Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Terkena Air

Zona1000.com - Di zaman yang sekarang ini khususnya di indonesia sendiri Smartphone merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam menjalani aktifitas seharian.

Smartphone sendiri sangat berguna bagi orang yang memang selalu update dan terkadang juga digunakan untuk bertransaksi online.

Banyak perusahaan gadget yang berlomba - lomba untuk memproduksi smartphone yang up2 date dengan harga terjangkau dan didukung performa handal serta teknologi yang terdepan.
Tak jarang dari anda banyak yang melindungi smartphone tercinta dengan proteksi extra seperti casing tambahan serta anti gores untuk menjaga layar.


Tapi dibalik itu semua walaupun kita sudah memberikan proteksi yang extra kadang ada kalanya kita mengalami hal yang apes, seperti  tanpa disengaja saat kita memegang smartphone terlepas dari tangan dan jatuh kedalam kubangan air, wah sudah jatuh tertimpa tangga.

Untuk smartphone yang terkena air masih bisa diatasi dengan mudah, yang penting kita mengetahui hal apa saja yang perlu di lakukan saat smartphone terkena air, berikut ini tips smartphone terkena air.

 1. Jangan hidupkan handphone

Bila anda menghidupkan handphone dalam keadaan basah akan langsung menimbulkan arus pendek yang merusak komponen didalam hp.

2. Cabut Baterai, Sim Card, dan Memory card

Cabut semua bagian handphone yang dapat dilepas, dan bila handphone anda tercebur / terkena cairan seperti kopi, teh, air laut, dll – rendam dahulu handphone anda kedalam air ataupun cairan alkhohol untuk mencegah karat terjadi di komponen handphone.

3. Keringkan handphone

Keringkan semua bagian handphone dengan mesin kompressor udara atau penghisap udara, tapi jangan dengan hair dryer karena udara panas yang dihasilkan dapat merusak komponen didalam handphone.

4. Taruh handphone didalam beras

Yup, beras. Ambil satu kantung plastik beras kemudian taruh handphone, baterai, memory card kedalam beras sehingga butiran air yang masih tersisa dalam handphone diserap ke butiran-butiran beras. Diamkan handphone didalam beras selama 1-2 hari.

5. Hidupkan handphone

Setelah hp ditaruh dalam beras selama 1-2 hari, pasang kembali semua bagian handphone, lalu charge handphone anda dalam keadaan mati. Setelah itu coba hidupkan handphone anda.


Shared jika bermanfaat, terima kasih.