Inilah Penyebab Munculnya Penyakit Paru Paru Basah Atau Pneumonia

Zona1000.com - Paru-paru basah atau Pneumonia adalah peradangan pada paru-paru yang biasanya disebabkan oleh infeksi.
Paru paru basah sebenarnya tidak dikenal dalam dunia medis, istilah ini hanya familiar bagi masyarakat awam. Istilah paru paru basah dalam bahasa medis disebut Pneumonia.

Kebanyakan orang berpikir penyebab dari pneumonia atau paru-paru basah disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya seperti sering berkendara motor larut malam, mandi malam hari, juga merokok. Namun asumsi tersebut 100 persen tidak tepat.

Menurut Dokter Intan Airlina Febiliawanti, spesialis penyakit dalam menjelaskan, "Orang awam suka salah menyangka bahwa pneumonia atau paru-paru basah itu pasti karena dia itu naik motor atau aktivitas yang dikerjakan saat malam hari--entah mandi, entah naik motor, atau apa itu yang menyebabkan paru-paru menjadi basah, itu sebenarnya enggak." 
Umumnya pneumonia di Indonesia disebabkan oleh infeksi yang beragam, lanjut Intan, mulai dari infeksi bakteri dan virus.

Penderita pneumonia pun tidak selalu berasal dari orang yang merokok. Terdapat beberapa faktor juga kondisi yang memungkinkan seseorang menderita pneumonia.

Baca Juga :


"Bukan hanya dari rokok, tapi bisa juga atau kebetulan lingkungan hidupnya lembap. Juga bisa berasal dari masalah batuk pilek yang tidak tuntas disembuhkan yang akhirnya menjadi infeksi saluran pernapasan.

Faktor terjadinya pneumonia lainnya dapat berasal dari daya tahan tubuh yang rendah. Terlebih orang yang memiliki bakat alergi berlebihan atau orang yang menderita asma akan lebih rentan terhadap pneumonia.

Orang-orang yang berdaya tahan tubuh rendah ditambah memiliki asma dan alergi yang berlebihan akan menyebabkan infeksi yang lebih berat lagi. Tadinya sebelum menderita pneumonia--pasien hanya batuk pilek biasa. Tapi karena enggak sembuh-sembuh akhirnya ada bakteri lain yang nempel dan berkumpulsemua bakteri disitu,

Shared Jika Bermanfaat, terima kasih.