Penyebab pengunjung blog turun drastis

Blog dan visitor adalah dua hal yang tak terpisahkan, khususnya bagi blogger muattreeee,,,, he,he,he....

Untuk itu, jika mereka mengetahui fakta bahwa pengunjung blog turun drastis, waduh,,,,,,, bak kena surat SP 3 dari perusahaan tempat bekerja. Stres sih masih mending, asal nggak gila mendadak saja....( khusus jika itu adalah blog satu-satunya yang menjadi tulang punggung keluarga)

Bagaimana tidak, yaaaa,,, pikirin aja sendiri deh,,, kenapa bisa stres kyak gitu ;)


Tenang sob, ane kasih motivasi niiihh,,,,,,,,,,,,

KAMU TIDAK SENDIRIAN NGALAMIN BEGINI, KARENA ANE DAN TAK SEDIKIT BLOGGER LAIN PERNAH NGALAMIN. SEOLAH HAL INI SUDAH MENJADI SUATU HAL YANG BIASA.

Ibarat orang kerja diperusahaan, dipecat, diturunkan posisi, disingkirkan, diskors, dipotong gaji, disuruh memberi ganti rugi, adalah hal yang biasa.

Kerja DENGAN NYARI RECEH MELALUI BLOG juga ada resiko, atau akibat yang bisa jadi serupa dengan pekerja kantoran. Misalnya,blog terkena dampak rasia google penguin, sehingga blog tenggelam kedasar jurang kehancuran dan berhenti ngasih gaji tiap bulan.

Kembali lagi ibarat orang kerja diperusahaan, kena SP atau kena PHK, pastilah ada sebabnya. Demikian jika blog yang turun drastis pengunjungnya dengan cara yang tak wajar, pasti ada yang salah nih..............

Jadi terima saja, ketahui penyebabnya, perbaiki, selesai. Jika tak bisa diatasi, bikin blog lagi, selesai........... Itu saja kok,, simpel bin sederhana,,,

Baca juga: Cara memperbaiki kembali blog yang pengunjungnya turun drastis

Berikut beberapa penyebab blog turun drastis pengunjungnya secara tiba-tiba.


Karena hampir semua pengguna internet menggunakan google untuk mencari sesuatu, maka kemungkinan besar turunnya visitor secara dramatis adalah karena anjloknya SEP blog di halaman google. Bahkan bisa jadi tidak diindeks sama sekali. Nah, penyebab utamanya kemungkinan sangat besar adalah blog sobat kena pinalty/sandbox, atau hukuman dari simbah. Sebagian kemungkinan masih diduga melakukan pelanggaran, dan sebagian lagi memang benar-benar sudah kena vonis. Berikut beberapa kemungkinan penyebab utama blog di deindex/sandbox google:

Blog pembohong

Adalah blog yang seringkali bikin sebal pengguna internet. Blog hanya berisikan artikel yang hanya berisi katakunci melulu, short artickel, tanpa ada makna yang bisa memuaskan kebutuhan mereka. Kecanggihan mesin crawler saat ini sudah bisa mendeteksi dengan mudah blog pembohong seperti ini, dan secara otomatis akan menangguhkannya untuk menunggu review. Biasanya yang begini akan sulit untuk dikembalikan lagi.

Blog berkonten curian

Copas blog adalah hal yang sudah umum dilakukan sejak jaman dulu kala. Ane tak menyalahkan siapa siapa, namun akibat tanggung saja sendiri. Jika pemilik konten asli melaporkannya kepada google melalui webmaster tool atau DMCA, maka tak menunggu waktu lama blog sobat akan berakhir di hasil pencarian. Walaupun hanya satu artikel yang dilaporkan, bisa saja akan berdampak terhadap blog secara keseluruhan. Termasuk posting otomatis dengan menggunakan tool untuk menyadap feed blog lain. Ini biasanya sulit untuk diampuni.

Blog mata-mata dan berbahaya

Blog yang terdeteksi menyimpan virus, malmware, spyware atau beranekamacam malmware lainnya beresiko tinggi terkena razia, dan disingkirkan jauh-jauh oleh mesin pencarinya google. Hal seperti ini umumnya terjadi pada situs blog yang dihosting sendiri, seperti wordpress. Jangan menganggap diri sobat sudah jujur, karena malmware bisa disusupkan kedalam situs sobat oleh pihak lain dengan cara culas, maupun dengan cara halus. Selalu periksa keadaan situs pada webmaster tool, agar segera ketahuan jika blog sobat menyimpan malmware. Masih bisa diampuni kayaknya, asal mau memperbaiki kembali.

Blog yang suka main sembunyi-sembunyiin sesuatu

Blog yang suka Tidak terus terang kepada pengunjung juga dapat dihukum oleh mesin pencari. Wujud ketidakterusterangan ini bisa bermacam macam, misalnya membuat hidden iframe, LINK PALSU, lin yang disembunyikan, membuat tulisan yang sangat kecil atau warnanya sama dengan bakcground, sehingga sulit dibaca manusia.dll. Biasanya yang begini ini sulit diampuni lagi, sehingga berakhir untuk selamanya.

