Fakta Menarik Seputar Musik Dangdut yang Tak Banyak diketahui Khalayak Ramai

Zona1000.com - Musik Dangdut merupakan jenis aliran musik yang sudah tidak asing bagi penduduk asli Indonesia, Dangdut merupakan musik yang sangat Merakyat bagi rakyat Indonesia sejak jaman dahulu hingga sampai saat ini. Musik Dangdut berakar dari Musik Melayu yang mulai berkembang pada tahun 1940 an.

Musik dangdut juga merupakan salah satu dari genre seni musik populer tradisional Indonesia yang khususnya memiliki unsur-unsur Hindustani (India), Melayu, dan Arab. Dangdut bercirikan dentuman tabla (alat musik perkusi India) dan gendang. Dangdut juga sangat dipengaruhi dari lagu-lagu musik India klasik dan Bollywood.


Menurut Wikipedia,  Sejarah musik dangdut dipengaruhi musik India melalui film Bollywood oleh Ellya Khadam dengan lagu "Boneka India", dan terakhir lahir sebagai Dangdut tahun 1968 dengan tokoh utama Rhoma Irama. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer, sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia pada akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.
Pengaruh India juga sangat kuat didalam genre musik dangdut ini, melainkan dari gaya harmoni dan instrumen, juga dipopulerkan dengan lagu-lagu dangdut klasik yang bertema India yang dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi dangdut populer seperti Rhoma Irama dengan lagunya yang berjudul "Terajana", Mansyur S dengan lagunya yang berjudul "Khana", Ellya Khadam dengan lagu "Boneka India", dll.


Dibalik itu semua ternyata Musik Dangdut memiliki Fakta yang unik, apa saja kah itu.
Berikut ini adalah Fakta Unik Musik Dangdut :

1. Memiliki Goyangan yang Khas
Penyanyi dangdut memang mempunya ciri yang khusus yaitu selain suaranya yang merdu juga memiliki goyangan khas juga, sehingga kadang menjadi kontroversi dari beberapa kalangan masyarakat.

2. Senjata Pemanggil Massa
Selain dentuman musiknya yang merdu ternyata Musik dangdut juga sangat berguna untuk memanggil pendengarnya untuk mendekat, maka tak heran musik dangdut sering digunakan untuk keperluan acara syukuran pernikahan sampai acara yang berbau politik seperti Kampanye.

3. Dicintai Oleh Penikmat Musik Dalam dan Luar Negeri
Dangdut ternyata cukup digemari oleh orang-orang di luar Indonesia. Di Jepang ada OM RANEMA (Orkes Melayu Rakyat Negeri Matahari). Ada juga funkot, sebuah jenis musik yang memasukkan unsur-unsur dangdut dan campur sari yang cukup terkenal di Jepang.

4. Tim Ahli dangdut ternyata dari Negara Amerika
Mungkin anda sedikit kaget mendengarnya, Meskipun asli Indonesia, tapi ahli Dangdut adalah orang Amerika, yaitu Profesor Andrew Weintraub. Dia melakukan penelitian seluk beluk musik dangdut sejak tahun 1984 saat dia masih kuliah program sarjana. Hasil karyanya tentang musik dangdut bisa kamu baca lewat buku yang berjudul "Dangdut, Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia."

5. Musik sejuta umat
Bukan hanya jadi identitas negera Indonesia, ternyata dangdut juga bisa membuktikan bahwa musiknya bisa mendunia dan menjangkau segala kalangan masyarakat. Tak hanya itu, dangdut secara konsisten selalu hadir di televisi Indonesia.

6. Musik asli Indonesia
Memang, tak semua orang Indonesia menyukai lagu dangdut, tapi harus diakui bahwa 'dangdut is the music of my country'. Musik pop, rock, jazz sebenarnya bukanlah milik Indonesia, yang asli Indonesia ternyata adalah musik dangdut.

Shared jika bermanfaat, terima kasih.