Inilah Kubah Paling Terkenal di Dunia

Zona1000.com - Kubah merupakan salah satu unsur arsitektur yang selalu digunakan. Ia berbentuk seperti separuh bola, atau seperti kerucut yang permukaannya melengkung keluar. Terdapat juga bentuk 'kubah piring' (karena puncak yang rendah dan dasar yang besar) dan 'kubah bawang' (karena hampir menyerupai bentuk bawang).
Kubah Terkenal
Biasanya kubah akan diletakkan di tempat tertinggi di atas bangunan (sebagai atap). Ia diletakkan di atas rangka bangunan petak dengan menggunakan singgah kubah (pendentive).

Kubah dapat dianggap seperti suatu gerbang yang diputarkan pada rangka penyangganya. Ini bermakna kubah mempunyai kekuatan struktur yang besar. Sama seperti jembatan gerbang tertekan, kubah dapat dibuat dari batu bata dan beton saja, bergantung kepada daya tekanan dan geseran. Namun, kubah modern biasanya dibuat menggunakan aloi aluminium, keluli atau konkrit diperkuat sebagai rangka dan dipadatkan dengan kepingan alumunium, tembaga, polikarbonat ataupun cermin sesuai keperluan.

Jika dilihat dari dalam, kubah yang berbentuk hemisfer kelihatan lebih menarik, tapi perlu lebih tinggi untuk kelihatan menarik dari luar. Jadi sebagian kubah, contohnya gereja St. Peter dibangun dari dua kubah sedangkan gereja St Paul dibangun dari tiga kubah. (Wikipedia).

Adapun Kubah yang paling terkenal di Dunia adalah sebagai berikut..,,

1. St. Peter’s Basilica
Pembangunan Basilika St Petrus di Roma dimulai pada tahun 1506 dan selesai pada tahun 1615. Arsitek dari Santo Petrus mencari solusi bagaimana membangun kubah yang terbesar dikalangan kristen dengan melihat kubah-kubah terkenal Pantheon dan Florence Duomo. Pada tahun 1547 Michelangelo mendesain ulang kubah ini. Kubah Santo Petrus menjulang sampai ketinggian totalnya mencapai 136,57 meter (448,1 kaki) dari lantai basilika ke atas salib eksternal menjadikannya sebagai kubah tertinggi di dunia.
2. Hagia Sophia 
Berasal dari abad keenam, Hagia Sophia di Istanbul pada awalnya adalah Katedral Konstantinopel tetapi menjadi sebuah masjid di abad ke-15 ketika Ottoman menaklukkan kota. Hagia Sophia sekarang menjadi museum. Sebuah Masterpiece dari teknik arsitektur bangsa Romawi. Kubah besar (tinggi 31 meter dan diameter 102 meter) menutupi ruang dan selama lebih dari 1000 tahun menjadi ruang tertutup terbesar di dunia.
3. Taj Mahal
Taj Mahal adalah sebuah makam besar dari marmer putih, dibangun antara 1632 dan 1653 atas perintah Kaisar Mughal, Shah Jahan untuk mengenang istri kesayangannya. Fitur yang paling spektakuler dari Taj Mahal adalah kubah marmer diatas makam. Ketinggian kubah sekitar 35 meter (115 kaki) adalah hampir sama dengan panjang bangunan dasar. Bagian atas kubah dihiasi dengan desain teratai.  

4. Saint Basil’s Cathedral
Katedral St Basil terkenal karena warna-warninya di Moskow dibangun antara tahun 1534 dan 1561 atas perintah Ivan the Terrible untuk memperingati kemenangannya atas Kazan Tatar dan Astrakhan. Desain bangunan sangat unik karena tidak memiliki analog dengan arsitektur Rusia dan juga tidak ada yang serupa yang dapat ditemukan dalam tradisi Bizantium sebelum pembangunan katedral.

 5. Dome of the Rock 
Dome of Rock adalah salah satu prestasi awal arsitektur Islam yang paling dikenal. Terletak di Temple Mount, Dome of Rock berdiri di salah satu situs keagamaan yang paling diperebutkan di dunia. Dome of the Rock bukan sebuah masjid, tetapi sebuah bangunan yang didalamnya terdapat sebuah batu suci. Dome of Rock mungkin bangunan paling spektakuler di Kota Tua Jerusalem, beratapkan kubah emas menyilaukan jika terlihat dari kejauhan, dengan interior berlapis keramik berkilauan, mosaik dan kaligrafi Arab.