Cara Alami Mengobati Mata Merah Karena Elergi

Cara Alami Mengobati Mata Merah Karena Elergi - Pada artikel kesehatan kali ini kita akan membahas masalah mata.
Mata merupaka alat indera penglihatan yang sangat penting sekali untuk selalu kita jaga, oleh kerena itu jangan terlalu sepele akan hal kecil yang menggangu kesehatan kedua mata kita.
Pada dasarnya penyakit mata muncul di karenakan adanya peradangan atau infeksi pada selaput mata atau yang dikenal di dunia medis dengan sebutan Conjunctivitis.

Mengobati Mata Merah
Conjunctivitis atau Konjunctiva adalah selaput mata yang terlihat transparan dan) melapisi bola mata bagian luar serta kelopak mata bagian dalam. Jika terjadi perdangan maka pembuluh darah akan melebar dan inilah yang membuat mata menjadi merah, disertai gejala lain berupa mata berair, terasa pedih dan sakit bahkan bengkak.

Menurut para medis penyakit mata terdiri dari beberapa jenis.
1. Penyakit Mata yang disebabkan oleh Virus
2. Penyakit Mata yang disebabkan oleh infeksi Bakteri
3. Penyakit Mata yang disebabkan oleh alergi seperti terkena debu dll
4. Penyakit Mata yang disebabkan oleh iritasi seperti terkena percikan api dan juga bahan kimia.

Disini kita tidak membahas semua pengobatan mata berdasarkan jenisnya, melainkan hanya cara mengobati mata di karenakan oleh alergi.

Untuk mengatasi mata merah karena elergi ternyata sangat mudah, hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara - cara seperti dibawah ini.


1. Jangan Menggosok mata yang gatal
Sering kali kita saat mengalami elergi pada mata yang dikarenakan oleh kotoran/debu yang masuk kedalam bola mata, hal tersebut bukannya menjadikan mata menjadi lebih baik akan tetapi dapat memicu terjadinya peradangan dan meningkatkan rasa gatal pada mata.

2. Mencuci Mata menggunak air mawar
Salah satu cara yang sangat efektif untuk mengobati mata merah adalah dengan cara membasuh mata menggunak air mawar, yang mana air mawar dipercaya berguna untuk menghilangkan rasa gatal dan membuat mata terasa dingin.

3. Menggunakan Irisan Timun
Cara ini terlihat sedikit aneh, tapi ternyata timun mampu membuat mata terasa dingin dan menjadi lebih rileks.

4. Jauhkan Mata dari cahaya ponsel, laptop, komputer
Apabila anda mengalami masalah mata karena terkena debu alangkah lebih baik untuk tidak melihat cahaya laptop/komputer dikarenakan mata akan menjadi sensitif karena terkena cahaya dari elektronik.

5. Jangan gunakan tangan untuk menyentuh mata
Kita tidak bisa mengetahui seberapa banyak kuman yang menempel pada jari-jari tanggan, apabila terjadi pada mata hal yang perlu dilakukan adalah menggunakan kain lembut sebagai perantaranya.

6. Kompres Mata yang sakit
Dengan mengkompres mata dipercaya sangat membantu untuk mengatasi mata merah karena elergi, hal yang harus dilakukan adalah membasuh wajah anda sampai bersih kemudian gunakan handuk untuk mengkompres anda dengan posisi mata tertutup.

7. Mengedipkan mata secara terus menerus
Cara yang terakhir adalah, apabila mata kita terkena debu hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara mengedipkan meta secara terus menerus, hal ini dapat membantu agar kotoran yang masuk pada mata segera keluar dari mata, setelah itu rendam wajah kita kedalam air bersih, dengan cara posisi mata terbuka agar sisa-sisa kotoran ikut keluar dari mata.


Semoga bermanfaat. Terima kasih.