Lagu Bohemian Rhapsody yang misterius

Pernah dengarkah kamu lagunya Queen yang berjudul Bohemian Rhapsody??,, lagu ini menurut saya cukup fantastis, fenomenal dan luar biasa,,,,
Bagi seorang pemain musik, pasti akan merasa adanya kejanggalan dari lagu Queen ini.Nadanya yang lembut dan terdengar sedih, lalu sontak berubah menjadi lagu yang bernada rock.Saya sendiri yang pernah memainkan musik sebagai hobi, merasa aneh dan agak sulit memahami ketika dihadapkan pada lagu ini.Jujur bagi saya yang musisi amatiran, Lagu Bohemian Rhapsody terasa memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi.Freddy mercury sang pencipta lagu ini memang dikenal cenderung menciptakan aransemen lagu yang menggunakan komposisi chord yang aneh dan rumit.

Bukan hanya pada komposisi musiknya yang aneh, justru pada syair lah yang paling terlihat keanehannya.Sejalan dengan sang pencipta yang juga terkesan aneh dan misterius.
Lagu Bohemian Rhapsody yang misterius


Sejarah Bohemian Rhapsody

Lagu Bohemian Rhapsody di tulis  Freddie Mercury (Vokalis) pada tahun 1975 dalam albumnya A Night At The Opera. Di tulis di rumahnya yang berada di Holland Road, Kensington, London barat. Sang Produser, Roy Thomas Baker menceritakan tentang pembukaan lagu dengan gaya Ballad ini, dia berkata "Dia memainkan permulaan lagunya dengan piano, lalu berhenti dan berkata ' Inilah saat bagian opera muncul'

Gitaris Brian May mengatakan bahwa lagu ini sangat menarik dan asli. Menurut May, lagu ini sudah ada dalam pikiran Freddie. Seorang Pemusik, Sheyla Whiteley, mengatakan "Judul akan menarik ideologi musik rock kontemporer, dengan individualisme dan pemusik Bohemian (sebuah gaya hidup yang tidak biasa, biasanya orang yang suka berpikir, termasuk lagu dan artistik.).

Rekaman mulai di Rockfield Studio 1 dekat Monmouth pada tanggal 24 Agustus 1975, setelah latihan 3 minggu di Herefordshire. Setelah beberapa saat, setelah di rilis, lagu iu menjadi sangat terkenal. Inilah lagu yang bisa dibilang Menggambarkan Ritual Bohemian Grove

Syair lagu Bohemian Rhapsody

Is this the real life?
Is this just fantasy?
Caught in a landslide
No escape from reality
Open your eyes
Look up to the skies and see
I'm just a poor boy (Poor boy)
I need no sympathy
Because I'm easy come, easy go
Little high, little low
Any way the wind blows
Doesn't really matter to me, to me

Mama just killed a man
Put a gun against his head
Pulled my trigger, now he's dead
Mama, life has just begun
But now I've gone and thrown it all away
Mama, ooh
Didn't mean to make you cry
If I'm not back again this time tomorrow
Carry on, carry on as if nothing really matters

Too late, my time has come
Sends shivers down my spine
Body's aching all the time
Goodbye, everybody
I've got to go
Gotta leave you all behind and face the truth
Mama, oooooooh (Anyway the wind blows)
I don't want to die
Sometimes wish I'd never been born at all

[Guitar Solo]

I see a little silhouetto of a man
Scaramouch, Scaramouch, will you do the Fandango
Thunderbolt and lightning, very, very frightening me
(Galileo) Galileo (Galileo) Galileo, Galileo Figaro
Magnifico-o-o-o-o
I'm just a poor boy nobody loves me
He's just a poor boy from a poor family
Spare him his life from this monstrosity

Easy come, easy go, will you let me go?
Bismillah! No, we will not let you go
Let him go
Bismillah! We will not let you go
Let him go
Bismillah! We will not let you go
Let me go (Will not let you go)
Let me go (Will not let you go) (Never, never, never, never)
Let me go, o, o, o, o
No, no, no, no, no, no, no
(Oh mama mia, mama mia) Mama Mia, let me go
Beelzebub has the devil put aside for me, for me, for me!

