Tips agar percaya diri

Kurang percaya diri adalah masalah yang paling banyak membuat banyak orang terpuruk dan selalu berkutat dengan kesedihan dan kegagalan. Oleh karena itu, perasaan kurang PD sebaiknya mulai dihilangkan dari sekarang.

Percaya diri adalah seberapa besar Anda yakin terhadap kemampuan diri sendiri, yakin dengan kelebihan yang dimiliki, dan tidak mempermasalahkan kekurangan yang melekat pada diri. Camkanlah baik-baik bahwa percaya diri adalah sumber rahasia utama dari sukses seseorang. Oleh sebab itu, milikilah kepercayaan itu dalam diri anda.

Tips untuk meningkatkan rasa percaya diri:


Memang Tidak ada solusi instant untuk mengalahkan rasa percaya diri. Namun seperti pepatah; "Practice make a man perfect.",  Jadi yang harus kita lakukan adalah mencoba untuk terlepas dari belenggu perasaan sendiri dengan melaksanakan beberapa tips berikut:


Bersyukur

Selalu bersyukur apa yang dianugerahkan Tuhan kepada kita. Yakinlah bahwa Tuhan telah menciptakan setiap individu dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing. Mungkin Anda merasa malu tampil didepan umum, karena menganggap diri Anda sebagai seseorang yang banyak kelemahan. Sebenarnya tidak demikian, karena setiap orang memiliki potensi. Hanya saja mungkin Anda belum menyadarinya.

Gali potensi diri

Temukan dan kenali rasa ketidaknyamanan Anda, Tak peduli seberapa besar perasaan ketidaknyamanan tersebut. Setiap orang pasti memiliki kelebihan atau bakat dalam hal tertentu. Temukanlah apa yang  menjadi keahlian Anda, fokus dan kembangkanlah. Perasaan rendah diri adalah pernyataan dari pikiran yang mendeklarasikan, jika diri anda adalah sebagai Korban.

Melatih keberanian dan tampil percaya diri.

Untuk melatih rasa percaya diri, biasakan untuk selalu mengambil tempat duduk paling depan dalam berbagai kesempatan. Selalu berpakaian rapi, dan selalu berbicara pantas dan tersenyumlah. Jika berbicara, tataplah mata lawan bicara Anda dan menggunakan bahasa tubuh yang baik.


Kalahkan rasa takut

Rasa takut itulah yang secara perlahan akan membunuhmu. Selama tindakan Anda benar, kenapa harus takut?,,,,. Perasaan takut karena merasa tak mampu dimiliki oleh semua orang, dan hanya bagi yang mampu mengalahkan rasa takutnya saja yang akan berhasil . Tanamkan prinsip, “Tindakan akan mengalahkan ketakutan. Sebaliknya, kebimbangan dan penundaan justru akan memupuk rasa takut.”

Selalu Berpikiran Positif.

Berikanlah Pujian yg Pantas Kepada Orang Lain. Ketika kita berpikir negatif tentang diri kita, terkadang kita juga akan melakukan hal yang sama pada orang lain, yaitu dalam bentuk hinaan dan gosip. Hindarilah bergosip ria, yang mana ini justru akan semakin menusuk diri anda sendiri . Sebaliknya, berusahalah untuk memberikan pujian pada orang-orang disekitar anda. Dalam prosesnya, anda akan menjadi disukai dan dapat membangun rasa percaya diri. Dengan melihat sisi yang terbaik dari orang lain,secara tidak langsung membawa hal yang terbaik pada diri sendiri.

Bayangkanlah hal-hal baik saja, sebab kita akan cenderung menjadi seperti apa yang kita bayangkan itu. Oleh sebab itu, yakinlah bahwa anda bisa mencapai perkara-perkara yang baik.

Kenali Kesuksesan Anda.

Praktikkanlah prinsip harapan kreatif. Harapan semacam itu akan senantiasa membawa hasil yang positif bagi anda. Percayalah selalu, bahwa anda akan bisa berhasil untuk memperoleh yang terbaik dalam hidup ini.

Berolahraga

Melatih disiplin untuk berolah raga tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik, tapi juga akan menciptakan momentum positif pada diri Anda sepanjang hari.

Fokus pada kontribusi

Kita mungkin terlalu sering terjebak dengan keinginan diri-sendiri. Kita hanya terlalu fokus kepada diri kita sendiri, namun kurang peduli pada kebutuhan orang lain. Padahal,  jika mencoba untuk berkonsentrasi pada kontribusi diri terhadap orang lain misalnya, maka Anda tidak akan terlalu khawatir lagi terhadap kekurangan sendiri.

Hal ini akan meningkatkan rasa kepercayaan diri, dan memungkinkan Anda untuk berkontribusi dengan efisiensi maksimal. Semakin Anda banyak berkontribusi, maka keberadaan Anda akan semakin dihargai dan diakui. Jalan menuju sukses pun akan terbuka semakin lebar.


Temukan hakikat diri Anda

Jika Anda telah berhasil menemukan hakikat pada diri Anda yang sebenarnya, maka teruskanlah berbuat demikian. Dengan demikian, Anda akan mendapati gairah baru dan mulai menyukai keadaan diri anda.

Berpikir "Sanggup"

Semuanya bisa terlaksana, asalkan Anda berpikir jika Anda sanggup melaksanakannya. Camkanlah kata-kata ini sedalam-dalamnya di dalam kalbu sanubari anda. Sebab kata-kata ini padat dengan muatan energi dan kebenaran.