6 Hal Penting Soal Bulan Ramadhan

6 Hal Penting Soal Bulan Ramadhan


6 Hal Penting Soal Bulan Ramadhan - Bulan ramadhan adalah bulan di mana umat muslim sedunia berkesempatan menjalankan salah satu dari lima Rukun Islam, yaitu berpantang dan puasa. Ibadah yang wajib dilaksanakan selain berpuasa, juga salat tarawih.
Semua tentu sudah tahu jika bulan itu disebut bulan Ramadan. Anda pun juga sudah tahu seluk-beluk tentang bulan tersebut. Jika ada yang memang belum tahu, postingan berikut mungkin bisa sedikit membantu.

1. Bulan Turunnya Alquran

Bulan Turunnya Alquran
Bulan Ramadan dipercaya sebagai bulan di mana ayat-ayat pertama Alquran diturunkan pada nabi Muhammad. Saat tersebut dipercaya jatuh pada hari ke-17 di bulan penuh hikmah ini.
Zikir setelah selesai membaca Alquran juga seharusnya dilakukan di sepanjang bulan Ramadan.

2. Tak Boleh Makan dan Minum

Tak Boleh Makan dan Minum
Di bulan Ramadan ini, hal yang paling utama adalah puasa. Makan dan minum dilarang, dari matahari terbit hingga terbenam lagi. Puasa, dalam bahasa Arab disebut shaum, yang artinya adalah menahan diri.
Puasa sebenarnya mengajarkan disiplin diri, kesabaran dan meningkatkan spiritualitas mereka yang menunaikannya. Bukan hanya tidak makan dan minum, orang-orang juga dianjurkan untuk menahan diri dari semua jenis dosa.

3. Berbuka Puasa

Berbuka Puasa
Berbuka puasa atau juga disebut iftar, secara tradisional dilakukan dengan makan sesuatu yang segar. Hal ini seperti sesuatu yang turun temurun dilakukan.
Di zamannya, Nabi Muhammad dipercaya berbuka puasa dengan buah-buahan yang tumbuh di Timur Tengah. Jika tidak menemukan buah segar, air merupakan alternatif yang baik.

4. Berkumpulnya Keluarga

Berkumpulnya Keluarga
Jika di hari-hari dalam bulan biasa, orang-orang jarang bisa berkumpul dengan keluarga, kali ini beda. Bulan Ramadan bisa mempererat hubungan dengan keluarga saat semua berkumpul di meja makan.
Kesibukan semua orang bakal dihentikan sesaat, waktu mereka berkumpul untuk makan bersama setelah puasa seharian. Biasanya, makanan disiapkan dalam jumlah yang banyak untuk buka puasa.

5. Idul Fitri

Idul Fitri
Ini adalah penghujung bulan ramadhan yang penuh ibadah dan ampunan. Idul Fitri merupakan hari untuk merayakan datangnya bulan baru hari setelah Ramadan berakhir, juga merupakan hari kemenangan setelah sebulan berpuasa.
Perayaan Idul Fitri dimulai dengan Salat Idul Fitri, dan berkunjung pada keluarga serta teman dekat. Rumah dihias meriah, dan hadiah berupa pakaian atau uang yang dibagikan untuk anak-anak kecil.

6. Lailatul Qodar

Lailatul Qodar
Lailatul Qodar yang dianggap sebagai malam kemuliaan, sering disebut sebagai malam seribu bulan.
Lailatul Qodar biasanya jatuh dalam 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Dalam 10 hari tersebut, orang-orang biasanya berkumpul di masjid dan membaca Alquran hingga matahari terbit.
Semoga ulasan 6 Hal Penting Soal Bulan Ramadhan ini bermanfaat bagi para pembaca. Di bulan Ramadan ini, zona-1000.blogspot.com mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Semoga lancar dalam menjalankan segala ibadah di bulan ini, terutama puasa.

Sumber : Kapanlagi.com