Dampak banyak Komentar pada SEO blog

Tidak ada rumusan SEO yang pasti, yang menjamin bahwa sebuah blog dapat menduduki peringkat terbaik dari hasil pencarian. SEO tetap misteri, yang dapat diambil hikmahnya melalui sederetan pengalaman panjang. Sebuah algoritma bisa saja terus berubah setiap saat, dimana juga dapat membuat pengalaman SEO masa lalu menjadi usang untuk masa kini.

Banyak resep SEO yang diyakini dapat membuat SEO blog semakin baik dan berhasil. Saya tak akan menyebutkan satu persatu, namun pada dasarnya bisa meliputi optimasi apasaja dalam onpage maupun ofpage.

Terlepas dari hal tentang optimasi diatas, timbul pertanyaan besar,,,,,"Apakah banyaknya komentar dapat mendongkrak SEO blog, atau justru malah sebaliknya?,,,,"

Komentar dan blogger sudah seperti dua hal yang tak terpisahkan. Walaupun blog tanpa komentar masih bisa saja jalan, namun tanpa itu blog akan terkesan mati dan hambar. Oleh karena itu, wajar jika tak sedikit blogger berjuang apasaja demi kualitas konten untuk mengejar komentar sebanyak-banyaknya. Bahkan ada saja blogger yang berhenti karena blognya sepi mendapat komentar,,,,. Komentar, popularitas dan reputasi barangkali menjadi serangkaian hal yang erat hubungannya.

Ada beberapa alasan yang mungkin bisa membuat sebuah blog bisa mendapat banyak komentar:"


Karena pemilik/author blog
Bisa jadi jika authornya orang terkenal, walapun tulisannya gak bagus-bagus amat bisa mendapat banyak komentar.

Karena isi dan kualitas kontent blog
Isi blog yang unik, atau menceritakan gagasan dan ide baru yang segar yang banyak diminati orang. Atau isi blog yang kontroversial, sehingga merangsang pembaca untuk mendebat melalui kolom komentar.

Karena peringkat blog yang bagus
Bisa jadi karena blog dianggap memiliki posisi SERP terbaik, atau memiliki kunjungan yang tinggi, sehingga cenderung merangsang blogger lain untuk sekedar meninggalkan link mereka.

Blog dengan banyak komentar, berpotensi meraih posisi SERP terbaik?


Banyak pengalaman saya yang mengunjungi sebuah situs yang berada pada urutan teratas pencarian, dan kebetulan rata-rata memiliki banyak komen pada artikelnya. " Lalu apakah karena banyaknya komentar itu yang membuat mereka dipilih untuk menempati urutan atas?."

Kemungkinan seperti itu bisa jadi memang mungkin, asumsinya blog yang banyak komentar bisa jadi ditandai sebagai blog yang berkualitas(reputasi), sehingga layak untuk ditaruh dibagian paling atas. Atau paling tidak, hanya dijadikan sebagai salah satu alasan saja.

Blog menempati urutan nomer satu, mungkin bukan disebabkan karena banyaknya komentar:

Asumsi #1 Blog banyak komentar juga bisa karena memang SEOnya sudah baik, sehingga lebih banyak pengunjung. Perhitungan sederhana: "semakin banyak, maka semakin tinggi kemungkinan", begitu juga dengan semakin tingginya kemungkinan blog mendapat ko\mentar.

Asumsi#2Blog yang  menempati urutan no 1 pencarian bisa jadi karena kualitas kontennya, yang juga dapat membuat banyak tergelitik untuk berkomentar.

Kedua asumsi diatas menentang pendapat, artinya blog yang SERPnya bagus bukan perkara karena sebab banyaknya komentar. Tapi banyaknya komentar hanyalah hal yang mengikuti.

Kemungkinan dampak baik banyaknya komentar terhadap SEO blog.


Namun banyak juga pengalaman saya yang masuk ke sebuah artikel, melalui katakunci yang sebetulnya berasal dari ketikan dikotak komentar. Jadi kesimpulannya, semakin banyak komentar kemungkinan juga akan semakin meramaikan katakunci dalam sebuah artikel. Semakin banyak jumlah kata kunci yang masuk, maka semakin banyak jalan yang bisa membawakan blog kita pengunjung. Bukti ini mungkin sedikit mendukung dampak baik komentar terhadap SEO.

Bisa saja komentar banyak ditandai sebagai reputasi yang baik, siapa tahu?,,,,,

Kemungkinan dampak buruk banyak komentar terhadap SEO blog


Apapun jawabannya, yang jelas perlu untuk menghindari SPAM komentar, maupun komentar yang mengandung kata-kata yang melanggar TOS mesin pencari. Karena bisa jadi, kata-kata tertentu sudah diblacklist oleh algoritma crawler, sehingga blog yang mengandung kata tersebut justru akan tersingkir.

Kalau agan mempertahankan konten yang berkualitas agar SEO semakin kuat, demikian juga perlu untuk mempertahankan dan mendapatkan komen yang juga berkualitas.

Karena SPAM komentar bisa jadi akan menurunkan kualitas SE blog, jadi saya mohon maaf jika semua komentar yang model SPAM( Link hidup berlebihan, serta kata kunci dalam kolom nama) diblog ini saya hapus, atau tidak saya diterbitkan. Karena saya tak ingin, jika komentar diblog ini justru akan menjadi bumerang bagi keberlangsungan blog ini sendiri.

Kekhawatiran selalu beralasan,  karena tak ada yang tahu apa isi dari algoritama mesin pencari, kecuali bagi si desainernya sendiri.