Fakta Ibu Hamil Yang Suami Wajib Ketahui

Zona1000.com - Hamil merupakan idaman bagi setiap wanita yang telah menikah. Banyak diantaranya wanita yang ingin segera hamil setelah menikah, dan ada juda yang menunda hamil karena alasan tertentu.

Bagi anda para wanita pasti yang sudah berumur dan baru saja menikah pastilah tidak menunda kehamilan dan ingin segera hamil dan mempunyai momongan dikarenakan faktor umur yang sudah terlalu tua saat menikah.
Dikalangan masyarakat kita kehamilan itu sendiri memiliki banyak cerita tersendiri seperti mitos yang memang turun temurun dari jaman nenek moyang terdahulu hingga sampai saat ini.
Buat anda para suami simak berberapa Fakta Menarik Seputar Ibu Hamil yang dikutip dari health.detik.com :

Fakta Ibu Hamil

1. Uring-uringan Saat Hamil
Pada saat hamil, beberapa ibu lebih gampang tersulut emosinya sehingga mudah uring-uringan. Psikolog Debora Basaria menuturkan pada trimester pertama, yakni di awal pembentukan janin, pasti ada perubahan hormonal dalam diri seorang perempuan. Nah hal ini berdampak pada sensasi fisik seperti rasa mual, pusing, dan rasa tidak enak pada tubuh. Sensasi tidak menyenangkan inilah yang kemudian bisa berdampak pada kondisi emosi ibu.

2. Bentuk Perut Tak Terkait Jenis Kelamin Bayi
Konon jika janin yang dikandung berjenis kelamin laki-laki maka bentuk perut sang ibu 'mancung' alias lebih maju ke depan seperti ujung telur. Sedangkan jika janin yang dikandung perempuan maka bentuk perut ibu hamil lebih bulat atau melebar.
Malcolm Dixon, dokter kandungan dan ginekolog di Rochdale Infirmary, menyebut terkadang posisi bayi di dalam rahim juga mempengaruhi penampakan baby bump. Jika punggung janin di depan, maka lengan dan kakinya kurang tampak, sehingga bentuk baby bump 'lebih rapi'. Sedangkan jika janin membelakangi sang ibu, maka lengan dan kakinya kerap 'mencuat'.

3. Sulit Tidur di Malam Hari
Salah satu masalah yang kerap dialami ibu hamil yakni sulit memejamkan mata saat malam hari. Ini bisa terjadi karena ibu merasa mulas, pinggul linu, ingin buang air kecil di tengah malam, hingga terganjal kondisi perut yang besar. Ya, saat perut semakin besar, rasanya memang tidak nyaman saat terlalu lama berada di suatu posisi tertentu. Jika Anda mengalaminya, Anda tidak sendiri. Ketimbang merasa stres karena sering terbangun di malam hari, lebih baik Anda menikmatinya.

4. Merasa Gerah
Gerah alias kepanasan sering kali dikeluhkan ibu-ibu hamil, terutama jika kehamilannya sudah semakin besar. Rasa gerah ini muncul karena
peningkatan kadar hormon progesteron yang membuat aliran darah lebih meningkat. Aliran darah memang harus meningkat agar zat gizi untuk tumbuh kembang janin bisa terdistribusi dengan baik. Saat hamil, laju metabolisme juga makin tinggi sehingga makin banyak pula kalori ataupun energi panas yang dihasilkan atau dilepaskan. Pakaian longgar dan sirkulasi udara yang baik sangat disarankan agar ibu hamil tidak terlalu gerah dan berkeringat.

5. Ngidam
Direktur Medis March of Dimes Birth Defects Foundation mengatakan ngidam sebenarnya tidak ada dalam istilah kedokteran. Keadaan itu disebutnya hanya ada di kepala dan merupakan produk dari perubahan hormon saat hamil. Bahkan beberapa ahli mengatakan ngidam adalah bentuk penghindaran dan perlindungan dari makanan. Biasanya ngidam terjadi di awal kehamilan, 3 bulan pertama, bukan berasal dari janinnya tetapi dari proses hormonal yang berubah.

6. Cepat Lelah
Mudah lelah, ngantukan, dan lemas sering dikeluhkan perempuan di awal kehamilannya. Sebabnya metabolisme tubuh sedang bekerja dalam intensitas tinggi untuk membentuk plasenta. Hormon kehamilan (hCG) pun meningkat cepat untuk membantu menyiapkan segala sesuatunya bagi janin. Tak heran gula darah dan tekanan darah seringkali turun, sehingga ibu hamil mudah lelah.

7. Asam Lambung Meningkat
Pada saat hamil, rahim dalam tubuh melebar 1.000 kali volume awal, sehingga asam lambung meningkat. Bahkan wanita yang tidak memiliki riwayat sakit mag sebelumnya, sistem pencernaan bisa terganggu karena perubahan hormon. Hal ini menurut Gita Pratama, SpOG dari Klinik Yasmin RSCM sangat perlu untuk dipahami, agar ketika menemukan gejala-gejala tersebut para ibu hamil tidak bingung ataupun kaget. 

8. Sembelit 
Meningkatnya hormon progesteron untuk mencegah kelahiran prematur dan membuat rahim serta beberapa otot lainnya menjadi rileks bisa memberikan keluhan sembelit pada ibu hamil. Sebab hormon ini juga membuat pencernaan menjadi rileks sehingga ibu hamil merasa kembung dan susah buang air besar.

9. Mudah Ngos-ngosan
Saat kandungan memasuki usia tujuh bulan, biasanya ibu hamil cenderung lebih mudah capek dan lelah. Akibatnya, ibu jadi sering merasa sesak dan ngos-ngosan. 

10. Ibu Hamil Rentan Dehidrasi
Ibu hamil rentan dehidrasi, karena itu harus mendapat cukup cairan. Dehidrasi bisa menyebabkan berkurangnya air ketuban pada ibu hamil. Hal ini pun berpengaruh pada bayi karena ketika cairan ketuban berkurang, bayi tidak berkembang dengan baik.

Itulah beberapa fakta seputar ibu hamil yang wajib anda ketahui baik suami atau pun calon ibu.

Shared jika bermanfaat, terima kasih.