Blog yang kena kerjain

Ada beberapa broker PPC,CPM dll, yang menanamkan script dengan gerak-gerik yang mencurigakan dimata crawler. Hati-hati, ada beberapa broker PPC yang scriptnya bisa membahayakan blog sobat. Ane tak akan menyebutkannya, dengan alasan ETIKA. Namun yang jelas, kebanyakan PPC lokal maupun luar yang saat ini paling populer adalah aman-aman saja.

Blog yang sakit-sakitan

Blog yang menyimpan ratusan 404 notfound, menyimpan virus, menggandakan title, deskripsi terlalu singkat, masalah server hosting yang berat, adalah beberapa kondisi blog yang bisa dinyatakan sakit-sakitan. Biasanya blog yang demikian akan ditangguhkan, sampai semua masalah diperbaiki. Blog sakit-sakitan akan dianggap sebagai blog yang tak informatif, bahkan bisa dianggap blog yang menyesatkan pengunjung.

Jadi periksa dulu, apakah blog sobat dalam keadaan sehat-sehat saja. Jika tak ingin terus terpuruk, sembuhkan sesegera mungkin blog yang sakit-sakitan.

Blog penipu

Padahal aslinya blog sobat hanya berisi 100 artikel, namun kenyataannya ada ribuan kontent semu yang memiliki judul dan deskripsi lengkap yang diindeks oleh mesin pencarian. Yang kaya gini boleh dikategorikan kedalam blog AGC, dan jika ketahuan, maka tiada ampunan lagi.

Blog pebisnis kemaruk

Ini adalah blog yang diforsir untuk menghasilkan uang sebanyak-banyaknya, tanpa mau melakukan pertimbangan. Banner total semuanya ada 25 dan besar-besar, link affiliasi 3000, link dalam artikel review 400, link keluar 20 link, link nofollow sekian-sekian. Bisa segera dibanned tuh,,,,,,,

Blog Penyampah

Blog rajin update adalah bagus, dan disukai oleh mesin pencari. Namun jika tidak wajar, justru bisa dicurigai sebagai spammer. Misalnya, dalam satu hari semalam update artikel hingga 24 artikel. Berarti setiap jamnya blog diupdate.... Jika bukan situs portal yang dikelola oleh perusahaan, mana bisa...kecuali yang melakukannya adalah robot atau copipaste. Aksi spammer termasuk terlalu banyak menyebarkan backlink kemana-mana, dan tidak menggunakan teknik cara yang benar.

Blog perumahan real estate

Desain yang dipakai sangatlah bagus, namun orang merasa sungkan untuk memasukinya. Blog real etate adalah blog yang desainya sangat super,namun sayang loadingnya sangat berat. Akibatnya, pengunjung tak ada yang betah menunggu loading, sehingga segera menutup tab. Bounce rate, adalah salah satu cara mesin pencari membaca gerak-gerik pengujung. Bounce rate 100% artinya pengunjung tak ada yang betah samasekali. Masih bisa diampuni lagi, jika segera diperbaiki.

Ingat pedoman ini: Blog Sobat hanya punya waktu 5 detik untuk meyakinkan visitor, apakah mereka akan melanjutkan membaca atau membatalkan kunjungannya ke halaman blog sobat.

Blog bongkar pasang

Blog yang terlalu sering gonta-ganti struktur juga bisa berdampak tak baik, sehingga dapat menurunkan jumlah visitor dengan signifikan. Bukan hanya ganti-ganti template, terlalu sering mengganti permalink, menghapus posting juga bisa berdampak buruk pada blog dalam jangka waktu lama.

Jadi, jika blognya sobat tiba-tiba mengalamin penurunan jumlah visitor secara signifikan dan serentak, sudah bisa dipastikan blognya sobat telah terjaring razia. Beberapa penyebab diatas mungkin hanya beberapa yang paling umum saja. Intropeksi agar mudah untuk mencari penyebabnya, sehingga bisa secepatnya untuk dikembalikan lagi.

Blog yang disabotase

Pesaing blog sobat mungkin saja menggunakan cara yang curang. Dengan berbagai cara, mereka sangat mungkin untuk bisa berhasil menyabot blog sobat di SERP. Namun semoga yang demikian tidak menimpa blog sobat, karena bagaimanapun biasanya sangat sulit untuk menormalkannya kembali. Ane juga takut ngalamin hal yang seperti ini,,,,.

Yang penting tetap berusaha ngeblog menggunakan cara yang baik, dan janganlah meniru cara-cara bersaing yang tak sehat begitu. Kalau Ane sendiri sih yakin sama keadilan dari yang maha adil, yaitu TUHAN YME. Dia pasti akan memberikan balasan yang terbaik, bagi kita sendiri ataupun mereka. (kok berubah jadi relligius).