Rubah Cara optimasi blog Anda sekarang juga!


Rubah Cara optimasi blog Anda sekarang juga!Sekarang ini sifatnya sudah tak boleh main-main lagi, jika masih menginginkan blog tetap eksis di SERP. Update algoritma terbaru google memang benar-benar terbukti, karena hingga sekarang sudah banyak blog yang secara tiba-tiba mengalami penurunan jumlah pengunjung yang dramastis.

Banyak keluhan yang saya baca dari forum, curhat teman blogger di social media,  hingga melalui komentar ataupun membuat postingan di blog.

Bukan hanya teman-teman,penurunan jumlah pengunjung juga menimpa blog ini beberapa waktu lalu. Tak tanggung tanggung, dari 2500-an visitor biasanya, menurun 95% hanya dalam sehari.

Dan.............masih ada blog saya yang lain, yang biasanya mendapat kunjungan unik 5000 sehari, kini turun hingga 95% juga!. Sampai saat ini posting dibuat, masih belum pulih, bahkan masih menunjukkan tren penurunan setiap hari.


Jadi waspada, dan segera rubah cara optimasi blog sobat yang menggunakan tekhnik SEO gaya lama, jika tak ingin bernasib tragis seperti Saya, maupun rekan-rekan bloger yang lain.

Apa yang harus Saya lakukan?.....

Backlink memang dapat memberikan impact terhadap SEO blog, baik impact yang baik, maupun impack yang buruk. Tergantung bagaimana cara memberlakukannya saat ini.

Saat ini sebaiknya tidak melakukan cara optimasi seperti berikut:

  • Menanamkan backlink di blog dummy secara berlebihan, terutama yang ditaruh pada footer atau sidebar. Apalagi blog dummy tersebut blog baru dan tak ber PR(unatural link).
  • Menanamkan backlink menggunakan tool tertentu, yang biasanya bekerja secara massal dan otomatis.
  • Berlebihan menyebar link di social bookmarking.
  • Nyepam komentar blog dengan menggunakan keyword itu-itu saja, apalagi pada blog yang masih baru PageRank N/A(unatural link).
  • Memasukkan link (anchor text) pada kolom komentar blog berlebihan(unatural link).
  • Memberikan trafik secara berlebihan terhadap blog/situs lain, apalagi blog/situs yang melanggar hak cipta, situs parno atau situs dengan konten negatif lainnya (link keluar berlebihan).
  • Menanamkan backlink pada situs yang tidak relevan, apalagi yang berbau parno, atau situs yang melanggar aturan google lainnya.
  • Copas artikel berlebihan, duplikat kontent lebih mudah terdeteksi. Ingat, saat ini google benar-benar mengutamakan situs yang berkonten berkualitas.
  • Kebanyakan menaruh link nofollow pada setiap artikel yang ada di blog sobat juga tak baik saat ini.
  • Menggunakan takaran keyword yang berlebihan dalam setiap artikel(spam keyword). Kalau yang ini sebenarnya sudah lama disarankan untuk tidak dilakukan.

Beberapa cara optimasi diatas memang biasa saya lakukan, sehingga saya bisa menyimpulkan akibat yang menimpa beberapa blog Saya.

Apa bisa dikembalikan lagi?

Blog yang sobat baca ini beberapa bulan yang lalu baru saja terlepas dari masalah, sehingga pengunjung perlahan membaik hingga saat ini. Yang saya lakukan adalah mengembalikan semua lagi hal yang pernah saya lakukan, seperti pada beberapa poin diatas.

Membuang semua link keluar, menghapus semua backliknk pada blog dummy, menghapus semua link nofollow yang kerap saya sertakan untuk review afiliasi, hingga menyusun kembali template agar lebih ringan loadingnya. Kelanjutannya, posting kembali seperti sediakala, namun dengan cara yang lebih natural dan apa adanya. Baca: Cara mengembalikan pengujung blog yang turun drastis.

Hasilnya?,,,,,, Blog ini, zona-1000.blogspot.com, tak hanya kembali lagi mendapat kunjungan seperti yang sebelumnya, juga mendapatkan hadiah 1 tambahan Page Rank lagi, sehingga kini menjadi PR 2.

Kesimpulan

Saat ini jangan pernah berharap lagi bisa sukses, jika menggunakan segala cara yang macam-macam seperti dulu. Cukup lakukan optimasi onpage yang baik, seperti posting natural, unik dan bermakna. Untuk SEO Offpage juga begitu, biarkanlah backlink ditambahkan secara natural oleh orang lain. Jadi, back of nature adalah kesimpulannya, jika ingin tetap eksis di halaman utama SERP.