5 Film propaganda pasukan elite dunia


Generasi terselubung - Kita sering kali dibikin decak kagum dengan kemampuan pasukan elite dalam dunia militer. Manusia pilihan dan super ini mempunyai kemampuan di atas rata-rata pasukan militer lainnya.

Kehebatan pasukan-pasukan elite ini bisa dilihat saat mereka melakukan latihan perang. Dengan cepat, mereka mampu menaklukkan musuh.


Namun, kemampuan top mereka tidak bakal dikenal masyarakat luas jika tidak dikampanyekan lewat media. Media yang sering dijadikan propaganda adalah film.

Ya, beberapa negara kerap menampilkan pasukan elitenya dalam film. Tengok saja pasukan elite Amerika Serikat. Pasukan elite Paman Sam itu sering tampil tanpa cela.

Mengikuti jejak Amerika, beberapa film pasukan elite dari negara lainnya mulai mengikuti. Berikut 5 film propaganda militer dari pasukan elite.


1. Film Act of Valor

Film ini boleh dibilang digarap cukup serius. Film ini dibintangi oleh US Navy Seals asli untuk memerankan pasukan elite angkatan laut Amerika tersebut.

Tidak hanya pemainnya, film ini juga didukung oleh peralatan militer US Navy Seals asli yang kerap digunakan mereka bertempur. Salah satu aktor terkenal dalam film ini adalah Alex Veadov.

Dalam film itu, bagaimana pasukan elite dunia itu menunjukkan ketangkasannya dalam memburu teroris. Cepat dan pintar saat mereka diterjunkan dalam menangkap teroris.

Act of valor adalah film perang Amerika yang keluar pada 24 Februari 2012. Film garapan Scoot Waugh ini berhasil menyabet nominasi Best Original Song di penghargaan Golden Globe Awards.

US Navy Seals ini adalah satuan militer yang dikenal punya kemampuan sempurna dalam operasi di dalam air dan mengatasi tindak terorisme, pengintaian, menyelamatkan sandera hingga lihai dalam perang terbuka.


2. Serial TV Spetsnaz

Spetsnaz adalah pasukan khusus Rusia. Pasukan elite ini mempunyai sepak terjang hebat. Bahkan, pasukan ini pernah melatih pasukan khusus di belahan dunia seperti di Suriha, Angola, Kuba, Ethiopia dan Vietnam.

Spetsnaz juga mempunyai tugas seperti pasukan elite lainnya, mengintai dan melakukan operasi khusus. Tugas utamanya adalah melakukan infiltrasi ke wilayah musuh terutama saat terjadinya perang. Saat sampai tujuan, pasukan itu langsung menghancurkan markas musuh.

Pasukan ini juga mempunyai tugas melakukan pembunuhan secara rahasia tanpa jejak terhadap pemimpin pemerintah dan perwira tinggi militer. Saat ini, pasukan Spetnaz sering dtugaskan melawan teroris.

Aksinya ini juga sering ditampilkan dalam serial televisi dan film. Seperti film yang dirilis sejak tahun 2002.

Film ini menceritakan operasi militer 4 orang anggota Spetsnaz di 4 tempat konflik. Yaitu Chechnya, Afghanistan, Degestan dan Kosovo. Digambarkan keempatnya melakukan banyak aksi keren seperti menembak jatuh pesawat di Checnya dan menyelamatkan


3. The Delta Force

Sepak terjang pasukan elite Amerika Serikat ini juga pernah diangkat ke layar lebar. Filmnya diberi judul The Delta Force.

Pasukan ini dikenal sebagai pasukan perang pertama di dunia yang terlebih dulu dikenal sebagai Detachment-Delta. Anggota Delta Force mencapai 800 hingga 1.000 orang.

Dalam film, artis senior Amerika, Chuck Norris mendapat kehormatan menjadi anggota jagoan di Delta Force. Namun keanggotaannya hanya dalam film The Delta Force. Film diangkat dari kisah nyata operasi-operasi militer Delta Force pada tahun 1980-an.

Mengulang suksesnya, Norris kembali membintangi sekuel film The Delta Force 2 dan 3 pada tahun 90-an dengan produksi dari Israel.


4. Film propaganda militer Korea Utara


Dari ratusan film yang diproduksi Korea Utara hampir separuhnya adalah film-film bernuansa unjuk kekuatan dan militer. Salah satunya film berjudul The Respected Comrade Supreme Commander Is Our Destiny.

Film yang diproduksi pada tahun 2008 ini adalah salah satu bentuk dukungan terhadap kepemimpinan Kim Jeong Un. Stasiun TV utama Korea Utara atau Korean Central Television yang menayangkan film ini bahkan ikut berpropaganda dengan kata-kata provokatif.

Seperti tentara Korea Utara akan menjadi lawan utama dalam menghadapi para imperalis seperti Amerika.


5. The Green Berets

Sebagai pasukan khusus baret hijau atau tentara khusus Amerika diharuskan menguasai berbagai macam keahlian. Tugas utama mereka adalah untuk memberantas terorisme dan ketidakstabilan keamanan.

Amerika tidak membuat satu dua film untuk menunjukkan kehebatan pasukannya. Dari puluhan Film tersebut salah satu yang menuang kesuksesan adalah The Green Berets.

Meski sudah amat lama dibuat yaitu sekitar tahun 1968, tapi film ini tak lekang dalam hati penikmat film perang. Cerita yang dilatarbelakangi oleh buku salah satu prajurit bernama Robin Moore bercerita perang Amerika dengan Vietnam. Untuk mendukung jalannya film ini, si pemain, John Wayne meminta izin ke Pentagon dan Presiden Johnson untuk memfasilitasi dengan alat-alat perang amerika.





loading...
loading...