Awas! Banyak blog yang pengunjungnya turun drastis, dampak algoritma terbaru google?

Awas, banyak saat ini blog berpengunjung tinggi berjatuhan, karena kehilangan banyak pengunjungnya. Sebuah blog mendapat rata-rata tertinggi trafik adalah dari mesin pencarian, terutama google search. Semua pasti sudah pada tahu,, :)

Algoritma mesin pencari google semakin sering mengalami update, untuk menjaring blog-blog yang dianggap tidak memiliki nilai yang baik bagi pengunjung. Hal ini mulai terasa sejak hilangnya blog AGC dari hasil mesin telusur. Hingga kini semakin spesifik saja kontent yang dianggap layak untuk berada dibaris terdepan SERP. Tak ayal, banyak blog yang dulunya merajai halaman pertama, kini sudah tak nampak lagi.

Kita mengenal beberapa update algoritma, seperti penguin, panda, google dance, humingbird, google fresh, dsb. Semua update memiliki sifat khusus dalam menjaring situs yang dianggap layak untuk disingkirkan.

Ada sebagian bloggers yang sedih melihat kenyataan ini, namun tak sedikit pula yang senang. Sedih sudah pasti, bagi yang harus merelakan blog andalannya hilang dari peredaran. Banyak Yang merasa senang, karena tentu mereka mendapat kesempatan untuk menikmati hasil dari trafik tinggi untuk blog mereka.Tentu saja jika mereka bisa membuat kontent yang mematuhi pedaoman dan persyaratan.

Apa syarat agar blog bisa naik peringkat, serta terhindar dari razia algoritma?

Tentu saja blog harus memenuhi pedoman webmaster google dan Syarat ketentuan penggunaan. Pedoman webmaster meliputi Desain web, konten dan kualitas.

Desain web dijelaskan, misalnya blog harus memiliki navigasi yang jelas, artinya setiap halaman harus mudah dijangkau, paling tidak oleh satu link statis. Jumlah tautan pada setiap halaman juga harus dalam jumlah yang masuk akal. Disarankan untuk membuat peta situs bagi pengunjung, agar mereka dapat menelusuri halaman yang ada.

Hindari terkena razia, mengetahui dan menjalankan pedoman kualitas webmaster.


Tingkatkan atau jaga kualitas blog Anda dengan tidak membuat:

  • Text dan tautan tersembunyi - Tautan atau text yang tidak dapat dilihat oleh manusia, namun dapat dilihat atau ditelusuri oleh robot. Contohnya, text yang sangat kecil or 0 piksel, menyamarkan tulisan dengan CSS, warna tulisan yang sama dengan background, atau membuat tautan dengan satu karakter (eg: koma, titik yang mengandung link). Hal ini akan dianggap oleh mesin telusur sebagai memperdayai pengunjung, dan blog dapat dihapus dari mesin telusur.
  • Kontent salinan/copas - Menerbikan ulang artikel yang telah dipublikasikan oleh situs lain. Bisa  mencakup auto generated, konten digenerasi dari feed, memodifikasi artikel, menggunakan sinonim otomatis, dan embeding konten, seperti video, gambar atau lainnya dari situs lain tanpa nilai tambah. Copas yang diketahui sebagai pelangaran hak cipta dampaknya bisa lebih parah, yaitu dihapus index situs dari pencarian. 
  • Kata kunci yang tak relevan - Termasuk keyword berlebihan sehingga membingungkan pembaca. Contoh lain, membuat judul dan meta deskripsi yang tak sesuai, sehingga terkesan mengelabuhi pengunjung.
  • Mengirim kueri otomatis - hal ini mungkin terlalu banyak ping blog, dengan harapan mendapat peringkat tinggi diserp.

Baca lebih detail: https://support.google.com/webmasters/answer/answer.py?answer=35769

Spam - Spam disini banyak sekali penafsirannya. 


Webspam:
Web yang mengandung konten spam, mencakup beberapa hal diatas, seperti autogenerated, katakunci tak relevan, copas dsb

Link Spam
Memperbanyak link keluar yang tak relevan, atau link ke sumber yang melanggar TOS. Termasuk link affiliasi yang tak bermakna bagi pengguna.Jika harus menggunakan tag "ALT"pada gambar, pastikan itu adalah akurat dan tak memperdaya pengunjung.

Backlink spam
Menanam backlink dalam suatu waktu dengan jumlah yang sangat banyak, misalnya menggunakan tool. Atau menanam backlink yang tidak natural (dari situs yang tak relevan). Termasuk nyepam komentar di blog lain, bisa diindikasikan dengan menanam anchor text yang sama secara berlebihan.

Komentar Spam
Komentar yang anda terbitkan dari pengunjung juga bisa diindikasikan spam dari komentar. untuk itu sebaiknya menggunakan antispam atau komentar yang dimoderasi. Komentar spam banyak sekali kriterianya, misalnya kata-kata yang melanggar TOS (eg: tak sesuai topik,judi, porno), kata yang sama berulang-ulang, mengandung kata kunci bersama anchor. Lebih jelasnya baca: https://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?answer=2721437


Jangan berharap blog Anda bisa lolos jika melanggar beberapa contoh pelanggaran diatas. Karena setiap saat spider akan mengunjungi  blog Anda, dan akan mencatat bahkan setiap perubahan kecil yang Anda lakukan.

Banyaknya blog-blog tinggi pengunjung yang sekarang ini mulai banyak yang menghilang jangan sampai menimpa Anda. Periksa sekarang juga sebelum terlambat, atau kedepan jangan ulangi lagi teknik yang bisa terjaring sebagai pelanggaran demi keberlangsungan.

Ada hikmah dibalik ini: Dengan begini, kita sebagai blogers secara tak langsung akan dididik untuk selalu bermain dengan sportif. Tidak lagi mau menggunakan teknik curang, yang merugikan blogers lain dan bahkan pengunjung dari search engine.

Tetap lakukan optimasi yang berada pada jalur yang benar, tidak lagi melakukan hal-hal melanggar seperti diatas.