Cara Sederhana Install Applikasi Android Yang tidak ada di Google Play Store

Zona1000.com - Biasanya kebanyakan para pengguna Android selalu menginstall applikasi yang diinginkan dengan cara mendownload nya langsung melalui Play Store.

Ternyata selain google Play Store masih banyak lagi  penyedia Applikasi Android yang bisa di Donwload gratis, di play store sendiri biasanya applikasi yang disediakan selalu versi gr
atis, yang mana pada versi tersebut kita sering kali terganggu  dengan iklan yang melayang pada applikasi tersebut.

Google Play Store merupakan layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan. Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV. Konten yang telah dibeli tersedia pada seluruh platform-platform di atas. Google Play Store sendiri mulai dikenalkan kepada publik di bulan Maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.
Cara Install Applikasi yang tidak ada d Play Store
Applikasi Di Play Store Tidak di Temukan

Sistem operasi Android yang bersifat terbuka (open source) memungkinkan pihak ketiga terlibat dalam mengembangkan aplikasi untuk perangkat Android. 

Pertama kali dibuka pada 22 Oktober 2008, saat ini, diperkirakan telah ada lebih dari 450.000 aplikasi di Android Market , dan pertumbuhan jumlah aplikasi ini terbilang sangat cepat. Pada November 2009, jumlah aplikasi di Android Market hanya sekitar 2.300 aplikasi. Maret 2010, Android Market telah memiliki 30.000 aplikasi. Sementara pada Agustus 2010, telah terdapat lebih dari 80.000 aplikasi di Android Market. Diprediksikan, pada akhir 2010 aplikasi di Android Market akan berjumlah 150.000 aplikasi .

Dari puluhan ribu aplikasi tersebut, lebih dari setengahnya tidak berbayar. Menurut data yang dikeluarkan Distimo, sebuah firma app store analytic, pada Juni 2010, 57% aplikasi di Android Market adalah aplikasi tak berbayar . Tak heran bila dalam waktu kurang dari dua tahun sejak dibukanya Android Market, telah ada lebih dari 1 juta kali unduhan . 


Meski banyak aplikasi gratis, tidak berarti Android Market tidak mendatangkan keuntungan bagi para pengembang. Keuntungan tersebut datang dari pengiklan yang dapat menyisipkan iklannya dalam aplikasi. Bila pengguna aplikasi mengklik iklan tersebut, pengembang bisa mendapat keuntungan sekitar 0,01 – 0,05 USD. Untuk aplikasi berbayar, Google menerapkan kebijakan pembagian keuntungan sebesar 70% untuk pengembang dan 30% untuk Google Market.

Kembali ke permasalah mengatasi Install Aplikasi Android yang tidak dimiliki Google Play Store merupakan hal yang sangat mudah, apa saja yang perlu sobat lakukan..?

Berikut ini merupakan tips install Applikasi android yang tidak dimiliki di luar play store.

1. Menyiapkan pengaturan pada perangkat Android yang anda Miliki

langkah pertama saat merubah pengaturan android yaitu menjalankan perangkat Android yang memiliki OS Android 4.0 atau lebih tinggi .
Masuk ke Pengaturan, scroll ke bawah dan cari pilihan "Security", dan pilih "Unknown Sources". Memilih opsi ini akan memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi di luar Google Play Store. Tergantung pada perangkat Anda, Anda juga dapat memilih untuk mengaktifkan peringatan jika akan menginstal aplikasi berbahaya. Hal ini dapat diaktifkan dengan memilih opsi Verifikasi aplikasi dalam pengaturan keamanan.

Untuk Android Versi 4.0 ke atas :
- Masuk ke "Settings" > "Security"
- Beri tanda centang pada opsi "Unknown Sources", seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

2. Download Aplikasi yang ingin di install di Android

Untuk mendapatkan applikasi yang tidak ada di google anda bisa langsung mendapatkannya seperti di One Mobil Market, Aptoide.
Langkah mendownload nya sangat mudah, anda hanya perlu mengisi kata kunci applikasi yang anda inginkan di kotak pencarian, setelah itu akan muncul hasil pencarian, anda tinggal menginstallnya, biasanya applikasi di One Mobil market dan Aptoide selalu tersedia yang Pro.

3. Install Apk
Setelang anda selesai mendownload file apk tersebut langkah selanjutnya adalah menginstall nya, cukup mudah untuk melakukannya, buka file download, dan cari file yang baru saja anda download, buka file tersebut, maka dengan otomatis akan menginstall sendiri applikasi nya,

Shared jika bermanfaat, terima kasih.