca oleh bot mesin pencari.Walaupun tidak menggunakan tag berstruktur dengan baik, masih akan tetap mudah dibaca oleh manusia(gak ngaruh dimata manusia).

Saya nggak mengatakan menjamin bahwa halaman yang berstruktur dengan baik itu paling diutamakan.Tapi alangkah baiknya diterapkan pada blog kamu, apapun platformnya.

Kesehatan Situs

Jangan lupa untuk mendaftarkan situs pada webmaster tool google.Tool tersebut memang diberikan oleh google, jika kamu ingin situs lebih baik pada search engine google.Pastikan situs benar-benar sehat  pada webmaster tool.Akan ada peringatan jika situs kamu ada masalah, yang bisa dilihat sekaligus diatasi dengan webmaster tool google.Masalah yang umum adalah error 404, duplicat judul/deskripsi atau adanya malmware pada situs kamu.

Submit Sitemap

Kirim sitemap.xml pada webmaster tool, untuk memberitahu semua konten yang ada pada situs blog kamu.kalau pada blogger sudah dibuatkan khusus halaman sietmap, yaitu exp: http://blogkamu.blogspot.com/sitemap.xml.Kalau perlu Buat juga halaman daftar isi pada blog, daftar isi merupakan sitemap yang ditujukan bagi visitor manusia.

Wordpress lebih cepat?

Salah persepsi jika mengatakan blog dengan wordpress (self host) lebih bagus seonya.Platform apapun jika perlakuannya tidak sesuai juga sama saja.
Mungkin karena wordpress itu lebih mudah dalam melakukan optimasi onpage.Kemudahan kemudahan itu terletak pada plugin-plugin SEO, dimana sebagian plugin berguna untuk membantu mengatasi problem webmaster tool dengan mudah.Kelebihan wordpress lainnya adalah mudah untuk bloger (non programer), opensource dan menggunakan PHP sendiri sehingga bebas berbuat apa saja.
WP bagus dengan catatan bahwa server hosting blog WP kamu memang benar-benar tangguh, bebas lelet dan downtime.

Posting

Postingan adalah urat nadi blog, postingan semakin banyak, pengunjung juga semakin banyak.Karena katakunci dari blog kamu juga akan semakin banyak.Namun
Blog yang berpostingan lebih banyak belum tentu juga lebih banyak mendapatkan pengunjung.Untuk itulah mengapa kita harus mengoptimasi juga setiap postingan yang ada.Sudah jelas pemilik algoritma sudah meyatakan bahwa blog SPAM bisa akan diketemukan.Atau duplikat content bisa dideteksi, dan lainnya.Agar jangan terdeteksi seperti diatas, alangkah baiknya postingan tidak menyerupai persis posting pada blog lain.Sehari cukup 1 atau 3 artikel saja updatenya, asalkan rutin.Masih sangat jauh jauh lebih bagus blog yang posting sehari hanya 1-2 artikel saja, daripada 20 artikel perhari tetapi pakai jurus CTRL+C dan CTRL+V.Tips posting: Judul pakai H1 , memakai sub judul dalam setiap postingan( H2 ), perbanyak paragraf dengan menambahkan beberapa minor heading (H3).

BackLink

Backlink sepertinya masih berpengaruh hingga saat ini.Carilah backlink untuk setiap posting , namun jangan berlebihan (ratusan BL perhari/perposting).2 BL pada sosial bokmark, 2 backlink dari komentar dan 2 backlink dari jejaring sosial sudah cukup.
Jangan lupa cari backlink untuk halaman index, sebaiknya yang dofollow dan blog ber PR.Blog baru tanpa melakukan backlinking, akan sangat lama untuk menempati urutan awal.

Update

Menurut banyak bloger, blog yang sudah jarang update akan turun kembali alexa rankya.Hal ini berarti urutan blog pada pencarianlah yang lebih duluan turun, karena alexa menilai itu dari tingkat kunjungan /trafik.Urutan halaman pencari turun=pengunjug turun.Sering update=pengunjung terus bertambah, jarang update=pegunjung turun.

Umur blog

Sudah pastilah, jika umur blog sangat mempengaruhi urutan blog ditop google.Namun bukan berarti setiap blog yang berumur pasti urutannya bagus, namun kembali lagi kepada cara bagaimana kita memperlakukannya.

Bookmark blog di DMOZ

DMOZ adalah social bookmark yang dikerjakan oleh banyak sukwan.Dan banyak pendapat yang mengatakan bahwa DMOZ adalah rujukan yang dipakai oleh search engine, termasuk google.Namun agar blog add di DMOZ, adalah blog yang unik, bermanfaat , no sara dan no parno.Sebelum blog di add di DMOZ, review dilakukan oleh manusia/sukarelawan DMOZ yang ahli dibidang perblogingan.Tercatat di DMOZ berarti diprioritaskan dihalaman awal mesin pencari?,,,sepertinya IYA.

PAGERANK

Pagerank juga mempengaruhi posisi SERP, semakin tinggi PR tentu semakin baik.PR itu milik google dan merupakan penghargaan, jadi tentu ada alasannya.Hanya saja saya belum tahu cara mendapat PR tinggi.Yang penting jalanin saja aktifitas ngeblog seperti pada sebagian poin poin diatas.

Template yang ringan

Buatlah template seringan mungkin, buang script atau widget yang mempengaruhi loading speed jika tidak terlalu berguna.Sebagai pertimbangan, bahwa pengunjung tidak mencari blog dengan template yang spektakuler, namun hanya mencari pemecahan masalah mereka.Cara BOT atau spider mesin pencari menelusri halaman situs sama seperti browser, merasakan ringan ataupu berat dari halaman situs.Bisa jadi karena dia merasa capek saat meload page blog kamu yang berat, maka dia tak akan merekomendasikan page tersebut kepada para pengunjung mesin pencarinya.Mau Free blogspot template? Klik disini

Nggak banyak dan nggak sulit syaratnya, pelaksanaannya pun mudah.Yang sulit itu kosistensinya.Happy Blogging!