Cara Memilih Durian

Cara Memilih Durian yang baik itu memang gampang-gampang sulit.Terkadang pedagang yang nakal bisa saja merekayasa durian mentah seolah kelihatan sudah matang.Sehingga anda merasa tertipu, karena ternyata buah durian masih putih dan tidak bisa dimakan.Namun pada ciri ciri tertentu pada durian matang itu tidak bisa dicurangi.

Berikut tips cara memilih durian yang baik



    Cara Memilih Durian
  1. Lihat bentuknya, usahakan memilih buah durian yang bentuknya normal.Tidak ada bagian sisi yang berkerut, atau terlihat tidak simetris.
  2. Pilih buah durian yang masih utuh, atau tidak ada retakan besar/terbuka terutama pada bagian bawah.Karena dikhawatirkan kondisi buah yang ada didalamnya sudah tidak baik.
  3. Pilih durian yang tangkainya gendut dan pendek, karena ini adalah pertanda durian yang dagingnya tebal.Kemudian lihat potongan pada ujung tangkai, durian yang jatuhan tangkainya tidak dipotong.Tanda tangkai yang terputus secara alami erlihat seperti bergerigi, tidak rata seperti kena potong.
  4. Bau durian yang paling kuat adalah pada bagian lekukannya, jika baunya semakin kuat pada lekukan berarti durian memang sudah matang.
  5. Lihat durinya, jika terlihat jarang-jarang dan padat, durian tersebut isi buanya padat dan tebal.Jika durinya terlihat rapat dan kurus-kurus, dagingnya pasti tidak padat/lembek.
  6. Ketuk-ketuk durian, durian yang sudah masak akan mengeluarkan bunyi seperti benda yang berongga tengahnya.Lakukan dengan hati-hati, gunakan jari untuk mengetuk-ngetuk pada bagian pinggir durinya.Atau bisa juga dengan cara menggoyang-goyang buah durian.Buah durian yang masak bener akan terdengar/terasa ada sesuatu didalamnya yang membentur-bentur.