Tips Cara menghasilkan uang dari blog bagi pemula

Saya mau menebak dulu sebelum menjelaskan perjalanan atau proses agar dapa menghasilkan uang hanya dengan jalan mengelola blog.

Jika anda mengetikkan kata kunci "Cara menghasilkan uang lewat blog", bisa saya tebak jika Anda baru saja mendengar cerita ini dari orang lain atau temennya teman Anda. Sehingga anda penasaran, dan mencari jawaban tentang caranya melalui browsing diinternet dan nyasar dimari. Ini adalah tebakan logika, bukan tebakan dukun, he,he,he.... jadi masih bisa meleset.

Ya!!!!!..Jika anda ingin mendapatkan pengetahuan tentang proses membuat blog, hingga berhasil sukses mendapatkan penghasilan, maka,,, mencari pengetahuan dengan jalan browsing diinternet sudah merupakan langkah yang benar!!!!........ Karena, di internet, semua sudah lengkap, mulai dari pemula yang masih nol potol, hingga tingkatan sekelas master, semuanya telah tersedia. Jadi lupakan tentang pelajaran formal, dan membeli buku yang mahal, jika Anda hanya ingin mendapat uang tambahan melalui blog.

Namun ada hal yang perlu garis bawahi...........

Ini bukanlah proses instan,,,,,,,,,,, butuh perjalanan, yang harus diawali dulu dengan merangkak, bangun, berjalan, berlari,, hingga jatuh lagi, dan berusaha lagi untuk bisa bangun dan bisa berlari lagi.

FAKTA yang berlaku!!....... Tidak ada yang instant disini. Namun yang perlu diingat adalah, ini adalah proses yang tak sesulit seperti yang Anda bayangkan, atau yang saya jelaskan diatas.

Jika Anda yakin, pasti akan berhasil.

"Sesuatu yang Anda yakini, itulah yang akan membentuk diri Anda,,,,"(Deddy Corbuzier- Hitam putih).

Lho, apa hubungannya????........... :) :)

Jika Anda sudah terbentuk, pasti akan dengan mudah melalui jalannya, dan tentunya bisa berlari.

Hanya itu kata motivasi dari saya, namun maaf, itu adalah kata-kata yang saya kutip dari sana-sini.

Dari mana Saya harus memulai?

Dasar

*Hanya bagi yang belum tahu apa itu blog dan cara membuatnya
Anda perlu melalui proses dasar, cukup hanya 10 menit didepan komputer. Cari tahu dulu, apa dan bagaimana cara membuat blog. Hal ini tak perlu Anda harus mengeluarkan duwit ekstra, selain untuk membayar biaya internet.
Tepatnya datang kesini nih,,,


Bukalah halaman Google.com atau google.co.id ,lalu lihat pojok kanan atas (klik expand), kemudian yang dibawah sendiri klik "more", atau scrool kebawah. Tak salah lagi, maksud saya blogger.com , adalah platform bikin blog gratis milik google. Buatlah blog pertama Anda, syukur kalau sudah memiliki akun gmail, sehingga tak perlu untuk registrasi akun google mulai awal. 1 akun google, anda sudah dapat menikmati email gratis, penyimpanan gratis,  blog gratis, dsb.

Untuk mendaftar diblogger, Anda hanya cukup menyelesaikan 3 langkah saja. Menurut saya, 10 menit sudah cukup.

Petunjuknya sudah lengkap kok, seperti bagaimana cara posting, kegunaan fitur, dll. Tersedia dalam bahasa Indonesia!!... so, apanya yang sulit untuk dapat membuat blog.

Menengah awal = 3 hari cukup?


Setelah Anda sudah mampu membuat blog seperti pada tahap dasar diatas, kini saatnya untuk melangkah ketahap berikutnya. Saya katakan disini tahap menengah awal. Pada tahap ini Anda hanya perlu untuk belajar bagaimana caranya membuat narasi atau tulisan yang menarik, enak dibaca. Dengan demikian, pengunjung blog Anda nanti merasa nyaman dalam membaca artikel blog Anda sampai tuntas.

Dengan semakin kerasannya pengunjung membaca artikel blog Anda, maka peluang blog dikunjungi banyak orang semakin besar. Hal ini karena salah satu kriteria blog yang dianggap penting oleh Mesin pencari adalah blog yang memiliki bounce rate sedikit, yaitu yang layak untuk ditempatkan dihalaman pertama hasil pencarian.

Nomor satu dihasil pencarian=pengunjung banyak=uang.

Tahap menengah akhir

 = butuh waktu, lama tidaknya tergantung seberapa kuat kemauan Anda.

