Tips agar berhasil berbisnis online bagi pemula

Saya menulis tips ini bukan berarti saya sudah merasa sukses dibisnis online. Hanya saja saya ingin berbagi beberapa potong kata dari beberapa pebisnis online yang sudah sukses, yang saya rangkum menjadi satu diblog ini. Siapa tahu bisa membantu meluruskan Sobat, sehingga bisa sukses mengikuti jejak mereka.

Berikut tips-tips memulai bisnis online bagi pemula

Menyadari fakta bisnis online yang sebenarnya

Banyak yang bilang jika bisnis online itu bisa mendapat penghasilan otomatis, alias autopilot atau passive income, tanpa harus melakukan apapun. Itu adalah pendapat orang yang belum pernah menerjuni samasekali bisnis online, karena faktanya tidaklah demikian.

Bisnis online itu butuh kerja keras, bahkan bisa berdarah-darah juga. Bayangkan, sering tidak tidur semalaman, sering lupa makan, kehilangan waktu buat keluarga adalah hal yang biasa. Berbagai masalah selalu saja datang untuk segera diatasi, bahkan harus dilakukan sesegera mungkin.

Hasil akhirnya bisa saja laksana autopilot, namun jika sampai terlena dan lupa mengurusinya lagi, akibatnya bisa tidak akan menerima gajian rutin lagi.

Bersabar, dan Pergunakan prinsipnya Pak Tani

#Sebelum panen, Pak Tani akan bekerja keras untuk merawat tanamannya, dan bahkan harus rela mengeluarkan modal.
Seperti itulah bisnis online pada kenyataanya, sobat harus mau bekerja bersusah payah membangun blog, website, membangun jaringan,dan juga butuh modal.
#Pak tani dalam merawat tanaman pasti tahu, jika ia bisa saja rugi besar karena gagal panen. Pebisnis online juga begitu, ia juga harus siap jika hasil akhirnya adalah kegagalan.
#Pak Tani akan menanam lagi dari awal, walaupun musim tanam sebelum nya harus diterima dengan gagal panen. Pebisnis online yang mau sukses juga harus begitu, jika proyek sebelumnya gagal, maka jika ingin berhasil juga harus mau memulai lagi proyek yang baru.
#Pak tani akan menyimpan padinya dilumbung, untuk jaga-jaga jika musim depan dilanda paceklik. Pebisnis online juga harus bisa berlaku demikian, karena sangat mungkin terjadi jika suatu saat terjadi seret penghasilan.

Mencari dan mau mempelajari hal baru yang berkaitan dengan bisnis Sobat

Tidak ada cara yang mudah dan bisa dilakukan dengan cara instan dan kilat dalam bisnis online, karena banyak sekali pengetahuan yang sobat butuhkan. Dengan demikian banyak-banyaklah belajar hal-hal baru yang terkait dengan bisnis online yang sobat jalankan.

Cara-cara lama yang dikenal efektif bisa saja menjadi tak efektif lagi di masa kini(dinamis). Jadi, janganlah malas untuk mencari informasi terbaru yang berkiatan dengan usaha yang sobat jalankan, sehingga bisa tetap bertahan untuk jangka waktu yang panjang.

Tipsnya: Berlangganan newsletter dari blog yang membahas tuntas seputar bisnis online dan selalu update.Atau rajin-rajinlah browsing dikala wwaktu senggang.

Jangan terlalu memikirkan pendapatan diawal perjalanan

Jika diawal perjalanan sobat sudah memikirkan hasil akhir, kemungkinan besar justru tak akan pernah berhasil. Kenapa demikian?,,,,,,
Ini sama saja dengan bisnis real, yang pada umumnya akan berhasil setelah melalui banyak proses. Proses dari awal memulai bisnis online itu juga berat, perlu fokus, dan waktunya lama, sehingga memikirkan hasil hanya akan membuat sobat berhenti ditengah jalan.

Yang perlu dilakukan hanyalah terus melewati proses yang seharusnya, dan pada saatnya nanti penghasilan akan ngikut dengan sendirinya. Pada intinya, memikirkan penghasilan diawal perjalanan hanya akan membuat sobat tidak fokus.

Carilah mentor

Tanpa ada pebisnis lain yang menjadi mentor sobat, maka proses yang sobat lalui akan lebih sulit dan sangat lama. hal ini karena tidak ada orang yang akan menunjukkan cara yang benar dan lebih baik, untuk membantu memecahkan semua masalah dan kesulitan sobat.

Mentor dalam bisnis online tak harus setia membimbing disamping Sobat, akan tetapi sobat cukup dengan rajin mendatangi blog-blog tutorial para master. Atau bergabung di forum forum komunitas bisnis online, atau forum diskusi online lainnya. Pengalaman adalah guru terbaik dalam berbisnis online, sehingga pengalaman para mentor bisa sobat jalankan. kalau perlu menghubungi mereka melalui email dan bertanya tentang kesulitan yang sobat alami.

