Cara mengembalikan blog yang pengunjungnya turun drastis

Tak ada hal yang paling membahagiakan bloger, selain blog yang dikelolanya sukses bertengger di top ten hasil pencarian google. Dan tak ada hal yang paling menyedihkan bloger, ketika mengetahui peringkat (SERP) blog yang dikelolanya tiba-tiba terjun bebas. Kalau sudah demikian, jangankan makan, merokokpun seperti sudah tak ada rasanya, jatuh pun tak terasa sakitnya. Itu adalah tanda-tanda khas, yang sama ditemui pada orang yang lagi patah hati.

Blog yang trafiknya terjun bebas selalu dikaitkan dengan google sandbox, maupun google dance. Dan Jika sobat mengalami hal demikian, santai sajalah,,,,. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan blog yang turun trafik. Yang penting sobat hanya perlu untuk bersabar, sebab ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lumayan lama. Tergantung cara yang sobat lakukan, dan tak ketinggalan juga adalah faktor keberuntungan yang ditakdirkan kepada sobat. Bisa 3 hari, dua minggu, 1 bulan, bahkan selamanya. :0

tenang,,,tenang,, tenang,,, jangan panik, apalagi bunuh diri. Bloger yang sukses adalah bloger yang yang tangguh. Karena hal seperti itu adalah makanan sehari-hari yang harus dihadapi mau tak mau. Jadi hikmahnya adalah, "Sekaligus belajarlah untuk bertahan".


Kalau ane sendiri, sudah beberapa ngalamin hal seperti ini. Blog deindex, dance, bahkan hingga blog ini dihapus oleh blogger.com. Untungnya masih dikembalikan lagi :).
Beberapa tahun lalu blog wp ane deindex, dan tak dikembalikan lagi resultnya disearch engine. Dan telah mendapat surat terakhir, bahwa blog tak akan diindex lagi buat selama-lamanya.

Jadi, sobat tidak sendirian. Masih banyak daftar panjang bloger yang mengalami hal serupa.

BTT...................................Kembali lagi pada cara mengembalikan blog yang turun pengunjung.


Jika sobat mengalami hal demikian, sebaiknya diketahui dulu apakah blog sobat kena sandbox atau google dance. Apa cirinya?,,,,
Ciri terkena penjara google atau google sandbox adalah hilangnya beberapa index tertinggi, atau bahkan seluruhnya dari postingan. Sementara google dance adalah turunnya SERP dengan sangat drastis, namun seluruh postingan tetap dalam index mesin pencarian google.

Bagaimana cara mengetahuinya?... 


Pertama, lihat pada sitemap di webmaster tool. Berapa postingan yang diindex. Kemudian, pergi ke google.co.id

Ketikkan : site:domain.com di penelusuran google. Lihat, apakah ada postingan yang tidak terindex. Caranya bandingkan dengan catatan jumlah terindex pada sitemap webmaster tool.

Jika,,,,,

Sobat menemukan beberapa postingan yang hilang, itu artinya masih untung. Karena yang kena sandbox hanya beberapa artikel tertentu saja, dan masih bisa dikembalikan lagi.
Dan jika keseluruhan domain blog tak muncul, maka tandanya kiamat sudah dekat. Jika demikian maka harapan sobat sangat tipis sekali blog bisa dikembalikan lagi.

Namun jangan berhenti berusaha!!!, apapun kondisinya diatas, tak ada salahnya untuk dicoba mengembalikan blog agar pulih seperti sediakala.

Ada akibat pasti ada sebab. Hal demikian sudah pasti disebabkan ada ketidak beresan pada blog sobat. Umumnya, blog diduga spam, menyimpan malmware, menggunakan script yang dicurigai, menjebak pengunjung, menggunakan cara hitam. DLL..DLL.

Jika sobat merasa blog sobat memang tak beres, misalnya autogenerated, spam(duplikasi kontent, hanya berisi keyword, minus artikel), menggunakan script blackhat, sebaiknya merelakannya saja. Karena saya tak tahu cara mengembalikannya, dan sebagian besar yang demikian akan hilang untuk selamanya.

Jika karena kesalahan teknis, kemungkinan besar masih bisa dikembalikan lagi kok, jadi tenang saja. Cari apa permasalahannya melalui webmaster tool, dan segera perbaiki seluruhnya.

Apa sih gunanya webmaster tool?,,,, 


Webmaster tool sangat penting untuk menganalisa kesehatan blog sobat. Banyak peringatan permasalahan pada webmaster tool, berarti blog tak sehat, dan kemungkinan menjadi penyebab blog turun SERP.

Coba cek permasalahan di WT, seperti: error 404 not found, dugaan menyimpan malmware, duplikat title, duplikat meta deskripsi, duplikat meta keyword,deskripsi singkat dll. Hingga mendapat pesan langsung dari pusat, bahwa blog sobat ada masalah.

Cara memperbaiki SERP blog yang turun agar kembali naik lagi


-Perbaiki semua masalah yang diketemukan pada webmaster tool.
-Update 1 postingan perhari, atau rutin seperti sediakala.
-Jika ada postingan yang copas, sebaiknya direwrite kembali agar unik.
-Perbaiki loading speed blog sobat.
-Buang javacript yang tak begitu bermanfaat.
-Pindah hosting, jika ada peringatan diwebmaster tool " googlebot cant' access your site" secara berkali-kali.
-Kurangi banner iklan.
-Kurangi link keluar, baik yang follow maupun nofollow.
-Khusus untuk salahsatu atau salahempat postingan yang deindex, edit kembali isinya, perbaiki lagi, sehingga sesuai dengan aturan mesin pencari.
-Resubmit kembali sitemap diwebmaster tool.
-Tambahkan backlink berkualitas, natural dari blog teman yang ber PR tinggi. Kalau perlu nitip diblog yang mau dikasih imbalan.

Jika sudah 1 bulan berjalan, namun tak ada tanda kemajuan, mintalah site reconsidered diwebmaster tool. Caranya lihat di: https://support.google.com/webmasters/answer/35843?hl=en

Jika masih saja blog sobat tidak ada kemajuan, biarkan saja, update hanya jika sobat menginginkannya saja. Sementara lebih baik update postingan diblog baru, namun dilakukan dengan cara yang lebih hati-hati lagi agar tak mengalami hal yang sama dimasa depan.

Saya yakin, jika blog sobat tak melakukan penggaran berat, pasti akan kembali lagi membawakan rejeki buat sobat. Karena, ane sudah beberapa kali mengalami hal menyedihkan semacam ini, bahkan pengunjung anjlok hingga 95%. Namun bersyukur, kini semuanya bisa berakhir dengan cukup membahagiakan.

Terkecuali jika blog deindex secara keseluruhan sekaligus nama domain, maka ini harapannya sangat tipis sekali. Jika demikian, sebaiknya relakan dengan membuat blog yang baru lagi.

Gimana????,,,,,,,,,,,,,,,,keren ggak?,,,,,, he,he,he....