7 Sponsor Kostum Sepakbola Paling Mahal Di Dunia

7 Sponsor Kostum Sepakbola Paling Mahal Di Dunia


7 Sponsor Kostum Sepakbola Paling Mahal Di Dunia - Bisnis sepak bola semakin bernilai menggiurkan akhir-akhir ini. Hampir semua pernik yang berhubungan dengan sebuah klub bisa dijadikan tambang uang, apalagi seragam yang dikenakan para pemain saat bertanding di lapangan. Majalah Forbes merilis daftar 7 Sponsor Kostum Sepakbola Paling Mahal Di Dunia.

1. Manchester United - Chevrolet

Chevrolet MU Sponsor


Klub ternama Inggris Manchester United memimpin daftar setelah pada Juli 2012 perusahaan otomotif Amerika Serikat, General Motors, membayar $559 juta (Rp 5,4 triliun) untuk 7 tahun - sekitar $80 juta (Rp 777 miliar) per tahun - agar salah satu brand mereka, Chevrolet, bisa tampil di bagian dada seragam para pemain Setan Merah mulai musim 2014-15. Sebelum nama mereka terpampang di dada seragam para pemain United mulai musim 2014-15, saat ini Chevrolet adalah kendaraan resmi klub Inggris tersebut.

2. Barcelona - Qatar Airways

Barcelona Sponsor

Klub besar dari Spanyol, Barcelona, pun rupanya tidak kebal dari godaan fulus di sepak bola. Setelah 113 tahun bersikukuh untuk tidak menempelkan logo sponsor di seragam tim mereka, Barca mengumumkan pada Maret 2013 bahwa mulai musim depan akan ada logo perusahaan penerbangan Qatar Airways di seragam mereka. Untuk itu mematahkan tradisi Barcelona itu Qatar Airways membawar $38 juta (Rp 369 miliar) per tahun selama lima tahun mulai musim 2013-2014.

3. Bayern Munich - Deutsche Telekom

Bayern Munich Sponsor

Juara Bundesliga Jerman Bayern Munich pada 2009 menandatangani kontrak sponsor seragam dengan perusahaan telekomunikasi lokal, Deutsche Telekom, yang bernilai $37 juta (Rp 359 miliar) per tahun. Kontrak tersebut akan berakhir pada akhir musim ini.

4. Liverpool, Standard Chartered Bank

Liverpool Sponsor

Liverpool, klub Inggris berjuluk the Reds, mendapatkan $33 juta (Rp 320 miliar) per tahun dari Standard Chartered Bank sejak 2009. Kontrak mereka akan berakhir pada 2014 dan dikabarkan kedua pihak tengah melakukan negosiasi untuk melanjutkan kerjasama - dengan nilai yang lebih besar tentunya.

5. Real Madrid - Bwin

Real Madrid Sponsor

Sejak 2007 hingga musim ini perusahaan judi online Eropa, Bwin, telah menjadi sponsor seragam Real Madrid dengan nilai $29 juta (Rp282 miliar) per tahun. Akan tetapi media Spanyol mengabarkan bahwa Les Merengues telah menyutujui kontrak empat tahun dengan perusahaan penerbangan dari UAE, Fly Emirates, dengan nilai diperkirakan mencapai 26 juta euro (Rp 328 miliar) per tahun, mulai musim depan.

6. Chelsea - Samsung

Chelsea Sponsor

Perusahaan elektronik dari Korea Selatan, Samsung, telah mensponsori Chelsea sejak 2005 dengan nilai kontrak $28,6 juta (Rp 278 miliar) per tahun. Kontrak mereka akan berakhir pada musim 2014-15.

7. Manchester City - Etihad 

Manchester City Sponsor

Manchester City tidak masuk dalam daftar Forbes walau memiliki kontrak 10 tahun yang bernilai $640 juta (Rp 6,2 triliun) dengan Etihad, perusahaan penerbangan milik pemerintah Uni Emirat Arab, sejak 2011. Forbes menjelaskan bahwa kontrak dengan Etihad itu satu paket dengan penamaan stadion mereka di Manchester dan klub tidak pernah mengumumkan kepada khalayak nilai masing-masing kontrak.

Nah, itulah 7 Sponsor Kostum Sepakbola Paling Mahal Di Dunia semoga menambah wawasan anda