Jenis Sarapan Yang Menyehatkan di Pagi Hari Agar Tetap Bugar Saat Beraktifitas

Zona1000.com - Sarapan atau makan pagi adalah keadaan untuk mengkonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadarserat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Makanan sarapan pagi bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, tetapi sering termasuk karbohidrat seperti nasi, gandum atau sereal, buah atau sayuran, makanan protein seperti telur, daging atau ikan.
Kopi, teh, jus, sereal sarapan, sosis, roti manis, buah segar, sayuran, telur adalah contoh umum dari makanan sarapan pagi yang bermanfaat, meskipun berbagai macam persiapan dan bahan-bahan yang berhubungan dengan sarapan sangat global.


Ahli gizi telah menerangkan bahwa sarapan pagi adalah makan yang paling penting sehari-hari. Mengutip studi yang dilakukan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi cenderung memiliki masalah dengan konsentrasi, metabolisme, dan berat badan.

Baca juga :

Di pagi hari, banyak orang yang memilih melewatkan sarapan karena berdalih tak punya waktu. Padahal, sarapan memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Salah satunya, sarapan membantu meningkatkan daya konsentrasi dalam bekerja dan belajar. Berikut ini menu sarapan sehat yang dapat Anda siapkan tiap harinya dalam waktu kurang dari 10 menit

1. Roti bakar

Bahan: Roti; Selai
Waktu yang dibutuhkan: 3-5 menit
Menu sarapan yang satu ini sangat populer, terutama di negara Barat. Hal ini tak mengherankan karena kandungan gizi yang terkandung dalam roti dan selai mampu menjaga aktifitas Anda sepanjang hari. Biasanya, roti bakar dibuat dengan mesin toaster. Namun, jangan khawatir jika Anda tidak memiliki toaster. Manfaatkan teflon yang telah diolesi dengan sedikit margarin untuk membuat roti bakar lezat versi Anda.

2. Sandwich

Bahan: Roti tawar; Sayur; Keju; Telur; Daging asap
Waktu yang dibutuhkan: 5-10 menit
Menu sarapan yang satu ini pasti sudah familiar bagi Anda. Sandwich memang populer disantap ketika sarapan karena kandungan gizinya yang cukup lengkap dari sayur, keju, telur, dan daging asap. Sandwich juga dapat Anda bawa sebagai bekal makan siang yang amat praktis.


3. Salad buah

Bahan: Buah-buahan
Waktu yang diperlukan: 3-5 menit
Menu yang satu ini bisa Anda buat sekaligus dalam porsi besar, lalu disimpan di kulkas untuk sarapan berikutnya. Sangat efisien, bukan? Menyajikan salad buah pun tak membutuhkan waktu lama karena Anda hanya perlu mencampurkan potongan buah favorit Anda dengan yoghurt, susu kental manis atau madu, dan sedikit perasan jeruk lemon. Tak perlu ragu dengan kandungan gizi yang terkandung dalam menu ini karena vitamin dalam buah-buahan pasti sangat menyehatkan.

4. Sereal

Bahan: Sereal; Yogurt atau Susu; Buah-buahan
Waktu yang dibutuhkan: 3-5 menit
Berbagai macam sereal sangat mudah ditemui di supermarket sehingga Anda tinggal memilih sereal apa yang paling disukai oleh keluarga. Penyajiannya yang mudah dan gizi yang cukup lengkap membuat sereal menjadi salah satu menu sarapan favorit keluarga. Jika selama ini Anda mencampur sereal dengan susu, cobalah menggantinya dengan yogurt. Tambahkan pula beberapa potong buah-buahan segar.

5. Telur orak-arik

Bahan: Telur; Sayur potong (wortel, jagung, atau jamur)
Waktu yang dibutuhkan: 5-8 menit
Telur orak-arik atau yang juga dikenal dengan nama scrambled egg ini merupakan menu sarapan yang amat praktis, namun tetap bergizi. Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan sayuran, seperti wortel, jagung, atau jamur ke dalamnya. Keju parut pun akan menambah kelezatan menu yang satu ini. Jika Anda ingin lebih kenyang, cukup selipkan telur orak-arik di tengah roti tawar


Shared jika bermanfaat, terima kasih.