5 Merek Indonesia yang laris di dunia


Generasi terselubung - Lembaga survei Kantar Worldpanel Indonesia melansir data produk konsumsi (fast moving consumer goods) paling laris di Tanah Air sepanjang 2012. Penelitian ini berlangsung serentak dengan program serupa di 31 negara lain.


Merek produk apa sajakah itu?

1. Roma

Biskuit Roma menjadi salah satu merek lokal yang bisa bersaing dengan merek global dalam hal penjualan. Salah satu produk tertua buatan PT Mayora Indonesia ini berhasil meraup 997 juta CRP, masuk 10 besar produk konsumsi paling laris se-Indonesia.

Merek biskuit yang dikembangkan sejak 1977 ini hanya dijual di Indonesia. Dengan fokus pada pasar domestik, Mayora berhasil menjadi produsen biskuit terbesar se-Asia Tenggara.

2. Daia

Wings Corporation merupakan salah satu perusahaan paling moncer dalam daftar survei Kantar Indonesia. Banyak produknya yang masuk kategori paling laris di Tanah Air.

Selain Sedaap yang memuncaki daftar 10 besar, perusahaan ini masih memiliki banyak barang konsumsi lain. Salah satunya adalah produk deterjen Daia.

3. So Klin

Deterjen So Klin sukses meraup 600 juta CRP. Penetrasi pasarnya mencapai 88 persen, dengan pembelian diproyeksikan 18 kali per bulan per keluarga.

Sabun cuci ini merupakan salah satu produk awal buatan Wings Corporation asal Surabaya 60 tahun lalu. Bahkan bisa dibilang, berkat deterjen So Klin, Wing bisa merambah usaha lain, termasuk makanan dan minuman.

4. Energen

Minuman sereal ini berhasil dinobatkan Kantar Indonesia sebagai salah satu raksasa lokal yang mendunia. Merek yang hanya ada di Indonesia ini diproduksi PT Kakao Mas Gemilang di Jakarta.

Merek ini mulai dipasarkan pada pertengahan 1990-an. Kini, penetrasi pasarnya mencapai 85 persen. Penjualan per keluarga per bulan dari survei Kantar diperkirakan 15 kali per bulan.

5. Sasa

Bumbu penyedap rasa Sasa menjadi merek lokal yang diprediksi Kantar bisa menantang merek lain di kancah global. Ekspansi produk buatan pabrik di Sidoarjo, Jawa Timur ini bisa menandingi raksasa global seperti Ajinomoto dari Jepang.
loading...
loading...