Tanda tanda dan cara mengatasi blog yang terjaring update google penguin

Sudah tahukah Anda, apakah itu Google Penguin?...
Itu adalah sebutan untuk algoritma terbaru Google search, yang bertugas untuk memfilter situs yang dianggap sebagai webspam dari hasil pencarian.

Semakin ketatnya persaingan website diseluruh dunia untuk bisa menempati peringkat pertama hasil pencarian, mengakibatkan pengguna search engine semakin kesulitan untuk menemukan artikel yang benar-benar bisa membantu mereka. Banyaknya junk keyword, auto generated content, atau jenis websapam lainnya seolah memperburuk kinerja hasil pencarian yang relevan. Mungkin karena alasan inilah, sehingga Mbah merasa sangat membutuhkan sesuatu yang bisa mengatasi persoalan ini. Hasilnya, Biasa Anda rasakan sendiri. Performance mesin pencari sangat banyak mengalami peningkatan, kira-kira semenjak 2011 lalu. Anda sekarang tak akan menemukan lagi web yang begitu mengecewakan, yang berada pada peringkat pertama. Hal ini tak lain adalah karena berkah salah satu dari algoritma terbaru google, Penguin!

Saya kurang tahu persis, kapan algoritma burung ini pertama kali diluncurkan. Namun yang jelas, menurut informasi google penguin kini adalah update kedua (penguin v 2.0), yaitu tepatnya semenjak tanggal 22 mei 2013 lalu.

Hal ini tentu sebuah pengalaman baru yang sangat memuaskan bagi para pengguna mesin pencari google. Namun bagi pemilik web yang terkena dampak, hal ini seolah seperti sebuah bencana. Bagaimana tidak, web yang selama ini bisa memberikan "sesuatu" , kini telah lenyap dalam sekejab. Tapi bagi webmaster yang mau belajar, hal seperti ini hanya akan dianggap sebagai hikmah.

Ciri-ciri jika situs terjaring razia Google Penguin?.....
Dampaknya sangat nyata, tentu terlihat dari jumlah kunjungan harian. Penurunan pengunjung yang hanya sebesar 20-30% adalah wajar, mungkin karena meningkatnya jumlah persaingan keyword yang Anda tembak. Akan tetapi jika karena terkena razia penguin, jelas akan kelihatan tidak wajar. Kunjungan visitor blog bisa sangat menurun drastis hari itu juga!, paling parah hingga bisa 90%. Jika demikian, 90% blog Anda sudah bisa dipastikan telah terkena razia penguin.
Jadi Jika Anda merasakan hal ini setelah bulan mei kemarin, kemungkinan sangat besar jika web Anda benar-benar memang telah terjaring.

Apa penyebab terkena razia?...
Sesuai dengan tujuan algoritma ini, web yang diindikasikan sebagai web spamlah yang menjadi targetnya. Bagaimana sih web yang bisa dianggap sebagai webspam?..... Spam sendiri maknanya adalah sampah, atau Anda artikan saja sendiri :0 :) . Secara spesifik, mungkin hanya algoritma itu sendirilah yang bisa menangkap ciri-cirinya. Namun yang menjadi telah menjadi isu hangat, ciri webspam adalah web yang memiliki banyak membuat link schemes, memiliki kontent yang dianggap tak berkualitas, dianggap menyesatkan pengunjung, menanam link yang dianggap sebagai cara dari spammer, dll.


Untuk menghindari agar tak terjaring google penguin, tentu saja pasti bisa diupayakan oleh siapapun pemilik situs. Bahkan agar bisa terlepas dari penguin pun masih ada jalan yang bisa diambil. Akan tetapi saya menyadari, jika semua cara untuk menyelesaikan masalah diatas adalah tidak ada yang mudah. Semua proses bisa saja akan terasa berdarah-darah bagi sebagian orang.

Cara agar terhindar dari razia penguin, atau terlepas dari penalti jika sudah terjaring penguin.


