9 Tempat Terbaik Rayakan Tahun Baru Imlek 2014

9 Tempat Terbaik Rayakan Tahun Baru Imlek 2014



Tahun Baru Imlek
Kembang api tahun baru di Sydney. ©2014 Merdeka.com/mattsinclair.com

9 Tempat Terbaik Rayakan Tahun Baru Imlek 2014 - Perayaan tahun baru Imlek selalu identik dengan warna merah di segala penjuru kota, dan kembang api serta petasan yang dinyalakan di mana-mana. Apakah Anda sudah merencanakan tempat akan merayakan tahun baru imlek? Jika Anda ingin merayakannya di luar negeri, berikut ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa jadi tempat seru untuk merayakan tahun baru Imlek, seperti yang dilansir dari All Women Stalk.


1. Hong Kong

Tahun Baru Imlek
Kembang api tahun baru di Hongkong.

Pada perayaan tahun baru Imlek disetiap tahunnya, Hong Kong selalu menyediakan waktu khusus selama 15 hari untuk merayakannya. Selama waktu tersebut, Anda bisa menikmati parade kebudayaan Tiongkok dan barongsai di sekitar Tsim Sha Tsui East, pesta kembang api dan gemerlap pesan-pesan istimewa di angkasa di Victoria Harbour. Semua orang akan saling mendatangi anggota keluarganya dan memakai pakaian baru, lalu belanja berbagai barang untuk sekadar bersenang-senang. Bagi Anda pencinta belanja, diskon tahunan tiap tahun baru Imlek di sini begitu menggiurkan.


2. London

Tahun Baru Imlek
Kembang api tahun baru di London.

Di London, Anda bisa menikmati perayaan Tahun Baru Imlek yang meriah di daerah China Town-nya yang selalu ramai tiap tahunnya. Event utama Imlek di ibukota Inggris ini berada di sekitar Leicester Square dan Shaftesbury Avenue. Dengan banyaknya turis domestik asli Inggris yang antusias merayakan Tahun Baru Imlek dengan sajian barongsai dan parade lainnya khas budaya Tiongkok, Anda akan mendapatkan pengalaman Imlek baru yang tak terlupakan.


3. Ho Chi Minh City


Tahun Baru Imlek
 Kembang api tahun baru di Ho Chi Minh City.

Di Vietnam, perayaan Tahun Baru Imlek disebut dengan Tet. Pesta besarnya biasanya diadakan selama 3-5 hari, namun warna-warni kota yang penuh hiasan khas Tahun Baru Imlek begitu meriah dan menyenangkan untuk ditonton. Barongsai juga bisa Anda temui di hampir tiap tempat peribadatan Tiongkok di sini.


4. San Fransisco


Tahun Baru Imlek
Kembang api tahun baru di San Fransisco

Siapa yang menyangka bahwa perayaan Tahun Baru Imlek di Amerika Serikat sana juga begitu meriah? Di San Fransisco, Tahun Baru Imlek dirayakan selama 2 minggu penuh dengan rentetan berbagai acara seperti pemilihan Miss Chinatown, parade merah dan karnaval barongsai. Peristiwa Gold Rush di zaman dahulu berhasil mendatangkan banyak masyarakat China ke San Fransisco dan menjadikan perayaan tahun baru imlek sebagai tradisi tetap San Fransisco selama kurang lebih 150 tahun lamanya.


5. Singapura


Tahun Baru Imlek
Kembang api tahun baru di Singapura.

Singapura adalah salah satu negara di dunia yang memiliki populasi keturunan Tiongkok yang banyak. Oleh karena itulah, perayaan Tahun Baru Imlek di negara ini begitu meriah dan ramai akan turis asing. Seperti biasa, Anda bisa menikmati parade dan karnaval barongsai dan kembang api di malam hari. Saking spesialnya perayaan Tahun Baru Imlek di Singapura, pemerintahnya sampai memberikan hari libur nasional 2 hari untuk perayaan ini.


6. Helsinki


Tahun Baru Imlek
Kembang api tahun baru di Helsinki.

Finlandia memang baru saja memulai tradisi perayaan Tahun Baru Imlek pada tahun 2008. Namun, hal tersebut tidak membuat perayaan Imlek di ibukotanya, Helsinki, biasa-biasa saja. Perayaan besarnya dimulai sejak tanggal 30 Januari dan berpusat di Lasipalatsi Square. Parade barongsai dan tarian Tiongkok lainnya ada di kawasan The Three Smiths Statue. Ada pula event pameran kebudayaan Tiongkok yang begitu menarik di tiap acara yang berlangsung. Acara puncaknya, yaitu malam kembang api, dirayakan di Toolonlahti Bay, dengan layar besar menayangkan perayaan Tahun Baru Imlek di Beijing.


7. Sydney


Tahun Baru Imlek
Kembang api tahun baru di Sydney.

Hampir sama dengan San Fransisco, masyarakat Tiongkok banyak berdatangan ke Australia pada masa Gold Rush dulu. Keturunan para imigran ini kemudian menanamkan budaya nenek moyang mereka ke peradaban Australia. Sebagai bukti, Sydney, sebagai salah satu wilayah paling ramai di Australia, memiliki perayaan Tahun Baru Imlek yang betul-betul megah. China Town di sana begitu besar dan selalu menghadirkan parade barongsai yang memukau, sekaligus pesta kembang api yang menakjubkan.


8. Paris


Tahun Baru Imlek
Kembang api tahun baru di Paris.

Paris menjadi wilayah yang paling antusias dalam menyambut Tahun Baru Imlek di seluruh dataran Prancis. Perayaan Imlek di sana resmi dimulai pada tanggal 8 Februari dan menampilkan parade barongsai yang mengelilingi kawasan Marais, Belleville dan The 13th Arrondissement. Warna kuning dan merah akan mendominasi setiap sudut kota dan menjanjikan sebuah pengalaman perayaan Tahun Baru Imlek yang unik untuk Anda.


9. Beijing


Tahun Baru Imlek
Kembang api tahun baru di Beijing.

Bicara soal perayaan Tahun Baru Imlek, tentunya Anda tidak boleh melewatkan pusat dari kebudayaan Tiongkok yaitu, Beijing. Berbagai pertunjukan menarik siap disuguhkan untuk masyarakat saat Tahun Baru Imlek tiba, dari mulai akrobat, tari barongsai, hingga pertunjukan musik khas Tiongkok. Suasana perayaan Tahun Baru Imlek di Beijing tentunya lebih ramai, lebih meriah, dan lebih megah dari tempat manapun di dunia ini. Termasuk wisata belanjanya yang selalu berhasil menguras kantong para wisatawan.