7 Ciri-Ciri Pembohong dan Penipu Versi Bang Jonru

Zona1000.com - Pembohong dan penipu memang sudah tidak asing lagi bagi kita semua, banyak orang yang berani berbohong serta menipu hanya semata-mata untuk membuat dirinya merasa paling benar.

Pada dasarnya berbohong dan menipu merupakan perbuatan yang hanya menambah dosa dari orang yang melakukanya.
Kita harus bisa mengetahui ciri-ciri dari orang yang suka berbohong, yang mana itu sangat penting agar diri kita dijauhi hal-hal yang terkadang bisa menimbulkan tindak pidana.

Berdasarkan pengalaman pribadi dari bang Jonru berikut ini merupakan ciri-ciri Penipu dan Pembohong.

1. Berusaha dengan keras untuk meyakinkan orang agar percaya padanya

Ciri Ciri Penipu

Orang jujur jika dia tidak percaya maka biasanya hanya menjelaskan seperlunya dan bersikap biasa - biasa saja, sedangkan pembohong jika dia tidak percaya maka biasanya akan berusaha sangat keras agar semua orang bisa percaya padanya.
Semakin dia berkeras dan semakin banyak juga alasan yang diberikan yang mana menjadikan orang - orang semakin tidak percaya kepadanya. 
Apabila orang tersebut tetap berkeras dan membela diri biasanya itu bukti bahwa dirinya sedang berbohong.

2. Suka mengobral sumpah

Ciri Ciri Penipu

Terlalu mudah bersumpah,  itulah yang terjadi jika seorang sedang berbohong, padahal tidak ada yang meminta dirinya untuk bersumpah, hal tersebut dilakukan agar orang-orang bisa percaya padanya.
Kadang kala ada juga yang bersumpah dengan menyebut nama tuhannya yang sudah jelas-jelas hanya menambah dosa. Jika anda jujur sudah pasti anda tidak perlu bersumpah ke orang lain, kata sumpah hanya diucapkan  jika memang kondisinya yang menginginkan untuk benar-benar mengharuskan kita bersumpah.

3. Keramahan dan kebaikan sikapnya terlalu berlebihan

Ciri Ciri Penipu

Punya teman yang baik serta ramah rama sudah pasti sangat menyenangkan, namun jika kita bertemu dengan orang yang terlalu ramah yang terkesan sangat berlebihan alangkah lebih baik untuk waspada, karena ada kemungkina orang tersebut pembohong / penipu.
Para penipu umumnya ingin memberikan kesan kepada orang lain bahwa dirinya sangat baik, karena itulah dirinya bersikap ramah dan sebaik mungkin. Namun jika kita teliti ternyata terlihat jelas bahwa keramahan serta kebaikannya memiliki maksud lain.

4. Suka memberi janji dan harapan palsu

Ciri Ciri Penipu

Anda jangan terlalu mudah terbuai dengan janji serta harapan yang diucapkan oleh seseorang,  dikarenan karena ucapannya tersebut kita dapat terlena dan penipu tersebut pun akhirnya dengan mudah menipu anda yang sedang terlena karena janji dan harapan palsu.

5. Suka memuji diri sendiri 

Ciri Ciri Penipu

Biasanya para pembohong suka memuji diri sendiri dengan cara menceritak kelebihan dirinya tanpa ada yang meminta.
Sementara biasanya orang jujur tidak perlu berbuat seperti itu, hanya bersikap yang sewajarnya saja.

6. Menepati janji kepada orang tertentu saja

Ciri Ciri Penipu

Para pembohong biasanya dengan sengaja menepati janji dan berbuat jujur hanya pada orang tertentu saja, harapan orang tersebut kelak akan menjadi pembelanya di saat kebohongannya terbongkar pada saat banyak orang yang menyerang serta menuduhnya sebagai pembohong.

7. Terlalu pintar berkata-kata

Ciri Ciri Penipu

Pembohong biasanya pintar dalam merangkat kata-kata serta mencari alasan untuk membelala diri supaya meyakinkan korbannya bahwa dirinya jujur dan tidak bersalah.
Bagi yang sudah sering tertipu sudah ucan-ucapannya tidak bisa dipercaya, sedangkan bagi yang belum pernah tertipu sudah pasti mempercayai bahwa dirinya memang benar.

Yang perlu diingat, jika anda melihat salah satu ciri-ciri diatas pada seseorang belum bisa menjamin bahwa orang tersebut penipu, tentu anda harus kroscek terlebih dahulu dan asal jangan tuduh...

Demikianlah 7 Ciri-Ciri Pembohong dan Penipu Versi Bang Jonru. Semoga menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Sumber : Jonru