7 Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia

7 Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia



7 Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia - Sepanjang digelarnya event Olimpiade, International Olimpiade Commite (IOC) mencatat nama beberapa atlet yang mengumpulkan medali terbanyak. Berikut 7 Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia :
 


1. Michael Phelps (Renang), 16 medali (14 emas, 2 perunggu)

 Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia

Michael Phelps (pada usia 15) berpartisipasi di Olimpiade 2000 di Sydney sebagai perenang putra termuda di ajang Olimpiade sejak 68 tahun. Namun ia tidak memenangkan medali, ia finish ke-5 pada nomor 200m gaya kupu-kupu, Phelps lalu mulai berkembang dan dikenal dalam dunia renang setelah itu. 5 bulan setelah Olimpiade Sydney, Phelps memecahkan rekor dunia 200 m gaya kupu-kupu berikutnya, pada usia 15 tahun 9 bulan, perenang putra termuda pemecah rekor dunia yang pernah ada. 

Dalam Olimpiade Beijing 2008, Phelps berambisi memecahkan rekor Mark Spitz yang meraih tujuh emas dalam satu kali kejuaraan Olimpiade. Dan ambisi tersebut menjadi kenyataan. Phelps memboyong delapan medali emas di Olimpiade akbar tersebut dengan lima emas di antaranya adalah nomor individu; dan lima di antaranya dengan pemecahan rekor dunia.

2. Larisa Latynina (Senam Artistik), 18 medali (9 emas, 5 perak, 4 perunggu) 


Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia

Larisa Semyonovna Latynina adalah pesenam asal Uni Soviet. Antara tahun 1956 sampai 1964, Latynina tercatat sudah memenangkan 18 medali Olimpiade, dengan rincian 15 medali individu dan 3 medali tim. Pencapaian tersebut menjadi rekor Olimpiade selama 48 tahun dan baru berhasil dikalahkan oleh perenang asal Amerika Serikat, Michael Phelps pada tanggal 31 Juli 2012. Meskipun Phelps berhasil memecahkan rekornya, pencapaian Latynina atas perolehan medali secara individu (14 medali) masih merupakan yang tertinggi. Latynina dikatakan sebagai pesenam legendaris Soviet dan pelopor serta pembangun citra Uni Soviet sebagai kekuatan yang paling dominan dalam cabang senam artistik sebelum keruntuhannya. Latynina pensiun pada tahun 1966 setelah mengikuti ajang Kejuaraan Dunia dan menjadi pelatih bagi tim nasional senam Uni Soviet. Posisi ini tetap dipegangnya sampai tahun 1977. Di bawah bimbingannya, para pesenam wanita Soviet berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade 1968, 1972 dan1976.

3. Paavo Nurmi (Atletik), 12 medali (9 emas, 3 perak) 
 
Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia

Paavo Johannes Nurmi merupakan seorang pelari dan sprinter berkebangsaan Finlandia. Dia dilahirkan di Turku dan meninggal di Helsinki. Dia meraih medali emas di Cabang Atletik di Olimpiade 1920, Olimpiade 1924, dan Olimpiade 1928. Ia juga meraih medali perak di Cabang Atletik di Olimpiade 1920 dan Olimpiade 1928. Nurmi memenangkan olimpiade dengan total sembilan emas dan tiga perak di 12 event dia lengkap di Olimpiade dari 1920 dan 1928. Nurmi pertama kali debut di Olimpiade 1920 di cabang atletik.

4. Mark Spitz (Renang), 11 medali (9 emas, 1 perak, 1 perunggu)

Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia

Mark Andrew Spitz adalah mantan atlet renang Amerika. Dia memenangkan tujuh medali emas di Olimpiade 1972, sebuah prestasi hanya dikalahkan oleh Michael Phelps yang memenangkan delapan medali emas di Olimpiade 2008. Spitz mencetak rekor dunia baru dalam tujuh event dunia berbeda, sebuah rekor yang masih berdiri. Antara 1968 dan 1972, Spitz memenangkan sembilan medali emas Olimpiade ditambah perak dan perunggu, emas Pan lima Amerika, 31 US Amateur Athletic Union judul, dan delapan US National Collegiate Athletic Association. Selama tahun-tahun, ia menetapkan 35 rekor dunia. Dia adalah atlet paling sukses di Olimpiade 1972.  

5. Carl Lewis (Atletik), 10 medali (9 emas, 1 perak)

Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia

Frederick Carlton “Carl” Lewis merupakan seorang mantan atlet asal AS. Ia terkenal sebagai pelari handal dalam olimpiade dengan raihan 10 medali olimpiade (9 diantaranya medali emas), dan 10 medali dalam kejuaraan dunia atletik (8 diantaranya medali emas). Spesialisasi Lewis adalah lari jarak pendek 100 meter dan 200 meter. Ia bersama Muhammad Ali, Steffi Graf, Pele, dan Alain Prost tercatatkan sebagai atlet-atlet terbaik di Abad 20. Saat ini Lewis lebih banyak berprofesi sebagai aktor film dan televisi.

6. Bjorn Daehlie (Ski Lintas Alam), 12 medali (8 emas, 4 perak) 

Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia

Bjorn Erlend Daehlie adalah mantan atlet Norwegia pada cabang ski. Dengan 8 medali emas olimpiade, Daehlie adalah atlet musim dingin paling sukses yang menjuarai olimpiade sepanjang masa, dengan sembilan medali emas. Dæhlie memenangkan total 29 medali di Olimpiade dan Kejuaraan Dunia pada periode antara 1991 dan 1999, membuat Dæhlie pemain ski cross-country paling sukses dalam sejarah.

7. Birgit Fischer (Dayung), 12 medali (8 emas, 4 perak) 

Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia

Birgit Fischer adalah atlet dayung Jerman, yang telah memenangkan delapan medali emas di enam Olimpiade berbeda. Fischer lahir di Brandenburg di Jerman Timur. Dia menikah 1984-1993 dengan atlet dayung Jorg Schmidt, peraih medali perak di acara di tahun 1988 Olimpiade di Seoul.

Nah, itulah 7 Atlet Dengan Medali Paling Banyak Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

Sumber