7 Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

7 Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata



7 Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata - Tidak semua cerita horor yang menyeramkan dalam film horor Hollywood datang hanya dari buah pemikiran sineas (baik penulis maupun sutradaranya). Beberapa film horor yang diakui paling mengerikan dalam sejarah perfilman Hollywood justru datang dari kisah nyata.
Bukankah hal tersebut justru makin mengerikan? Karena ternyata Film horor yang membuat penonton tak bisa tidur tersebut ternyata benar-benar ada di sekitar penonton.
Bersamaan dengan pemutaran THE CONJURING yang juga terinspirasi dari kisah nyata, inilah 7 Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata ;


1. PSYCHO (1960)
Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata 

 
Karya klasik Alfred Hitchcock masih terasa kengeriannya hingga ini. Film horor PSYCHO, salah satunya, terinspirasi dari sosok Ed Gein, pria Wisconsin yang membunuh dua orang wanita dan telah mengubur banyak korban lainnya di tahun 1950-an. Obsesinya untuk membunuh diketahui ternyata disebabkan oleh sang ibu. Dari pria inilah lahir tokoh Norman Bates yang ada dalam film.
Salah satu penggambaran pembunuhan yang keji dalam film terletak pada adegan showernya yang melegenda. Hitchcock mengerjakannya dengan sangat baik.

2. THE EXORCIST (1973)

Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Beberapa elemen supranatural dalam film horor ini memang terlalu mengerikan untuk bisa ada di dunia nyata. Akan tetapi nyatanya kisah dalam film ini benar-benar terjadi di dunia nyata dan telah dibukukan sebelumnya. Materi yang ada baik dalam buku maupun film berasal dari rentetan kejadian aneh dan juga pengusiran setan dari tubuh seorang bocah berumur 13 tahun di Maryland, sekitar tahun 1940-1950an. 
Tidak ada keterangan memang apakah bocah tersebut benar-benar berbicara seperti iblis, berjalan kayang seperti laba-laba, menyemburkan muntahan di muka pendeta seperti dalam filmnya. Yang pasti, pengusiran setan sudah pernah terjadi.

3. TEXAS CHAINSAW MASSACRE (1974)
Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Jangan takut! Pembunuh bersenjata gergaji mesin, “Leatherface” dan juga keluarga gilanya tak pernah ada dalam kehidupan nyata. Akan tetapi konsep seorang pembunuh yang mengenakan kulit korbannya sudah pernah terjadi di kehidupan nyata. Pria bernama Ed Gein diketahui mengenakan topeng dan pakaian yang terbuat dari kulit manusia. Sedangkan peralatan rumah yang dimilikinya semua terbuat dari tulang dan gigi jenazah. 
Pria mengerikan ini tidak membunuhi manusia, ia hanya mencuri mayat dari tempat pemakaman. Ewh, tetap saja mengerikan bukan?

4. THE HILL HAVE EYES (1977)
Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

THE HILL HAVE EYES bercerita tentang sebuah keluarga kanibal yang haus darah dan meneror orang-orang yang tersesat di padang gurun. Pondasi kisah dari film horor klasik karya Wes Craven ini ternyata didasarkan pada legenda Sawney Bean, yang diduga memimpin klan kanibal di perbukitan Skotlandia. Mereka pun diduga sebagai pelaku hilangnya seribu lebih orang di abad ke-15.
Kisah tersebut memang dianggap sebagai sebuah mitos yang diragukan kebenarannya. Akan tetapi beberapa bukti mengarah pada keberadaan klan kanibal ini.

5. THE AMITYVILLE HORROR (1979)
Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Puluhan tahun telah terlewati sejak kisah mengerikan Amityville Horror jadi perdebatan banyak pakar. Kisah film horor ini bahkan pernah diangkap sebuah kebohongan belaka. Akan tetapi keluarga Lutz yang pernah menempati rumah tersebut hingga saat ini bersumpah bahwa mereka diganggu oleh hantu dan mayat berjalan serta penampakan setan di rumah tersebut. Oleh karenanya mereka langsung keluar dari tempat tersebut setelah hanya beberapa bulan tinggal di sana.

6. THE ENTITY (1981)
Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Yang membuat film horor ini makin mengerikan adalah bahwa kejadian mengerikan yang dialami tak meninggalkan bukti. Di tahun 1974, seorang wanita di Amerika Serikat mengaku diserang beberapa kali dan bahkan diperkosa oleh setan. Peristiwa tersebut mengundang ketertarikan beberapa penyidik paranormal untuk meneliti rumahnya. 
Dua dari tim penyidik tersebut mengaku menyaksikan aktivitas paranormal seperti kilatan cahaya dan benda bergerak sendiri di dalam rimah tersebut. Cerita dari mulut ke mulut ini yang mendasari pembuatan film THE ENTITY.



7. THE SERPENT AND THE RAINBOW (1988)
Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film horor ini didasarkan pada sebuah buku yang di dalamnya menjabarkan betapa mengerikannya praktek voodoo di Haiti. Dalam salah satu pengakuan korban, ia pernah dibius dengan bubuk putih yang membuatnya mati untuk kemudian bangkit lagi sebagai zombie. Versi filmnya menceritakan tentang perjalanan ilmuwan Wade Davis dalam meneliti keberadaan zombie di Haiti. Banyak detil dalam buku yang memang dilebih-lebihkan untuk efek horor film. Tapi... fakta bahwa zombie ada di dunia nyata memang membuat bulu kuduk berdiri.

Nah, itulah 7 Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata semoga menambah wawasan anda.

Sumber