10 Hewan Paling Cerdas Di Dunia

10 Hewan Paling Cerdas Di Dunia



10 Hewan Paling Cerdas Di Dunia - Binatang merupakan salah satu makhluk hidup yang dibekali cara untuk berevolusi dan beradaptasi dengan lingkungan hidupnya. Namun ada beberapa hewan yang memiliki kemampuan otak di atas rata-rata dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk bertahan hidup. Berikut 10 Hewan Paling Cerdas Di Dunia yang bisa beradaptasi dengan lingkungan secara menakjubkan.


1. Monyet Capuchin

Monyet Capuchin


Capuchin merupakan salah satu jenis primata yang dikenal memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Hal ini bisa dilihat dari cara mereka mencari makanan, yang mana capuchin bisa menyelesaikan masalah terkait makanan dengan menggunakan cara sederhana seperti memukul kerang ke benda keras agar terbuka cangkangnya.


2. Kea

Hewan Paling Pintar Di Dunia

Burung Kea yang termasuk dalam spesies burung paruh bengkok ini diketahui sebagai salah satu hewan paling cerdas di dunia. Burung ini bisa menyelesaikan masalah dalam bentuk halang rintang dengan cepat dan benar. Bahkan kepintaran burung ini disebut hampir menyamai primata.


3. Orang utan

Hewan Paling Pintar Di Dunia

Orang utan dikenal sebagai salah satu primata yang hebat dalam hal observasi lingkungan dan imitasi tindakan.

Orang utan menunjukkan kecerdasannya di alam liar dengan cara memanfaatkan benda disekitar untuk mencari makan ataupun berlindung dari ganasnya kondisi alam. Sebagai contoh, orang utan sering menggunakan dedaunan untuk digunakan sebagai sarung tangan ketika memanjat pohon berduri, ataupun menggunakannya untuk berlindung dari hujan.


4. Gagak Kaledonia

Hewan Paling Pintar Di Dunia

Burung gagak Kaledonia dikenal dengan kemampuannya memanfaatkan benda sekitar sebagai alat bantu untuk mendapatkan makanan. Contohnya, burung ini sempat terekam tengah menggunakan ranting untuk mengambil ulat yang berada di dalam lubang batang pohon.


5. Semut

Hewan Paling Pintar Di Dunia

Semut memiliki insting yang luar biasa dalam hal kerja sama dengan koloninya untuk melumpuhkan hewan yang memiliki ukuran puluhan kali lebih besar.

Selain itu, semut juga dikenal dengan keahliannya untuk saling bergabung guna menyelamatkan diri dari bencana banjir dan menyelamatkan seluruh koloninya.


6. Gagak Carrion

Hewan Paling Pintar Di Dunia

Spesies gagak ini sempat menghebohkan para peneliti dengan kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan sekitar dengan cara mengobservasi lingkungan dan kebiasaan makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

Burung gagak ini bisa memanfaatkan mobil untuk memecahkan kacang dengan menaruhnya di atas zebra cross yang mana menjadi tempat aman untuk menyeberang di jalan raya, dan mengambilnya saat lampu lalu lintas berwarna merah.


7. Gurita

Hewan Paling Pintar Di Dunia

Gurita menjadi hewan tanpa tulang belakang paling cerdas di dunia. Hewan laut bertentikel ini dikenal bisa mengobservasi lingkungan sekitarnya dengan baik dan bisa memecahkan masalah dan melewati halang rintang untuk mendapatkan makanannya.


8. Gajah

Hewan Paling Pintar Di Dunia

Gajah terkenal sebagai hewan mamalia dengan daya ingat tinggi sehingga hewan ini dapat menangkap sesuatu yang diajarkan dan dilihatnya dan menyimpannya di dalam otak dalam jangka waktu yang lama.

Gajah juga dikenal sebagai hewan yang memiliki keterikatan emosi dengan sesamanya. Bahkan gajah akan terlihat sedih jika melihat salah satu dari anggota keluarganya meninggal.


9. Lumba-lumba

Hewan Paling Pintar Di Dunia

Lumba-lumba menjadi binatang laut dengan tingkat intelegensi yang di atas rata-rata. Hal ini dibuktikan dengan cara mereka melakukan perburuan dengan menggunakan kerja sama tim yang cukup rumit untuk meningkatkan tingkat keberhasilan dalam sebuah perburuan makanan.


10. Simpanse

Hewan Paling Pintar Di Dunia

Simpanse menjadi binatang dalam spesies primata dengan tingkat intelegensi paling tinggi.

Simpanse terkenal dengan cara beradaptasi mereka dalam mencari makanan dengan menggunakan benda di sekitar mereka untuk dijadikan alat bantu. Sebagai contoh, simpanse akan menggunakan batu untuk memecahkan kulit kacang guna mendapatkan isinya.

Baca Juga #4 Hewan Yang Lakukan Pelecehan Seksual Pada Manusia.