4 Jenis Kaliber Senapan Angin Yang Ada di Indonesia

4 Jenis Kaliber Senapan Angin Yang Ada di Indonesia - Pada awal mulanya Senapan Angin dikembangkan oleh Amerika Serikat yang kala itu sedang mengalami perang melawan Inggris.

Jenis Caliber Senapan Angin

Pada waktu itu Senapan Angin dapat membunuh seekor anak sapi dalam jarak tembak 10 meter pada bagian kepala. Mengenai jarak tembak, bergantung pada jenis senapan angin. Untuk yang bertipe pegas memiliki jarak tembak efektif 30 hingga 40 meter (tergantung bahan dan kualitas pegas), untuk tipe pompa jarak tembak efektifnya adalah 40 meter(tergantung kekuatan memompa) dan tipe gas memiliki jarak tembak efektif 60 meter.

Namun penggunaan senapan ini di posisikan untuk senapan target maupun berburu dengan ukuran smallgame, penggunaan di luar itu dianggap suatu kegiatan yang di luar ketentuan.

Senapan Angin  sendiri merupakan senjata yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan peluru dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung, kelinci, babi hutan dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar, biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh orang kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Di Indonesia sendiri saat ini perkembangan Senapan Angin berkembang sangat pesat. Banyak pengrajin Senapan Angin yang menciptakan model terbaru mengikuti Senapan Angin buatan luar negri.
Salah satu Senapan Angin yang lagi trend saat ini di Indonesia adalah Senapan Angin tipe PCP.

Untuk negara Indonesia sebagian besar Senapan angin yang di produksi hanya untuk kaliber 177 (4.5mm) sesuai dengan peraturan kepolisian republik Indonesia.

Pada dasarnya Jenis Kaliber Senapan Angin yang ada di Indonesia terdiri atas 4 :

1. Kaliber 177" (4.5 mm) - kaliber paling umum, digunakan juga di lomba menembak Olimpiade ISFF, peluru ini mempunyai lintasan yang paling datar sehingga menjadikannya paling akurat.Tidak memerlukan izin untuk memiliki senapan kaliber ini di Indonesia.

2. Kaliber 20" (5.0 mm) - banyak digunakan di Eropa dan senapan merek Sheridan (USA).Mempunyai lintasan yang rata mirip .177 tapi mengirim lebih banyak tenaga. untuk memiliki jenis kaliber ini harus memiliki ijin atau juga merupakan anggota Perbakin ( Persatuan Menembak Indonesia)

3. Kaliber 22" (5.5 mm & 5.6 mm) - kaliber paling umum untuk berburu, karena mempunyai energi yang cukup besar. Harus menggunakan izin untuk memiliki senapan kaliber ini di Indonesia.

4. Kaliber 25" (6.35 mm) - kaliber umum yang paling besar, mempunyai tenaga paling besar pada saat tumbukan tetapi lintasannya sangatlah melengkung (parabola) sehingga hanya digunakan pada senapan dengan tenaga yang besar.  Harus menggunakan izin untuk memiliki senapan kaliber ini di Indonesia.


Bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.