Jangan takut salah

Kesalahan dalam segala hal itu biasa, termasuk pada saat menjalankan proses dibisnis online. Jangan takut melakukan kesalahan dalam melangkah, karena itu hanya menghambat kreatifitas sobat. Mengalami trial error adalah hal yang sangat umum, dan hasil yang terbaik pasti akan dinikmati kemudian.

Misalnya: Takut melakukan kesalahan saat optimasi SEO, sehingga SERP justru akan jatuh. 

Jika selalu mengalami ketakutan yang demikian, maka kapan akan mendapat hikmah dan pengalaman?.

Jangan takut bersaing

Persaingan ada disegala bidang , termasuk dalam dunia bisnis online. Jangan ngeri melihat tingginya angka persaingan, lantas tidak mau melanjutkan. Bisnis online yang paling sederhana pun (blogger), harus mau berhadapan dengan tingginya persaingan keyword di SERP. Bagi siapa yang kreatif menciptakan ide baru, persaingan bukanlah masalah yang begitu berarti.

Jadi jangan takut bersaing, karena rejeki sudah ada yang ngatur.

Fokus pada tujuan awal

Sobat masih dalam setengah perjalanan proses berbisnis online sebagai penerbit(PPC misalnya), dan masih belum mendapatkan penghasilan. Kemudian anda membaca cara bisnis online terbaru yang terlihat lebih menggiurkan, lantas beralih ke bisnis terbaru tersebut dan berhenti dari tujuan semula sebagai publisher PPC. Ketahuilah bahwa bisnis terbaru tersebut belum tentu cocok buat sobat, sehingga kemungkinan gagal juga sangat tinggi.

Jadi sebaiknya fokus dulu pada tujuan awal hingga berhasil, sebelum sobat mencoba untuk jenis bisnis yang baru.

Jangan sayang jika harus megeluarkan modal

Saya mau meluruskan fakta, jika sobat mungkin pernah mendengar ungkapan " Bisnis online itu bisa tanpa modal". Memang bisa saja, jika mau tahan dengan proses yang lama dan penghasilan yang terbatas. Jika ingin cepat dan lebih baik, mengeluarkan sedikit modal juga sangat diperlukan.

Namun, mengeluarkan modal bukan hanya sekedar mengeluarkan modal. Tentu ada pertimbangan kuat yang cukup beralasan.

Contoh yang Paling mendasar: 
  • Masak iya sih, mau berbisnis cari untung kok hanya mengandalkan domain gratis. Beli dong,,,,,,
  • Jangan menyerah dengan kemampuan terbatas. Misalnya sobat kesulitan untuk membuat template blog yang SEO friendly, kenapa tidak mempertimbangkan untuk membeli?....
Mengeluarkan modal bisa melahirkan dampak psikoligis yang positif, sebab sobat akan merasa sayang jika harus menghentikan usaha ditengah jalan. Sure?

Siap dan memiliki keyakinan

Siap dalam artian: 
  • Tak selamanya dalam bisnis online itu mendapatkan rejeki yang stabil. Bisa sangat mungkin bulan ini sobat mendapat 3 digit USD, namun juga sangat mungkin jika dibulan depan harus mau menerima kenyataan dengan gajian hanya 2 digit saja. 
  • Tak selalu partner bisnis online anda bersifat jujur dengan sobat, karena suatu saat bisa saja menipu Anda. Tidak dibayar, dibanned dari sebuah program kerjasama, misalnya afiliasi dan PPC) adalah hal yang biasa.

Jadi sebelum memulai sebuah program bisnis online, persiapkan mental sobat untuk kemungkinan terburuk, seperti halnya pada contoh 2 poin diatas.

Memiliki keyakinan:

Yakinlah, rejeki sudah ada yang ngatur. Jadi jika Anda mengalami kendala yang berimpact buruk pada penghasilan, tidak berhenti dan berusaha mencari program yang lebih baik dan kalau bisa yang lebih menghasilkan.

Nah, itulah beberapa masukan tentang tips bisnis online yang pernah diajarkan oleh banyak master yang telah sukses. Dan hanya inilah yang memacu semangat saya hingga bisa bertahan sampai saat ini.

Take Action!

Sepandai apapun dan sepintar apapun sobat memiliki strategi, tanpa take action juga percuma kan?....

Belajar sih memang perlu, tapi jangan kebabalasan. Prinsipnya, dapet ilmu dikit, langsung praktekin. Jadi, jangan hanya numpuk teori saja dikepala, ntar nggak berangkat-berangkat, bahkan lama-lama akan merasa bosan. Naik tangga nggak akan bisa, kalau tidak dimulai dari gigi satu kan?...

Take Action!


Berbagai pengalaman: Blog ini adalah blog pertama saya saat mulai belajar menekuni PPC, dan umur blog ini kurang lebih sudah tahun. Hingga Saat ini, saya sudah memiliki 5 blog PPC yang menurut saya sudah cukup membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga saya. Sebelumnya saya bermain di internet marketing, dan juga telah saya rasakan hasilnya selama sekian tahun.