Foto Foto Keindahan Tempat Wisata di Belitung Paling Populer

Zona1000.com - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (disingkat Babel) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. 

Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. Pemerintahan provinsi ini disahkan pada tanggal 9 Februari 2001. Setelah dilantiknya Pj. Gubernur yakni H. Amur Muchasim, SH (mantan Sekjen Depdagri) yang menandai dimulainya aktivitas roda pemerintahan provinsi.
Selat Bangka memisahkan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka, sedangkan Selat Gaspar memisahkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di bagian utara provinsi ini terdapat Laut Cina Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Pulau Belitung oleh Selat Karimata. (source Wikipedia).

Belitung bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata yang dulunya tersembunyi. Tidak banyak yang menegetahui keindahan sesungguhnya dari Belitung, ini semua terjadi dikarenakan munculnya film Laskar Pelangi, keindahan Belitung yang sesungguhnya mulaidi ketahui publik. Hal ini mengakibatkan Belitung menjadi salah satu destinasi liburan favorit bagi para traveler.


1. Bukit Berahu 
Tempat perpaduan antara resto dan bungalow atau villa di sebuah pantai indah di Belitung. Bukit Berahu terletak dekat dengan Tanjung Tinggi. Dari atas Bukit Berahu, Anda bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih dan laut biru muda yang jernih. 


2. Pantai Punai
Berlokasi di sebelah Tenggara Belitung, tepatnya di desa Tanjung Kelumpang. Berbeda dengan pantai khas Belitung lain yang memiliki batu granit super besar, di pantai ini Anda akan mendapati pasir putih dengan batu granit kecil dan suasana yang lebih tenang.

3. Danau Kaolin
Kaolin adalah salah satu kekayaan tambang di pulau Belitung. Keindahan tempat ini merupakan perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih. Pemandangan di sini hampir sama dengan pemandangan Kawah Putih di Bandung.

4. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai kedua yang terkenal setelah Pantai Tanjung Tinggi. Yang khas dari pantai ini adalah Batu Kelayang yang merupakan maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011.

5. Pantai Tanjung Tinggi 
Pantai terkenal di Belitung yang digunakan sebagai salah satu lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi. Pantai ini terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan.


6. Pulau Lengkuas
Pulau ini berada di sebelah utara Pulau Belitung, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 30 menit untuk menyeberang ke pulau ini. Hal yang menarik dari Pulau Lengkuas adalah mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau.


Shared Jika Bermanfaat, terima kasih.