7 Penemuan Di Bawah Laut Paling Misterius Di Dunia

7 Penemuan Di Bawah Laut Paling Misterius


Para peneliti maupun ilmuwan tak merupakan mereka yang terus mencari hal-hal baru yang ada di dunia ini. Yah, jika dipikir-pikir lagi, hidup ini memiliki segudang misteri yang tersembunyi di dalamnya. Dan beberapa kejadian di masa lalu pun agaknya memberi kita sedikit petunjuk mengenai apa yang pernah terjadi dahulu.

Terbukti oleh apa yang ditemukan para pencari misteri ini yang akan membuat orang dapat menerka kejadian-kejadian yang tak terungkap. Nah seperti yang dilansir oddee.com, beberapa benda telah ditemukan dalam lautan yang usianya sudah sangat kuno. Lantas, apa saja sih yang mereka temukan, dan hingga kini masih menjadi sebuah misteri?


Sebuah Kota



Rasanya pasti tak akan pernah percaya dengan sebuah kota yang lantas mendadak hilang dan tak lagi ditemukan. Namun sesungguhnya hal ini terjadi lebih sering daripada yang Anda bayangkan loh ladies. Pasalnya akibat pencairan es dan juga beberapa faktor lain, kehilangan kota ke dasar laut merupakan fakta yang sangat disayangkan.

alah satu contoh yang paling menonjol ada di lepas pantai Mesir. Kota Thonis, yang dikenal sebagai Heracleion ke Yunani kuno berusia lebih dari seribu tahun. Para peneliti menemukan kota ini di dalam sebuah lautan pada tahun 2000 silam. Yah, walau tak memungkinkan untuk ditarik kembali, namun beberapa hal dari kota itu dapat dijadikan sebagai bukti sejarah hilangnya kota tersebut.

Komputer Kuno Berusia Ratusan Tahun?


Para peneliti sangat terkejut dengan apa yang telah mereka temukan di bawah laut ini. Pasalnya, sebuah barang yang dikenal memiliki usia ribuan tahun itu terasa sangat familiar dengan apa yang ada di jaman sekarang. 

Yah sebuah mesin komputer dengan bentuk yang sangat kuno sekaligus mekanisme yang tak diketahui itulah yang membuat mereka terkejut dan terkesima. Dianggap sebagai komputer analog pertama di dunia, komputer ini dipercaya memiliki fungsi untuk memprediksi gerhana bulan dan matahari berdasarkan aritmatika. Namun masih belum pasti benar, apa fungsi sesungguhnya dari perangkat misterius tersebut.


Bekas Apollo 11


Pada bulan Maret 2013, CEO Amazon Jeff Bezos tampaknya memutuskan bahwa sudah waktunya untuk melakukan sesuatu yang benar-benar gila. Dan benar saja, ia pun memutuskan untuk mencari pesawat lepas landas Apollo 11 yang dulunya digunakan untuk pergi ke luar angkasa.

Dan benar saja, rongsokan itu telah berbaring di dasar laut sejak diluncurkan kerajinan pada tahun 1969. Artefak zaman modern itu ditemukan secara rahasia, dan tetap tertutup sampai mereka bisa diidentifikasi secara positif sebagai dari penerbangan legendaris. Kedua mesin dan bagian yang ditemukan saat ini sedang dipulihkan sebelum mereka akan dipajang di Kansas Cosmosphere dan Space Center.


Satu Set Meriam Bajak Laut


Pada 1718, bajak laut legendaris yang dikenal sebagai Blackbeard harus kehilangan kapalnya setelah terdampar di perairan dangkal di lepas pantai Beaufort. Dan kapal yang pada akhirnya harus tenggelam itulah yang lantas menjadi sebuah misteri yang belum terungkap dari segi kisah maupun bukti otentik.

Hingga di tahun 2013 ini, North Carolina's Department of Cultural Resources terkejut dengan apa yang selama ini masih menjadi pertanyaan besar mereka. Yah satu set meriam yang berjumlah 20 buah ditemukan di dasar laut dengan berat 1000 kilogram. Dan kabarnya, sebelum dipamerkan, beberapa meriam ini akan diteliti dan dipulihkan hingga 2014 nanti.

Dinosaurus!


Banyak orang yang masih mempertanyakan keberadaan Dinosaurus sebagai hewan punah yang pernah hidup di bumi ini. Namun apa yang telah para peneliti ini temukan mungkin akan sedikit banyak mengejutkan siapapun yang mengetahuinya.

Yah, pada tahun 2012 lalu, mikroba dari era Dinosaurus ditemukan di dalam air laut yang sangat dalam sekali. Namun tentu mereka tak lagi hidup akibat tak mampu mempertahankan metabolisme di dalam air. Selain itu, mikroba ini pun sangat tersembunyi dan sudah ada sejak 86 juta tahun lamanya. Believe or not?

Harta Karun


Lebih dari 61 ton perak senilai $ 36.000.000 atau sekitar 360 miliar rupiah telah ditemukan dari Samudera Atlantik. Ternyata harta tersebut diperkirakan menjadi saksi biksu kapal Inggris yang karam sekitar pada tahun 1941 yang ditenggelamkan oleh Nazi.

Kapal itu sendiri diperkirakan tenggelam hampir 300 mil di lepas pantai Irlandia dan diyakini hilang untuk selamanya. Namun pada musim panas di tahun 2012 silam, Odyssey Marine Exploration of Tampa menemukan kapal karam yang akan dipulihkan untuk dijadikan pameran ini. Bravo!


Gurita Raksasa Legenda


Tidak ada daftar penemuan bawah laut aneh yang lengkap tanpa binatang tentakel raksasa legenda. Diketahui dari mayat yang ditemukan oleh nelayan yang telah terdampar di pantai selama berabad-abad. Dan diperkirakan ini menjadi bukti adanya hewan yang memiliki ukuran lebih dari 40 meter panjangnya.

Pengamatan pertama dari cumi-cumi raksasa itu dinyatakan pada tahun 2001. Namun walau masih belum terdapat bukti otentik, beberapa orang meyakini adanya cumi-cumi legenda tersebut. Bagaimana menurut Anda, percaya atau tidak?