Dalam tahap ini, jika Anda sudah berhasil membuat artikel yang direaksi baik oleh pengunjung blog melalui komentar. Ini saja belum cukup, karena Anda perlu untuk belajar yang namanya SEO (Search Engine optimation). Dan inilah inti dari tahap menegah akhir.

Agar blog Anda semakin sukses di hasil pencarian, anda perlu untuk mengetahui sedikit banyak dari ilmu SEO ini. Hal ini mencakup tentang kinerja situs Anda, penggunaan tool SEO seperti webmaster tool, google analityc, dll. Blog yang Anda kelola tidak selalu akan berjalan dengan baik kinerjanya. Hal-atau kondisi tertentu bisa berakibat buruk dengan kinerja situs blog Anda. Misalnya, loading yang berat, struktur template, halaman tak ditemukan, duplikat kontet, dsb. Dengan memahami teknik SEO, maka Anda akan dengan mudah dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kinerja blog di search engine.

Ingat, kompetitor Anda sangat banyak, dan semuanya tentu sudah sangat baik menguasai teknik-teknik ini. Jika Anda tak mau belajar tentang hal ini, maka sebaiknya kubur dalam-dalam angan-angan Anda untuk meraih sukses di blog.

Dalam tahap ini, Anda juga perlu belajar tentang sedikit teknik web dan desain. Nggak perlu mahir, cukup hanya dalam tingkat dasar saja. Pelajari juga tentang HTML dan CSS, yang diperlukan saat Anda menerapkan SEO onpage. HTML mencakup teknik bagaimana cara membuat anchor text, tautan, meta tag hingga mendesain tampilan blog sendiri.Hal ini juga patut diketahui, jika suatu nanti akan menerapkan kode iklan.

Tahap akhir

Anda sudah masuk tahap ini, jika tahapan diatas sudah bisa Anda kuasai semua. Walaupun ini adalah tahap Akhir, namun tak sesulit seperti apa yang ada pada tahap sebelumnya. Yang perlu Anda ketahui adalah, bagaimana cara memanfaatkan tingginya pengunjung blog Anda, agar dapat menghasilkan "sesuatu" yang Anda dambakan.Apalagi kalau bukan $$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$4..........

Anda bisa mengikuti program PPC
PPC atau payperclick, adalah program yang ditawarkan oleh perusahaan pihak ketiga, yang bersedia menempatkan iklan dari program yang mereka kelola dan membagi hasilnya dengan Anda sebagai pemilik blog. Nilai penghasilan dihitung berdasarkan jumlah klik tayangan iklan yang valid dan relevan. Semakin banyak pengunjung blog Anda, maka peluang untuk mendapatkan dollar juga semakin tinggi.

Untuk program monetisasi blog yang lain masih banyak, dan akan bisa anda lakukan nanti dengan sendirinya secara mengalir seperti air yang lewat sejalan dengan waktu bergelut Anda. PPC adalah program monetisasi blog yang paling umum dan paling mudah, seperti halnya CPM, CPC, CPL dkk. Jika blog yang Anda kelola bermutu, maka peluang besar bisa didaftarkan di adsense google, program PPC terbesar, terbaik, dan termahal didunia. Untuk itulah, jangan setengah-setengah dalam blogging, sehingga menghasilkan blog yang bermutu dan bernilai tinggi sehingga mudah diterima lamarannya. Cara daftar adsense bisa Anda pelajari disini

Tahap sukses

Pada tahap ini, Anda sudah dapat ilmunya. Anda hanya tinggal meningkatkan earning Anda setiap bulannya. Mau $30, $100, $300, $1000 perbulan hanya dari aktifitas bloging, bukanlah suatu hal yang tak mungkin. Asal mau fokus, konsisten, kerjakeras, tak takut bersaing, dan tak gampang menyerah. Anda juga sudah akan bisa mengembangkan ide-ide atau strategi baru sendiri.

Berapa penghasilan Saya?....

Ah, saya ini juga masih ditengah-tengah tahap terakhir, belum sampai pada tahap sukses. Artinya belum nyampai kepada penghasilan 4 digit. Terus terang, kalau blog ini hanya menyumbang uang pulsa dan rokok saja dalam satu bulan. Dan itu sudah sangat menunjang sekali dan patut disyukuri, karena bukankah angka $1000 itu harus dimulai dulu dari angka 1 sen?...

Sementara blog saya yang lain??, Adaaa deh,,,, dan saat ini tak lebih dari 10 blog menghasilkan yang saya kelola!. Sementara ada beberapa yang masih dalam proses waiting list

Saya bukanlah apa apa dalam rimba persaingan keras dalam mencari receh diinternet. Walaupun masih belum merasa suskes seperti mereka, setidaknya saya akan sangat senang sekali jika tulisan newbie ini bisa menginspirasi.