Agar web tidak terjaring razia:


Penguin adalah bertujuan menjaring web spam, tentunya jangan melakukan hal apapun yang masuk sebagai cara spamer


  1. Update postingan lebih baik 1 kali sehari namun berkualitas dan unik, daripada 10 artikel sehari namun copypaste.
  2. Membuat backlink dalam jumlah yang wajar perhari, dengan jeda waktu cukup. Kebalikannya, share berlebihan ke social bookmark dkk, apalagi menggunakan tool keyword submit machine.
  3. Blogwalking memang baik, namun jangan membuat text jangkar dengan menggunakan kata kunci yang sama pada kolom komentar. 2 Kali sehari backlink dari komentar sudah cukup.Membuat komentar dalam waktu berdekatan secara berulang, apalagi dengan text jangkar yang sama merupakan ciri kental spammer. KADIV antispam Google, Matt Cuts sendiri dalam video youtube menyarankan, lebih baik menggunakan jangkar nama sendiri pada saat berkomentar di blog lain. Menggunakan keyword tertentu, atau nama produk tertentu pada saat komentar bisa terjaring sebagai spam.
  4. Paling tidak, web yang masih berada dalam cara-cara yang berdasar webmaster guidelineslah, kemungkinan yang akan tetap selamat. Untuk itu, sebaiknya baca panduan ini sebelum memulai sebuah web: https://support.google.com/webmasters/answer/35769?hl=id

Saya yakin, jika sobat menggunakan cara diatas kemungkinan terjaring operasi penguin akan sangat kecil. Menggunakan Cara yang baik saja masih bisa terjaring, apalagi menggunakan cara spam?

Cara agar terlepas dari penalty akibat razia penguin:


  1. Langkah pertama, periksalah google webmaster weblog Anda. Temukan, kemungkinan ada masalah dengan melihat pesan, maupun mengunjungi halaman Manual action. Jika ada pesan, bacalah dengan hati-hati, agar jelas menangkap permasalahan yang ada untuk pertimbangan melakukan reconsidered request. Walaupun tidak ada pesan apapun, bukan berarti web anda tak ada masalah. Lanjutkan memeriksa yang lain.
  2. Periksa Link yang menuju web Anda (link to your site). Periksa satu persatu web yang menampilkan Link Anda. Disavov link, jika ada web yang memberikan link unatural untuk web Anda (link yang buruk). Caranya masuk ke: https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main . Tujuannya adalah untuk mengingkari situs tersebut, agar diabaikan mesin pencari sebagai backling yang menuju web Anda.
  3. Masih di webmaster tool, carilah permasalahan situs yang lain yang mungkin ada, misalnya duplikat content, malmware dll. Tentu saja untuk segera diatasi.
  4. Berikan backlink yang berkualitas untuk web Anda yang terkena dampak. Backlink berkualitas adalah backlink yang berasal dari situs yang trusted. Seperti misalnya bisa dari situs dengan domain .Edu, .Gov, atau bisa juga dari domain TLD lain. Gunakan tool seperti dari Majestic SEO dan Moz untuk menentukan tingkat kepercayaan suatu domain tertentu .
  5. Periksa situs Anda sendiri (termasuk artikel dan desain web), cocokkan dengan webmaster guidlines. Perbaiki jika terdapat poin yang termasuk melanggar.Tidak mudah memang, apalagi weblog yang sudah sangat banyak memiliki artikel. Kalau sungguh-sungguh ingin segera berakhir, ya...apa boleh buat....
  6. Setelah itu tugas Anda hanya posting seperti biasanya, hingga saat yang Anda tunggu (dilepaskan kembali) telah tiba. Sampai kapan,,,,,Hasilnya mungkin akan kelihatan setelah ada pembaruan (update) google penguin berikutnya.

Memang Tak ada cara yang gampang. Namun saya yakin, Kesungguhan dan kerja keras biasanya akan memberikan hasil yang lebih baik.