Inilah 5 Operasi Plastik Paling Pertama Di Dunia

Inilah 5 Operasi Plastik Paling Pertama Di Dunia


Inilah 5 Operasi Plastik Paling Pertama Di Dunia - Sudah begitu banyak disebutkan jika semua orang ingin selalu terlihat memiliki penampilan yang menarik. Hanya saja rupanya tak semua orang bersabar untuk itu, sehingga jalan operasi plastik kerap kali dilakukan agar seseorang terlihat menarik dalam waktu singkat.

Jika saat ini, operasi plastik menjadi primadonna singkat untuk membuat seseorang lebih keren. Pernahkah kamu terpikir bagaimana pengalaman orang-orang yang melakukan operasi plastik untuk pertama kalinya di dunia ini? ini dia mereka!



1. Walter Yeo : Operasi Plastik

Walter Yeo

Walter Yeo adalah seorang pelaut Inggris saat Perang Dunia I dan dirinya dikenal sebagai orang pertama yang melakukan operasi plastik. Yeo mengalami luka wajah mengerikan, termasuk hilangnya bagian atas dan bawah kelopak matanya saat ada di HMS Warspite ketika Perang Jutland terjadi. Pada tahun 1917, Yeo dirawat oleh Sir Harold Gillies, orang pertama yang menggunakan cangkok kulit dari daerah tubuh yang tak rusak. Yeo adalah pasien pertama Gillies di rumah sakit Queen Mary yang beruntung dengan teknik yang dia kembangkan. Yeo mendapatkan kelopak mata baru dengan kulit yang dicangkokkan di mata dan wajahnya. 


2. William M Spreckley : Operasi Hidung 

William M Spreckley

Setelah Walter Yeo, dokter Harold Gillies kembali melakukan operasi dan kali ini pada hidung prajurit William M Spreckley, seorang letnan dari kontingen Inggris, batalyon ke-16. William adalah pasien Gillies yang ke-132 dan dirawat di rumah sakit pada Januari 1957 saat dirinya berusia 33 tahun. William sendiri mengalami luka tembak yang merusak hidungnya. Setelah operasi pertama dan perawatan, William keluar dari rumah sakit 3,5 tahun kemudian pada Oktober 1920 dan William tetap melakukan operasi plastik bertahap sampai mendapatkan bentuk hidungnya lagi.



3. Willie Vicarage : Rekonstruksi Dagu

Willie Vicarage

Willie Vicarage menderita luka parah terutama di wajahnya saat Perang Jutland pada 1916 silam. Karena itu Willie dikenal sebagai pria pertama yang menerima rekonstruksi wajah melalui operasi plastik. Saat itu antibiotik belum ditemukan, sehingga sangat sulit menghindari infeksi akibat operasi. Lagi-lagi, dokter Gillies yang berjasa pada Willie. Gillies memutuskan menggunakan lipatan kulit dari dada atau dahi untuk ditempel di wajah Willie. Dengan tetap menjaga suplai darah ke organ tubuh, rupanya metode Gillies ini bisa mengurangi infeksi dan tentunya memberikan bentuk wajah lagi untuk Willie. 


4. Timmie Jean Lindsey : Implan Payudara 

Timmie Jean Lindsey

Pada tahun 1962, seorang ibu rumah tangga muda asal Texas, Timmie Jean Lindsey dibujuk untuk menjadi kelinci percobaan implan silikon payudara. Meski penghasilannya sebagai karyawan perusahaan elektronik, Timmie mendapat perawatan gratis di sebuah klinik untuk implan payudara ini. Prosedur operasi plastik ini sebetulnya ditujukan untuk perempuan-perempuan yang memiliki bentuk dada kendur pasca melahirkan. Dan hasilnya, Timmie sukses menjalani implan itu dan membuka kesempatan pada jutaan wanita lainnya di dunia sampai saat ini.



5. Isabelle Dinoire - Transplantasi Wajah

Isabelle Dinoire

Transplantasi wajah adalah sebuah prosedur medis untuk mengganti seluruh atau sebagian wajah seseorang. Dan manusia pertama yang wajahnya ditransplantasi secara parsial adalah kepada Isabelle Dinoire pada 27 November 2005. Operasi itu dilakukan oleh ahli bedah mulut, Bernard Devauchelle dan ahli rahang atas, Jean-Michel Dubernard di Amiens, Prancis. Isabelle sendiri memutuskan menjalani operasi pergantian wajah setelah dirinya diserang membabi buta oleh anjing hitam jenis Labrador Retriever. Disebutkan Isabelle mendapatkan jaringan wajah seperti hidung dan mulut dari seorang wanita yang meninggal karena kanker otak. 18 bulan pasca operasi, Isabelle begitu senang mendapatkan wajah barunya.

Nah, itulah 5 Operasi Plastik Paling Pertama Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

Baca Juga #10 Operasi Plastik Paling Buruk Di Dunia.

Sumber Artikel
loading...