So you think you can stone me and spit in my eye
So you think you can love me and leave me to die
Oh, baby, can't do this to me, baby
Just gotta get out, just gotta get right outta here

[Guitar Solo]
(Oooh yeah, Oooh yeah)

Nothing really matters
Anyone can see
Nothing really matters
Nothing really matters to me

Any way the wind blows...

***************************
Derikut detail kemisteriusan lagu Bohemian Rhapsody, menurut sebuah thread pada http://forum.viva.co.id/misteri/772858-misteri-dibalik-lagu-queen-bohemian-rhapsody.html

Struktur
Lagu ini menyimpan berbagai unsur musik sehingga terasa aneh isinya.Komposisi lagunya bisa dibilang aneh, karena terdiri dari Intro, Ballad, Gitar solo, Opera, Hard Rock, dan Outro. Sedangkan, lagu ini juga tidak memiliki Chorus yang biasanya ada dalam setiap lagu.

Nada
Jika dilihat dari nada lagu, dengan perubahan dari intro dan ballad yang merupakan lagu bertema kesedihan berubah menjadi gitar solo yang sedikit berubah drastis, dan pindah ke opera, nah disinilah, awal dari lagu yang menggambarkan kesedihan berubah jadi bernada rock. Pada saat quatro nada lagu kembali merendah. Jika digambarkan maka akan menjadi lagu sedih yang berubah menjadi lagu kesenangan dalam sekejap saja, yang dimulai saat kata "I see a silhouetto of a man" maka mulailah nada lagu ini berubah drastis.

Lirik
Pada bagian lirik inilah yang paling terasa sangat misterius, tidak terlihat seperti pada kebanyakan lagu lainnya.
Jika kita lihat dari awal lagu, maka dari kata-kata "open your eyes, look up to the skies and see" ini bisa dibilang adalah kesadaran dalam menyadari konspirasi dalam dunia ini. lalu kata "i'm just a poor boy" nah, karena dari open your eyes sampai poor boy menyambung, maka bisa dibilang lirik lagu ini sangatlah aneh dan berbeda.

kan aneh jika dari membuka mata tiba-tiba saya adalah anak yang miskin. Lalu, di lirik yang "I see a silhouetto of a man" kenapa harus silhuetto?? padahal kata dasarnya adalah silhoutte, tapi cukup bisa di maklumi karena jika memakai silhoutte akan tidak enak nadanya, tapi yang berikutnya dalam kata "scaramouch, scara mouch will you do the fandango"

Pada lirik bagian ini, kata-kata scaramouch berdasarkan kata scaramaucci atau scaramouche yang berarti pemusik yang seperi badut memakai topeng, dan Fandango berarti sebuah tarian bangsa spanyol dan portugis.

Timbullah pertanyaan "Kenapa mereka memakai nama spanyol padahal mereka kan Band Inggris?" itulah pertanyaan saya.

Berikutnya adalah kesinambungan dai lagu yang berlirik "Thunderbolt and lightning very. very frightening me" nah karena nada ini menyambung pada fandango, maka cukup aneh pada bagian dansa tiba-tiba terjadi sesuatu yang menakutkan.

Tiba-tiba pada lirik berikut muncul kata "Galileo, galileo, galileo figaro, magnificoo.oo.o." Ini juga tidak nyambung dengak ketakutan pada kata sebelumnya. Lalu kenapa harus Galileo? inilah yang membuat saya cukup bingung. Lagipula arti dari kata Figaro dan Magnifico masih misterius, setahu saya, Figaro adalah nama lagu yang dimainkan "Brotherhood of man" dan Magnifico adalah seorang penyanyi asal Slovenia.

Lirik misterius berikut adalah bagian "Bismillah" yang sangat misterius, apakah pada alur cerita dia sdang memohon? lalu ada kata " mamamiamamamia mama mia let me go" ini bisa jadi adalah anak dalam cerita lagu sedang biacara pada ibunya. Dan dijadikan kata mamamia agar cocok dengan nada lagu.

Nah, kata berikutnya yaitu "Beelzebub" nama dari tujuh pangeran/ putri iblis neraka.Misterius????,  How about you?,,