Inilah 4 Organ Tubuh Paling Banyak di Jual Belikan di Dunia

Inilah 4 Organ Tubuh Paling Banyak di Jual Belikan di Dunia - Bukan untuk memberikan informasi yang salah, tapi jual beli bagian tubuh manusia kini bisa dilihat dengan jelas. Fenomena ini memprihatinkan, jika tujuannya hanya untuk mendapatkan uang bukan untuk tujuan kemanusiaan. Meskipun terdengar risih dan aneh, beberapa bagian tubuh memang dapat dijual atau disewakan. Bagian tubuh yang dijual atau disewakan ini bisa dimanfaatkan tanpa harus mengorbankan nyawa pemiliknya.


Beberapa negara membolehkan transaksi organ tersebut, tapi lebih banyak negara yang melarangnya. Penasaran apa saja? Simak Informasinya di bawah ini:

1. Ginjal 
Manusia memiliki 2 buah ginjal, di kanan dan kiri. Organ kecil yang berbentuk seperti kacang polong ini memiliki fungsi menyaring darah dan membersihkan racun dari dalam tubuh. Ginjal bisa rusak karena beberapa penyakit seperti diabetes atau terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.

Dengan hanya 1 ginjal saja, manusia masih bisa melakukan fungsinya dengan normal meskipun nantinya mengalami perubahan kemampuan tubuh. Di pasar gelap, ginjal dihargai sekitar US$ 262.000 atau Rp 2,4 miliar. Oleh karena itu, beberapa orang ada yang nekat menjual ginjal untuk mendapat uang.

2. Mata
Mata memang dapat didonorkan saat masih hidup, namun hanya sedikit orang yang mau merelakan matanya diberikan kepada orang lain. Oleh karena itu, kebanyakan donor mata diperoleh dari orangyang bersedia mewasiatkan matanya untuk didonorkan saat meninggal kelak.

Donor mata digunakan untuk mengatasi kebutaan kornea yang disebabkan oleh trauma, kecelakaan, infeksi atau akibat lupa melepas lensa kontak saat tidur. Di pasar gelap, sepasang bola mata dihargai US$ 1.525 atau sekitar Rp 14 juta.

3, Liver
Donor hati dilakukan melalui prosedur pengambilan sebagian hati untuk dicangkokkan kepada yangmembutuhkan. Setelah 2 bulan, hati donor yang diambil dapat tumbuh kembali dengan utuh. Berbeda dengan organ lainnya, inilah salah satu keunikan hati.

Transplantasi dari donor hidup lebih disukai dibandingkan dari donor mati. Alasannya karena waktu penyimpanannya lebih sedikit sehingga mengurangi kerusakan organ. Di pasar gelap, organ hati dijual dengan harga US$ 157.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Tiap negara memiliki kebijakan yang berbeda soal donor sperma. Di Amerika Serikat, pendonor sperma mendapat kompensasi sampai US$ 500 atau sekitar Rp 4,7 juta tiap kali mendonor, tergantung tingkat pendidikan dan riwayat keluarganya. Di Indonesia, praktik “jual beli” seperti ini tidak dilegalkan.

4. Rambut
Jika cukup jeli melihat peluang pasar, rambut manusia ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat wig atau rambut palsu. Beberapa salon kecantikan atau tempat cukur rambut di Indonesia ada yangmengumpulkan rambut pelanggannya untuk dijual lagi.

Berbeda dengan rambut sintetis buatan pabrik, wig dari rambut asli ini lebih disukai karena terlihat natural. Rambut asli akan dibentuk ulang hingga sesuai dengan bentuk kepala. Harga jual wig dari rambut asli berkisar Rp 1 juta – Rp 1,5 juta per buah, sedangkan yang dari rambut sintetis Rp 50.000 – Rp 300.000 per buah.


Bagikan jika bermanfaat. Terima Kasih.